32.8 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

Doa Ketika Melihat Orang Berbuat Zalim Pada Orang Lain

IslamiDoa Ketika Melihat Orang Berbuat Zalim Pada Orang Lain

BincangSyariah.Com – Di dalam Islam, kita sangat dilarang untuk berbuat zalim kepada orang lain, baik dalam bentuk perkataan maupun perbuatan. Misalnya, mengumpat orang lain, mencaci apalagi sampai memukulnya. Di samping itu terdapat doa ketika kita melihat orang berbuat zalim pada orang lain. Bahkan dalam sebuah hadis qudsi disebutkan bahwa Allah mengharamkan kepada diri-Nya berbuat zalim dan mengharamkan kezaliman dilakukan oleh siapapun. (Baca: Tiga Macam Bentuk Kezaliman yang Dilakukan Manusia)

Hadis dimaksud adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Nabi Saw bersabda;

قال الله تبارك وتعالى: يا عبادي، إني حرمت الظلم على نفسي، وجعلته بينكم محرمًا؛ فلا تظالموا

Allah berfirman; Wahai hambaku, sesungguhnya aku haramkan kedzaliman atas Diriku, dan aku haramkan juga kezaliman bagi kalian, maka janganlah saling berbuat zalim.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

Siapa yang pernah berbuat zalim terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun, hendaklah dia meminta kehalalannya (maaf) pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari yang ketika itu tidak bermanfaat dinar dan dirham. Jika dia tidak lakukan, maka (nanti pada hari kiamat) bila dia memiliki amal shalih akan diambil darinya sebanyak kezalimannya. Apabila dia tidak memiliki kebaikan lagi, maka keburukan saudaranya yang dizaliminya itu akan diambil lalu ditimpakan kepadanya.

Berdasarkan dua hadis ini, maka kita harus menjauhi perbuatan zalim terhadap orang lain. Dan jika kita melihat orang lain berbuat zalim pada sesamanya, maka sebisa mungkin kita mencegahnya. Jika tidak mampu, maka kita harus ingkar dalam hati sambil mengucapkan doa agar kita dijauhkan dari perbuatan zalim seperti yang dilakukan orang tersebut.

Dalam kitab Syawariq Al-Anwar disebutkan bahwa Ali Zainal Abidin ketika melihat kezaliman yang dilakukan oleh orang lain, maka beliau berdoa sebagai berikut;

الـحَمْدُ لِلَّـهِ الَّذِي عَافَانِي مِنْ اَفْعَالِهِ وَلَمْ يَجْعَلْنِيْ فِيْ مِثْلِ حَالِهِ

Alhamdu lillaahilladzi ‘aafaanii min af’aalihii wa lam yaj’alnii fii mitsli haalihii.

Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari perbutan-perbuatan (orang zalim tersebut) dan tidak menjadikan aku seperti tingkah lakunya.  

Itulah doa ketika kita melihat orang berbuat zalim pada orang lain.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles