Domain Expired: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

by -1 views
domain-expired:-pengertian,-fungsi,-dan-cara-mendapatkannya

Hi Exabytes Friend

Banyak sekali yang bisa kamu lakukan di zaman yang serba digital seperti sekarang ini. Salah satunya yang saat ini sedang populer dilakukan oleh para pakar internet marketer dan pakar SEO yaitu sebuah metode mencari domain expired yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah website. Apa itu domain expired? Simak penjelasan selengkapnya di bawah!

Kenapa Harus Memilih Domain Expired?

Mungkin kalian penasaran mengapa harus menggunakan domain expired untuk bisa mengoptimasi website? Karena masih banyak domain unik baru yang bisa dipakai untuk optimasi SEO, apakah domain yang sudah expired bisa lebih populer dibandingkan dengan domain yang masih baru? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Membeli domain baru merupakan sesuatu yang umum dan banyak dilakukan oleh internet marketer, apakah itu untuk website pribadi, perusahaan atau moneysite (suatu web utama untuk membuat mendapatkan earning). Tapi sebagai seorang internet marketer dan pakar SEO, membeli domain expired menjadi pilihan yang mempunyai keuntungan tersendiri dibandingkan dengan membeli domain baru.

Ternyata dengan menggunakan domain expired yang sudah memiliki backlink, optimasi untuk website menjadi lebih mudah karena domain yang digunakan sudah memiliki authority, yang tentunya tidak dimiliki oleh domain yang baru dibeli. Dalam memilih nama domain expired dan melakukan pembelian domain expired pun pastinya untuk bisa menaikkan posisi website kamu di search engine.

Pengertian Domain Expired

Domain expired dapat dijadikan s alah satu opsi dalam membeli domain murah dan berkualitas.
Domain expired dapat dijadikan s alah satu opsi dalam membeli domain murah dan berkualitas. (Sumber: iStock)

Domain expired merupakan domain yang telah habis masa berlakunya (biasanya dalam hitungan tahun) yang tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya. Bisa karena pemilik lupa melakukan perpanjangan atau memang sengaja tidak melakukan perpanjangan domain dan alasan lainnya. Selama domain ini belum dihapus oleh sistem, maka domain akan berstatus kedaluwarsa. Namun jika sudah dihapus, maka statusnya akan menjadi dropped domain Jika kamu lupa memperpanjang domain dan hosting, jelas memiliki dampak yang beragam.

Sebenarnya sebagian besar provider hosting memberikan waktu selama 30 hari agar pemilik domain melakukan perpanjangan. Namun apabila setelah 30 hari domain masih belum juga diperpanjang maka domain ini akan dinyatakan sebagai domain kedaluwarsa dan provider hosting dapat mulai melakukan penawaran atau lelang atas domain tersebut ke publik.

Masa lelang ini akan berlangsung selama 7 hari lamanya. Setelah itu domain akan diberikan kepada penawar dengan nilai tertinggi. Dengan penawaran harga yang paling tinggi, kamu akan dengan mudah mendapatkan dan membeli domain expired. Melalui proses lelang ini juga kamu bisa membeli domain expired tidak hanya satu saja, tapi bisa sekaligus banyak.

Fungsi Utama Domain Expired

Domain expired memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

Sebagai Moneysite

Karena memiliki domain authority dan backlink yang baik, maka biasanya domain ini dipakai sebagai domain website utama money site.

Sebagai PBN (Private Blog Network)

Ini adalah metode agak licik untuk mengelabui si mesin telusur raksasa Google. Pakar SEO tahu bahwa mereka bisa membuat blog mereka sendiri untuk di-backlink ke “money website” mereka.

PBN atau private blog network digunakan untuk mendongkrak blog utama. Secara teknis, Kamu membuat web milik kamu sendiri menggunakan domain expired, kemudian diberi backlink di website tersebut menuju ke domain utama kamu.

Sebagai 301 Redirect

Domain expired yang baik dan bagus, pastinya banyak pengunjung yang mengaksesnya. Hal ini bisa dijadikan untuk melakukan redirect ke domain utama kamu. Misalkan domain expired yang kamu beli adalah xx.com, dan domain utama kamu adalah yy.com. Maka ketika seseorang mengakses xx.com, mereka akan langsung otomatis diarahkan ke domain utama kamu yaitu yy.com.

Bagaimana Cara Mendapatkan dan Menggunakan Domain Expired?

cara mendapatkan domain expired
Selalu pastikan untuk mendapatkan domain expired yang berkualitas. (Sumber: iStock)

Domain yang sudah expired alias sudah kedaluwarsa sebenarnya memiliki fungsi yang bagus untuk pengembangan website bisnis. Salah satunya yang sudah admin jelaskan pada paragraf diatas yaitu untuk optimasi SEO. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu ikuti tips berikut ini dalam bagaimana cara mencari domain expired murah yang berkualitas, simak baik-baik ya:

Periksa Apakah Domain Pernah Dilakukan Untuk Spam atau Tidak

Ketika kamu membeli domain expired, ternyata domain tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas spam oleh pemilik lama sebelumnya. Hal ini nantinya akan berpengaruh buruk terhadap website kamu. Oleh karena itu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa kredibilitas domain expired tersebut sebelum membelinya.

Untuk mengetahui bagaimana menentukan domain expired yang bersih dari spam atau tidak, bisa menggunakan Wayback. Wayback dapat mencatat snapshot dari page-page sebelumnya dan melihat konten secara sekilas untuk mengetahui website tersebut melakukan spam atau tidak.

Cek Apakah Link yang Ada di Dalamnya Mengandung Spam

Hal lain yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk mengetahui domain expired yang akan kamu beli tersebut sebelumnya pernah melakukan spam atau tidak adalah dengan melihat backlink yang ada pada website tersebut.

Untuk memeriksanya, kamu bisa menggunakan tools bernama Ahrefs. Tools ini mempunyai database backlink terbesar di seluruh internet.

Periksa Otoritas Domainnya

Domain Authority (DA) atau Otoritas Domain merupakan paramater yang sering digunakan untuk mengukur kekuatan suatu website melalui domain. Setelah kamu menentukan domain expired sudah terbebas dari spam, langkah selanjutnya adalah kamu dapat menyaring domain expired tersebut berdasarkan domain authority-nya. Cari dan pilihlah domain expired yang memiliki nilai DA minimal 20+.

Jika kamu menemukan domain expired dengan nilai DA dibawah 20+, maka risikonya tidak akan sepadan dengan harga domain tersebut bahkan semurah apapun harganya. Karena nantinya akan sulit untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari menggunakan domain jenis itu.

Kamu dapat memeriksa domain domain authority dengan menggunakan beberapa tools berikut di antaranya Open Site Explorer, Small SEO Tools, dan Moonsy.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai domain expired. Dengan mengetahui tips bagaimana cara mencari domain expired murah yang berkualitas pada artikel ini, nantinya kamu dapat dengan mudah dan bisa mencoba cara-cara diatas jika kamu penasaran ingin membeli domain expired untuk kebutuhan optimasi website kamu.

Nah jika kamu sedang cari domain untuk bisnis onlinemu, kamu bisa temukan domain murah hanya di Exabytes yang merupakan tempat penyedia jasa web hosting dan domain murah. Pendaftaran nama domain di Exabytes sangat mudah, kamu cukup cek domain promo di Exabytes, lalu cek juga ketersediaan domain yang kamu inginkan. Setelah itu apabila tersedia pilih juga ekstensi domain apakah domain com atau domain id, lalu domain yang kamu beli tersebut akan menjadi milikmu. Dapatkan nama domain indonesia terbaik hanya di Exabytes!

Disunting oleh: Muthia Batari

Leave your vote

153 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *