Dear Parents, Lakukan Cara Ini Buat Bantu Anak Fokus saat Sekolah Online

by -1 views
dear-parents,-lakukan-cara-ini-buat-bantu-anak-fokus-saat-sekolah-online

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum usai, artinya sekolah online dari rumah masih tetap berlangsung. Kebijakan belajar daring di tengah pandemi Covid-19 ini, guna pemutusan penyebaran virus corona pada anak didik, guru atau dosen dan staf sekolah lainnya.

Memang lebih aman dan terhindari dari paparan virus penyakit, akan tetapi sekolah online ini sering membuat anak khususnya yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) menjadi cepat bosan hingga ada yang justru malas belajar. Alhasil, anak tidak fokus belajar saat sekolah online.

Hal ini tentunya membuat tak sedikit orangtua yang kualahan dalam membimbing anak selama proses belajar daring. Meski begitu, sebagai orangtua harus mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasi anak yang tidak fokus selama belajar karena membimbing menjadi tanggungjawab orangtua.

Tak perlu bingung, untuk memudahkan ibu dan ayah dalam membantu anak agar bisa fokus belajar selama sekolah online, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Atur Rutinitas Anak Sesuai Kemampuan

kegiatan anak Atur rutinitas anak sesuai kemampuan

Dalam masa pertumbuhan, seorang anak yang sangat aktif memang bagus. Namun, dalam ini orangtua tidak boleh memaksakan anak untuk melakukan banyak kegiatan mulai dari pagi hingga malam hari.

Kamu tetap harus mengatur rutinitas anak sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, sebelum sekolah online dimulai, anak merapihkan kamar tidur, mencuci piring sendiri setelah makan, atau merapihkan mainan dan sebagainya.

Jika orangtua memberikan kegiatan terlalu banyak atau berat, anak akan mudah lelah sehingga akan menghambat konsentrasi saat belajar daring. Bukannya mendengarkan penjelasan guru atau mengerjakan tugas, bisa saja anak akan lebih sering menguap atau mengantuk.

2. Tentukan Tempat Belajar Favorit Anak

Meski masih anak-anak, tapi biasanya seorang anak sudah mengetahui atau merasakan ruangan mana saja yang ada di rumah dan menjadi tempat favorit. Mungkin kamar, ruang keluarga, di teras dan sebagainya.

Ibu atau ayah tentunya bisa menjadikan tempat favorit anak ini menjadi ruang belajar anak. Sebab, anak yang belajar di tempat favorit akan lebih merasanya nyaman, sehingga fokus belajar daring akan lebih terkendali dengan baik.

Jika perlu, lengkapi peralatan dan perlengkapan belajar di ruang favorit anak. Selain buku-buku dan alat tulis, sediakan papan tulis agar ibu atau ayah bisa memberikan contoh soal ketika anak kurang memahami pembelajaran.

3. Pasang Alarm Saat Belajar

Setiap sekolah menerapkan sistem sekolah online yang berbeda-beda. Ada yang selama proses belajar harus hadir via aplikasi Zoom Meeting atau GoogleMeet, tapi ada juga sekolah yang hanya memberikan tugas dan dikumpulkan sesuai jam yang ditentukan.

Umumnya, anak yang diberi kebebasan waktu belajar, anak akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain. Agar hal ini tidak terjadi, orangtua perlu memasang alarm saat belajar.

Misalnya saja, mengerjakan soal Matematika selama 1 jam 30 menit, Ilmu Pengetahuan Alam 1 jam, istirahat 30 menit dan sebagainya. Dengan pemberian waktu tersebut, anak akan lebih fokus belajar dan tugas sekolah online akan selesai sesuai target waktu.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Biar Tidak Stres Selama Pandemi Covid-19

4. Sediakan Asupan yang Sehat

makan Sediakan asupan yang sehat

Untuk menjadikan anak yang cerdas dan memiliki tumbuh kembang baik, orangtua bukan hanya memberikan bimbingan belajar saja, tapi penting memberikan asupan yang sehat dan bergizi untuk anak.

Pastikan disetiap harinya masak menu makanan dengan gizi seimbang 4 Sehat 5 Sempurna, mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Selama proses belajar daring, orangtua bisa menyediakan camilan yang sehat dan air putih.

Jika anak susah makan sayur atau buah, tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu berkreasi untuk menciptakan menu masakan yang unik. Misalnya, telur dicampur dengan irisan wortel, jagung dan lainnya. Sementara buah, kamu bisa olah jadi es krim.

5. Menciptakan Suasana Tenang dan Nyaman

Ada anak-anak yang bisa belajar gimanapun kondisi lingkungan sekitar, tapi ada juga anak yang sulit belajar jika berisik atau melihat mainan favoritnya. Meski ini terbilang sepele tapi orangtua perlu memperhatikan kualitas belajar anak.

Kamu perlu menciptakan suasana yang tenang dan nyaman selama anak sekolah daring. Jauhkan berbagai hal yang memecah fokus anak, mulai dari mematikan televisi, menyingkirkan mainan-mainan anak dan lainnya. Dengan begitu, anak akan lebih fokus belajar dan mengerjakan tugas.

6. Beri Anak Istirahat yang Cukup

Meski sekolah daring dari rumah, bukan berarti anak harus terus belajar agar tugas cepat selesai. Orangtua harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. Tak perlu lama-lama, cukup berikan waktu 30 menit hingga 1 jam atau setiap tugas selesai berikan waktu istirahat 15 menit.

Selama waktu istirahat ini, biarkan anak melakukan aktivitas yang diinginkan tapi pastikan kegiatan tersebut tidak membuat anak lelah. Waktu istirahat yang cukup ini sangat bermanfaat untuk merefresh tenaga dan pikiran anak, sehingga anak akan fokus belajar lagi di tugas sekolah selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mencegah Anak Mengalami Kecanduan Gadget

7. Latih Anak untuk Terbuka Saat Evaluasi Belajar di Akhir Pekan

anak dan orangtua Latih anak untuk terbuka

Tugas orangtua membimbing anak bukan hanya pada saat sekolah online saja, tapi setiap waktu termasuk pada saat akhir pekan. Bimbingan di akhir pekan ini bukan pemberian tugas belajar, melainkan kamu melatih anak untuk terbuka menyampaikan keluh kesah selama sekolah online.

Mungkin, ada pembelajaran yang tidak dimengerti anak, anak merasa bosan, anak mau request makanan favorit dan sebagainya. Jika anak sudah terbuka, maka kamu bisa memberikan solusi. Anggap saja akhir pekan ini sebagai evaluasi belajar agar kedepannya fokus belajar sekolah online bisa lebih baik.

8. Dampingi Anak Selama Belajar

Selama belajar daring, jangan biarkan anak belajar sendirian. Bagi anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar, pastinya butuh perhatian khusus dari orangtua. Hal ini dikarenakan, anak mudah rewel atau ada pembelajaran yang tidak dimengerti.

Untuk itu, orangtua perlu mendampingi anak selama belajar agar sekolah online dan tugas-tugas bisa selesai dengan baik. Jika memang ada pekerjaan rumah, segera selesaikan dan kembali temani anak belajar. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan agar anak lebih fokus belajar.

9. Beri Hadiah untuk Membangun Semangat Belajar

Sama halnya sekolah tatap muka, sekolah online dari rumah ini, anak-anak diberikan tugas, ulangan harian dan ujian akhir semester. Agar anak bisa lebih fokus dan semangat belajar, orangtua perlu memberikan hadiah atas pencapaian yang diraih.

Misalnya, berikan makanan favorit setelah menyelesaikan banyak tugas atau kalau hasil ulangan anak mendapat nilai yang bagus, ibu atau ayah bisa membelikan mainan, baju atau hal yang lebih sederhana lainnya.

Beri Bimbingan Sesuai Tumbuh Kembang Anak

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Seiring bertambah usianya, tumbuh kembang anak juga akan terus mengalami peningkatan. Namun, itu semua tergantung dari orangtua. Apakah cara membimbing anak sudah sesuai atau tidak dengan usia dan karakter anak. Jika cara membimbing anak yang diterapkan tepat, anak akan semakin pintar dalam belajar.

Baca Juga: Bunda, Yuk Tonton 8 Film Indonesia Tema Pendidikan Ini Biar Anak Semangat Belajar

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *