Darah pada Urin

by -6 views
darah-pada-urin

Dok, saya sudah 3 hari belakangan ini, setiap akhir saya berkemih ada darah, tapi darahnya itu bukan berbentuk gumpalan, warnanya pink. rasa ingin berkemih terus menerus, mungkin hanya dalam hitungan 3 menit aja ingin berkemih lagi. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan.

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com mengenai adanya darah dalam urine. 

Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual  belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. 

Apabila darah berasal dari saluran kemih, maka besar kemungkinan Anda mengalami Infeksi Saluran Kemih. Kondisi ini biasanya menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah berkemih), bisa disertai dengan perubahan warna air seni menjadi keruh atau kemerahan seperti yang Anda alami. Infeksi saluran kemih dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kemih. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kemih adalah minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Karena bentuk anatomis saluran kemih pada wanita, ISK memang lebih mudah menyerang kaum hawa. Secara umum, penyakit ini tidak menular.

ISK umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

ISK atas:  gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), BAK sakit terutama pada akhir masa berkemih, anyang-anyangan atau BAK tidak tuntas dan rasa masih ingin berkemih lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air seni yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.Berikut beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan sehari-hari untuk mencegah terjadinya ISK:

Tingkatkan asupan cairan (air putih) minimal 1,5-2L/hari. Peningkatan asupan cairan dalam hal ini ditujukan untuk membilas kuman ataupun cikal bakal batu yang mungkin terdapat pada saluran kemihJangan pernah menahan hasrat untuk berkemih, segeralah ke toilet jika merasakan sensasi untuk BAKSegera BAK setiap selesai berhubungan seksual.Sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter untuk menjalani pemeriksaan fisik secara menyeluruh, untuk memastikan ada tidaknya ISK dan atau gangguan pada organ reproduksi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai adanya darah dalam urine, semoga bermanfaat.

Salam sehat. 

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *