Daftar 7 Plugin Backup WordPress Terbaik

by -2 views
daftar-7-plugin-backup-wordpress-terbaik

Exabytes Friends, melakukan backup pada WordPress adalah tugas maintenance WordPress yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin situs WordPress tetap aman dan berperforma baik. Memilih plugin backup WordPress terbaik bisa membantu kamu dalam melakukan tugas maintenance berkala ini.

Backup WordPress adalah salah satu tugas maintenance WordPress yang melakukan penyimpanan dengan cara mengcopy isi konten, file hingga keseluruhan database website atau bisa dibilang versi duplikat dari WordPress kamu.

Ilustrasi backup WordPress.
Ilustrasi backup WordPress. (Source: Shutterstock)

Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan jika suatu saat file atau database WordPress kamu terhapus, rusak, hingga terkena serangan virus dan hacking sehingga kamu kehilangan seluruh isi konten atau yang paling parah kehilangan website. 

Tentunya akan repot jika kamu mengulang dari awal menulis konten, posting di WordPress, mendesain kembali website hingga mencari pengunjung loyal situsmu yang dulu sudah kamu dapatkan. 

Terlebih jika website kamu digunakan untuk bisnis hingga toko online. Kamu tidak hanya kehilangan konten namun juga data-data penting seperti data customer, alamat, pembayaran, laporan penjualan, pengaturan pada website e-commerce dan hal penting lainnya. Tidak hanya data, kamu juga bisa kehilangan reputasi dan brand tercoreng.

Ada berbagai macam metode untuk membackup WordPress yaitu salah satunya dengan plugin selain manual dilakukan service, menyewa jasa online, hingga otomatis backup dari layanan WordPress hosting.

Sebagai tindakan preventif tahap pertama, selain cara manual kamu juga bisa menggunakan plugin. Apa sih plugin itu? Singkatnya plugin adalah bagian dari software yang berisikan sekelompok fungsi yang dapat dipasang ke situs contohnya seperti WordPress guna memperluas fungsionalitas atau menambahkan fitur-fitur baru.

Melakukan backup WordPress.
Penting untuk melakukan backup pada WordPress. (Source: Shutterstock)

Melakukan backup pada WordPress sangatlah penting, karena kamu tidak bisa mengetahui kapan serangan terhadap WordPress akan datang, terlebih jika tidak menggunakan plugin keamanan dan firewall WordPress. Meski WordPress sendiri mempunyai keamanan mumpuni, tetapi kita tetap harus berhati-hati serta siaga.

Berikut adalah 5 alasan mengapa penting melakukan backup WordPress yang harus kamu perhatikan.

Menanggulangi Masalah Akibat Human Error

Kesalahan oleh manusia tentu bisa suatu saat terjadi, sekalipun pada seorang yang sudah berpengalaman. Misalnya tidak sengaja terhapus postingan konten, menghapus file di WordPress hingga setitik saja kesalahan pada command atau perintah di database MySQL dapat mengakibatkan banyak data yang salah diperbaharui.

Memang tidak setiap waktu kesalahan human error ini terjadi tetapi ketika suatu saat terjadi, kamu akan bersyukur karena mempunyai data cadangan yang kamu backup dan bisa lebih cepat pulih dari kerusakan website.

Server Down Bisa Suatu Saat Terjadi

Website hosting menawarkan layanan uptime atau waktu aktif yang baik, tetapi baiknya jangan bergantung seutuhnya pada provider hosting websitemu. Server down bisa saja terjadi karena beberapa hal seperti kesalahan software, kegagalan hard drive, perubahan struktur server hingga permasalahan pada pusat data provider hosting.

Jadi ketika server down, jika provider hosting kemudian kehilangan data website kamu dan mengembalikan website kamu seperti semula, kamu bisa menanggulangi masalah ini dengan cepat karena kamu mempunyai data backup WordPress sendiri atau yang disimpan di tempat penyimpanan berbasis sistem cloud yang tidak terpengaruh oleh kegagalan atau kerusakan server.

Ancaman Hacking dan Malware Pada WordPress

Fakta bahwa WordPress digunakan oleh hampir 40% website di dunia membuatnya tidak lepas dari sasaran para hacker dan penyebar virus. Meski WordPress sendiri sudah memiliki keamanan lalu juga banyak plugin keamanan dan firewall WordPress yang bisa kamu install ke dalam website, kamu tetap harus berjaga-jaga.

Salah satu teknik umum yang digunakan hacker adalah menimpa salah satu file template WordPress kamu dengan kode mereka sendiri. Ini memungkinkan hacker melakukan hal buruk pada website kamu seperti mengirim ribuan email spam ke customer websitemu.

Selain memasukkan dan menyebarkan virus pada website, mengirim pesan spam, hingga ancaman harus membayar tebusan uang supaya websitemu bisa balik, hacker juga bisa mencuri data pelanggan yang ada di website kamu. Kalau begini, kamu bisa kehilangan kepercayaan dari pengguna website hingga brand kamu kehilangan reputasi.

Kegagalan Proses Update WordPress

Salah satu tugas maintenance WordPress agar bisa beroperasi dengan baik dan aman ialah mengupdate WordPress hingga tutur mengupdate plugin dan tema ke versinya yang paling terbaru . Dalam proses update bisa saja terjadi kegagalan hingga akhirnya membuat website kamu crash dan kehilangan isi website.

Antisipasi Kerusakan Karena Bencana Alam

Tergantung pada lokasi geografis di mana perusahaan kamu berada, bencana alam seperti banjir hingga angin topan bisa merusak sistem hosting, server bahkan kantor beserta komputer dan berkas-berkas.

Dengan melakukan backup WordPress, menyimpan semua data di sistem penyimpanan berbasis cloud atau jika mempunyai cabang bisnis di negara lain dapat memudahkan kamu dalam memulihkan situs WordPress.

Fitur penting plugin backup WordPress.
Berbagai fitur yang harus ada di plugin backup WordPress, data recovery hingga penyimpanan yang tersegel aman. (Source: Shutterstock)

Kamu sudah mengetahui betapa pentingnya melakukan backup WordPress dan bisa dilakukan dengan metode menginstall plugin backup WordPress. Sebelum kamu menginstall plugin backup wordPress pilihanmu, ketahui dulu fitur apa saja yang harus ada di suatu Plugin Backup WordPress terbaik.

  • Tempat Penyimpanan Independen. Backup harus disimpan di lokasi yang berbeda dan independen sehingga tidak terpengaruh oleh situs WordPress kamu. Plugin yang menyimpan backup di server web klien malah mengekspos isi data ke ancaman eksternal.
  • Incremental Backup. Incremental backup adalah pencadangan yang dilakukan dengan memecah data menjadi potongan data kecil yang dapat dikelola dan kemudian disinkronkan ke dalam backup yang ada. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelebihan beban server website yang dapat berpengaruh dengan performa server dan juga jika sekaligus semua dibackup akan mempengaruhi ketersediaan tempat untuk penyimpanan.
  • Multiple Backup. Plugin backup WordPress juga harus menyediakan beberapa versi backup yang dapat disimpan di beberapa lokasi untuk keamanan maksimum. Backup tools dapat menyediakan server khusus mereka atau penyimpanan berbasis cloud eksternal seperti Google atau Dropbox yang dienkripsi untuk keamanan
  • Real-time Backups untuk WooCommerce. Website WooCommerce tidak bisa berlama-lama berkutat dengan server down karena akan berpengaruh dengan kehilangan pelanggan. Harus ada real-time backup bagi website WooCommerce yang backupnya dijalankan setiap kali ada transaksi online 
  • Backup Otomatis dan Terjadwal. Backup harus bisa dilakukan otomatis sesuai aturan atau jadwal yang dibuat pengguna WordPress. Interval waktu yang biasa digunakan misalnya harian, mingguan atau bulanan, tergantung pada kebutuhan penggunanya.
  • Backup Testing. File hasil backup bisa saja corrupt karena gagalnya proses dan lain hal. Memulihkan backup yang rusak bisa mempengaruhi WordPress kamu. Sebagai langkah aman, kamu bisa test backup terlebih dahulu dan memulihkannya. Apakah semua prosesnya dan hasil berjalan aman atau tidak.
  • Website Staging. Menginstall plugin, tema atau update WordPress terbaru harus berhati-hati karena berpotensial membuat tampilan live website kamu rusak atau crash. Plugin backup WordPress mempunyai website staging dimana kamu bisa test perubahan pada versi duplikat website sebelum disinkronkan dengan website.
  • Downloadable Backup. Hasil backup dari Plugin backup WordPress juga harus bisa didownload agar bisa disimpan secara offline ke komputer.
  • Data Mudah Dipulihkan. Plugin backup WordPress juga harus menawarkan fitur yang dapat memulihkan kembali data ke situs WordPress dengan cepat dan mudah. Karena itulah tujuan utama dari melakukan backup pada data dan file WordPress.

Nah, setelah mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan dalam suatu plugin backup WordPress, saatnya kamu melihat daftar 7 plugin backup WordPress terbaik dan memilihkan sesuai kebutuhan kamu. 

UpdraftPlus

dashboard plugin backup WordPress UpdraftPlus.
Tampilan dashboard plugin backup WordPress UpdraftPlus. (Source: UpdraftPlus)

UpdraftPlus adalah plugin backup WordPress populer dengan penggunanya yang sudah mencapai 2 juta. UpdraftPlus mempunyai versi gratis dan premium

Fitur dari Updraftplus yang versi gratis diantaranya dapat melakukan backup dan menyimpan di penyimpanan berbasis cloud atau penyimpanan eksternal independen seperti Google Drive, Amazon S3  dan Dropbox, melakukan backup manual melalui FTP dan SFTP, backup yang otomatis dan terjadwal, bisa bisa didownload dan terakhir dapat melakukan pemulihan langsung dari panel admin WordPress.

Untuk UpdraftPlus versi premium menawarkan layanan  migrasi website, menduplikasi website, penggantian database, incremental backup dan penyimpanan yang dienkripsi.

BackupBuddy

dashboard plugin backup WordPress BackupBuddy.
Tampilan dashboard plugin backup WordPress BackupBuddy. (Source: BackupBuddy)

Plugin Backup WordPress selanjutnya yang bisa kamu pilih ialah BackupBuddy yang memiliki lebih dari 1.5 juta pengguna.

Fitur dari BackupBuddy diantaranya yaitu backup otomatis dan terjadwal keseluruhan database, meletakkan file backup ke lokasi eksternal, melakukan pemulihan backup dengan mudah dari dashboard WordPress.

Fitur premium dari BackupBuddy menawarkan penyimpanan 1GB gratis di Stash Live Storage, layanan cloud server dari BackupBuddy. Stash Live Storage ini akan secara terus-menerus membackup database kamu seperti postingan terbaru secara real time.

Selain itu fitur iTheme Sync dapat membuat kamu bisa memanage lebih dari 10 situs WordPress dari satu dashboard, menduplikasi dan juga migrasi website.

Jetpack Backup (VaultPress)

Selanjutnya, Jetpack Backups atau yang dulu dikenal dengan VaultPress, bisa kamu pilih sebagai plugin backup WordPress. Plugin ini dikebangkan oleh co-founder WordPress Matt Mullenweg, sebelum akhirnya menjadi bagian dari produk Jetpack.

Fitur dari Jetpack Backups yaitu harian dan real-time backup tanpa memperlambat website mudah dipulihkan dalam satu kali klik, ada rekaman aktivitas sehingga kamu tau apa saja dan siapa saja yang masuk di WordPress sebagai fitur keamanan. 

fitur activity log di plugin backup WordPress Jetpack Backups.
Fitur activity log di plugin backup WordPress Jetpack Backups. (Source: Jetpack Backups)

Jika kamu ingin memanage beberapa situs WordPress hingga menginginkan unlimited waktu penyimpanan backup maka kamu bisa menggunakan versi berbayarnya.

BlogVault

plugin backup WordPress BlogVault.
Website plugin backup WordPress, BlogVault.

BlogVault juga merupakan plugin backup WordPress populer. BlogVault dikenal sebagai Software as a Service (SAAS) karena backup dilakukan di server BlogVault sehingga tidak membebani server karena penyimpanan di luar situs dan secara independen.

BlogVault bisa membuat backup otomatis harian tetapi juga bisa melakukannya secara manual yang bisa dimodifikasi memperbaharui file yang diinginkan saja atau incremental backups, memanage beberapa situs WordPress hingga backup khusus untuk WooCommerce.

Backup di BlogVault juga mudah dipulihkan. Selain itu juga terdapat fitur staging WordPress atau melakukan test pada wordpress tanpa merusak live display website dan migrasi website ke hosting lainnya.

BoldGrid Backup

plugin backup WordPress BoldGrid Backup.
Website plugin backup WordPress, BoldGrid Backup.

Salah satu plugin backup WordPress juga ada BoldGrid Backup. Plugin sederhana ini dikembangkan oleh salah satu website builder terkenal di WordPress yaitu BoldGrid.

Yang bisa dilakukan dengan BoldGrid Backup ialah melakukan backup manual, backup otomatis dalam satu kali klik dan migrasi ke hosting lain serta mudah dipulihkan ketika website crash suatu saat. Penyimpanan berada berada di Google Drive Amazon S3, FTP atau server VPS.

Selain itu, fitur unik di BoldGrid Backup adalah proteksi kesalahan yang membuat backup website sebelum kamu update WordPress sehingga kalau ada kegagalan update, website akan otomatis kembali ke versi sebelum diupdate dan tidak rusak.

BackWPup

dashboard plugin backup WordPress BackWPup.
Tampilan dashboard plugin backup WordPress BackWPup. (Source: BackWPup)

BackWPup adalah plugin backup WordPress yang melayani backup WordPress secara gratis dan juga berbayar. BackWPup telah digunakan lebih dari 700.000 pengguna

Fitur gratis dari BackWPup dapat meletakkan backup di penyimpanan cloud seperti Dropbox, Amazon S3 dan Rackspace, FTP, di email hingga disimpan offline ke komputer.

Backup dapat dilakukan secara otomatis terjadwal berdasarkan frekuensi update WordPress, terdapat fitur incremental backup sesuai keinginanmu yang nantinya akan disinkronkan dan bisa membackup beberapa situs. Backup juga dapat mudah dipulihkan jika kamu menggunakan versi berbayarnya

Duplicator

fitur schedule backup di Duplicator Pro.
Fitur schedule backup di Duplicator Pro. (Source: Duplicator Pro)

Yang terakhir ada Duplicator sebagai plugin backup WordPress pilihan. Sama seperti kebanyakan plugin, terdapat versi gratis dan juga berbayarnya atau Duplicator Pro.

Banyak fitur dari Duplicator yang bisa kamu nikmati yaitu duplikasi website yang mirip dengan staging, migrasi ke server lain jika sewaktu-waktu terjadi masalah, backup otomatis dan terjadwal yang disimpan ke server cloud, mendukung multi website, bisa memilih file yang akan di backup sesuai kebutuhan dan kapasitas penyimpanan, mendownload backup dalam bentuk .ZIP sehingga bisa disimpan offline.

Exabytes Friends khususnya pengguna WordPress hosting, itulah daftar 7 plugin backup WordPress yang bisa kamu pilih. Membackup WordPress sangatlah penting dilakukan karena berhubungan dengan keseluruhan data yang harus aman dan terjaga hingga reputasi website yang baik.

Leave your vote

190 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *