Deteksi Kanker Usus, Perhatikan Fases Saat BAB

by -4 views
deteksi-kanker-usus,-perhatikan-fases-saat-bab

Kanker usus merupakan salah satu penyakit dalam sistem pencernaan berupa benjolan kecil jinak atau polip yang tumbuh di bagian dalam usus besar kemudian berkembang menjadi kanker.

Keadaan ini sering terlambat terdiagnosis. Kebanyakan kasus yang ditangani sudah terlanjur menyebar. Padahal ada hal sederhana yang bisa dilakukan untuk deteksi kanker usus secara dini yaitu dengan memperhatikan BAB

Perubahan yang terjadi saat buang air besar bisa menjadi salah satu cara deteksi kanker usus sejak dini. Dengan memperhatikan perubahan itu, diharapkan kasus kanker usus bisa terdeteksi lebih awal sebelum sempat menyebar hingga beresiko kematian.

Kanker usus sendiri termasuk salah satu jenis kanker yang memiliki tingkat kematian yang tinggi. Hal ini karena gejala awal kanker usus gagal terdiagnosis. Salah satu hal yang membuat kanker usus sulit terdiagnosis pada stadium awal adalah menyepelekan perubahan kebiasaan buang air besar.

Tahap awal kanker usus biasanya dapat dilihat dari perubahan feses atau tinja. Walaupun demikian, beberapa kondisi kadang tidak memiliki gejala spesifik yang secara pasti menunjukkan adanya kanker usus.

Namun beberapa gejala khas berikut bisa diperhatikan guna deteksi dini kanker usus seperti dilansir dari dari medicine.net

1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar (BAB)

Sumber: freepik

Perubahan kebiasaan buang air besar ini merupakan gejala peringatan utama dari penyakit ini. Beberapa perubahan kebiasaan buang air besar yang mungkin terjadi ini meliputi perubahan pola BAB misalnya menjadi lebih sering atau perubahan konsistensi BAB yang menjadi lebih encer seperti dikutip dari NHS.

2. Ada Darah Pada Tinja

Salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian yaitu adanya darah pada tinja atau feses. Gejala ini merupakan salah satu indikator utama adanya masalah pada sistem pencernaan seseorang, terutama usus.

Walaupun demikian, menurut Lembaga Penelitian Kanker di Inggris mungkin warna darah pada tinja tidak selalu merah segar. Bisa jadi warna darah pada feses berupa warna merah tua atau hitam.

Artikel Terkait: 7 Makanan penyebab kanker usus yang jarang disadari, catat!

3. Bentuk Tinja Kecil Seperti Pensil

Bentuk tinja kecil seperti pensil meruapakan salah satu gejala khas yang bisa diidentifikasi pada kasus kanker usus. Tinja menyerupai pensil ini disebabkan oleh penyempitan saluran usus saat tumor mulai tumbuh seperti dikutip dari Verywell Health.

4. Diare atau Konstipasi Juga Dapat Menjadi Gejala Awal 

Coba mulai perhatikan seberapa sering gejala ini muncul. Gejala berupa perubahan konsistensi dan pola BAB yang dirasakan. Bila cukup sering, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena salah satu gejala kanker usus diawali dengan adanya diare atau konstipasi.

5. Sakit Perut

Sumber: Pexels

Sakit perut, kembung atau kram perut merupakan gejala umum suatu penyakit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Meskipun demikian, sebagian besar kondisi sakit perut umumnya tidak disebabkan oleh masalah kesehatan serius.

Tingkat keparahan nyeri sakit perut yang dikeluhkan juga tidak bisa jadi patokan berat atau ringannya penyebab penyakit tersebut.

Namun yang harus diperhatikan secara mendalam, bila sakit perut yang dirasakan  cukup sering dan  terjadi terus-menerus dengan nyeri yang terasa intens, sebaiknya jangan disepelekan. Segeralah memeriksakan diri  ke dokter karena salah satu ciri-ciri kanker usus yang dirasakan penderita adalah sakit perut yang cukup intens.

5. Anemia

Sumber: freepik

Anemia merupakan kondisi menurunnya jumlah sel darah merah dalam tubuh seseorang. Pada kasus kanker usus, penderita bisa saja mengalami anemia karena sering kehilangan darah yang keluar lewat BAB. Hal ini ditandai dengan BAB berdarah.

Kondisi inilah yang dapat menyebabkan produksi darah merah baru berkurang dan mengurangi cadangan zat besi di dalam tubuh. Untuk itu bila Anda turut merasakan badan mudah lelah, sering merasa lemah dan lesu bisa jadi Anda sedang mengalami anemia.

6. Muntah

Sumber: freepik

Gejala muntah mungkin masih terasa cukup umum namun apabila gejala ini juga disertai dengan sembelit, diare, sakit perut akut, dan ada darah di tinja bisa jadi jadi ciri-ciri kanker usus.

Muntah yang dialami pasien kanker usus disebabkan karena pertumbuhan tumor yang menyumbat usus. Penyumbatan ini bisa menganggu padatan, cairan, atau gas di usus. Ketika zat di dalam usus tersumbat, penderita bisa mengalami sakit perut hebat disertai mual dan muntah.

Namun, beberapa gejala di atas juga mirip dengan penyakit lain seperti wasir dan infeksi saluran pencernaan.

5 Ciri Kanker Usus yang Perlu Diwaspadai dan Pencegahannya
 https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220517100500-260-797449/5-ciri-kanker-usus-yang-perlu-diwaspadai-dan-pencegahannya

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.