Doa setelah Azan Subuh

by -0 views
doa-setelah-azan-subuh

Penulis Kitab I‘anatut Thalibin menganjurkan doa setelah azan subuh yang kalimat dan maknanya seperti disadur dari doa setelah azan maghrib yang diajarkan Rasulullah saw kepada istrinya, Ummu Salamah ra, sebagaimana hadits riwayat At-Turmudzi dan Abu Dawud.


Doa setelah azan subuh ini juga berisi anjuran untuk meminta ampunan Allah pada pergantian hari. Adapun doa setelah azan subuh berbunyi sebagai berikut:


اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي


Allāhumma hadzā iqbālu nahārika wa idbāru laylika wa ashwātu du‘ā’tika faghfir lī


Artinya, “Ya Allah, kini siang-Mu telah datang, malam-Mu berlalu, dan suara para penyeru ke jalan-Mu telah terdengar. Ampunilah aku.”


Doa ini dikutip oleh penulis Kitab I‘anatut Thalibin. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah azan subuh. (Sayyid Bakri, I‘anatut Thalibin ala Halli Alfazhi Fathul Mu’in, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz I, halaman 280).


Maghrib dan subuh dikhususkan demikian karena maghrib adalah waktu penutupan catatan amal manusia pada siang hari dan subuh adalah waktu penutupan catatan amal manusia pada malam hari.


Subuh juga merupakan waktu awal pencatatan amal manusia pada siang hari. (Sayyid Bakri, 2005 M/1425-1426 H: I/280). Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *