in ,

Di Vietnam, Bayi Lahir Menggenggam KB Spiral Sang Ibu

foto bayi menggenggam kb spiral

Dokter telah menyaksikan segalanya, sehingga mereka cenderung enggak kaget jika menemukan hal-hal aneh saat menangani pasien. Namun, kejadian di Vietnam terlalu unik untuk dilewatkan, sampai dokter merasa harus mengabadikan momennya.

Dokter kandungan di Rumah Sakit Internasional Hai Phong, Vietnam Utara, membantu persalinan seorang ibu akhir Juni lalu. Tak disangka-sangka, bayinya keluar bareng IUD atau KB spiral sang ibu yang berwarna hitam-kuning.

Dr. Tran Viet Phuong benar-benar takjub. Dia langsung mengambil HP, memfoto, dan mengunggah jepretannya ke Facebook pada 30 Juni. Postingannya telah disukai 3.500 orang dan dibagikan 4.200 kali.

“Saya mengabadikannya karena tercengang melihat bayi menggenggam alat kontrasepsi. Saya sama sekali enggak terpikir akan viral,” Dr. Tran memberi tahu media lokal.

Yahoo News melansir ibu 34 tahun itu memasang KB spiral dua tahun lalu, tapi sepertinya copot dan kebobolan hamil.

Alat kontrasepsi berbentuk T dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Menurut Planned Parenthood, KB spiral memiliki efektivitas hingga 99 persen. Begitu terpasang, perempuan takkan hamil di luar perencanaan karena lupa atau menyalahgunakannya, seperti yang biasa terjadi pada kondom atau pil KB. Akan tetapi, perempuan bisa mengalami kehamilan ektopik atau di luar rahim jika KB spiralnya gagal. Apabila sampai terjadi, saluran tuba berisiko pecah dan menyebabkan pendarahan. Kehamilan ini menyumbang angka kematian ibu terbesar.

Untungnya, ibu asal Vietnam ini enggak mengalami masalah apa-apa selama masa kehamilan. Bayi laki-lakinya lahir dengan berat 3,2 kilogram.

Warganet membanjiri kolom komentar dengan ucapan selamat, meski ada juga yang menyoroti betapa ironisnya bayi itu lahir menggenggam alat kontrasepsi.

Follow Miran di Instagram.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE ASIA

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

memotret-taman-hiburan-yang-memaksa-buka-lagi-di-tengah-pandemi

Memotret Taman Hiburan yang Memaksa Buka Lagi di Tengah Pandemi

geliat-bisnis-perdukunan-di-tanah-air-mengikuti-tren-4.0

Geliat Bisnis Perdukunan di Tanah Air Mengikuti Tren 4.0