Curious Kids: Mengapa hewan bisa memiliki dua warna mata yang berbeda?

by -1 views
curious-kids:-mengapa-hewan-bisa-memiliki-dua-warna-mata-yang-berbeda?

Beberapa anjing memiliki dua warna mata yang berbeda. Apakah hewan lain (termasuk manusia) juga memilikinya dan mengapa? – George, umur 10 , Hethersett, Inggris.

Beberapa anjing dilahirkan dengan satu mata cokelat dan satu mata biru, yang bisa terlihat sangat aneh, karena kita terbiasa melihat anjing dengan dua mata cokelat. Ini kadang-kadang disebut wall eye

Jika kamu perhatikan lebih dekat, kamu juga akan melihat bahwa anjing dengan dua warna mata yang berbeda juga memiliki warna bulu yang tidak biasa. Mantel mereka mungkin belang-belang atau bergaris putih. Ini karena gen untuk warna mata dan warna bulu berhubungan erat .

Orang tua mereka mungkin tidak memiliki keanehan ini. Tapi biasanya ada setidaknya satu anjing di kedua sisi pohon keluarga yang memiliki warna yang tidak biasa. Begitulah cara ibu dan ayahnya mewariskan gen yang memberi beberapa anak anjing mereka warna yang tidak biasa.

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya – apa itu gen Mari saya jelaskan: setiap makhluk hidup terdiri dari sel. Setiap sel berisi semua informasi yang diperlukan untuk memberi tahu tubuh seperti apa rupanya dan cara kerjanya. Informasi tersebut merupakan “gen”, dan ada banyak sekali gen yang menentukan hampir setiap aspek tentang bagaimana kita.

Turunan dari orang tua

Misalnya, ada sekitar 25,000 gen dalam sel manusia, yang bisa menentukan segalanya mulai dari tinggi badan, warna rambut, atau seberapa besar kemungkinan kita terkena penyakit tertentu. Gen terdiri dari DNA, dan disatukan oleh struktur berserat yang disebut “kromosom” di tengah sel.

Lihat di dalam sel, di mana gen terbuat dari DNA. Wikimedia Commons/Magnus Manske., CC BY-SA

Karena setiap mamalia berasal dari dua orang tua, yang memiliki dua salinan dari setiap gen – satu dari ibu dan satu dari ayah. Setiap salinan mungkin memberi tahu tubuh untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Misalnya, gen ibu mungkin mengatakan “rambut hitam” sedangkan ayah mengatakan “rambut pirang”.

Dalam kasus ini, gen ibu akan menang dan bayi mereka akan memiliki rambut hitam, karena gen rambut hitam lebih dominan daripada gen rambut pirang. Bayi mereka hanya akan memiliki rambut pirang jika kedua orang tuanya mewariskan gen untuk rambut pirang.

Gen di balik fenomena dua warna yang berbeda mirip dengan cara kerja gen berambut pirang. Seekor hewan hanya akan memiliki ciri-ciri itu jika gen spesifik itu diturunkan dari kedua orang tuanya. Ketika ibu dan ayah membawa gen, tetapi tidak memilikinya, maka beberapa keturunan mereka akan memilikinya, meskipun tidak semuanya.

Wall eye woes

Bagian yang kurang menyenangkan

Kudaku Biggle, dengan kedua mata birunya. Jan Hoole., Author provided

Hewan lain yang memiliki dua warna yang berbeda pada bola matanya adalah kelinci, kucing, sapi, domba, dan kuda. Kuda yang memiliki satu mata biru biasanya memiliki bercak hitam dan putih di bulunya – disebut “piebald” atau “pinto” atau “cat”. Beberapa kuda ini bahkan memiliki dua mata biru, yang membuat mereka terlihat lebih tidak biasa.

Manusia juga dapat memiliki satu mata biru dan mata lainnya dengan warna berbeda, seperti coklat atau hijau. Ini sering terjadi pada mereka yang memiliki garis putih di bagian depan rambut mereka.

Terkadang, memiliki gen ini dapat menyebabkan masalah. Untuk anjing, mata yang berwarna biru seringkali memiliki masalah yang akan mempengaruhi pengelihatan mereka Untuk alasan ini, peternak tidak membiarkan dua anjing dengan gen ini memiliki anak anjing bersama-sama. Jika ya, seringnya anak anjing akan buta dan terkadang tuli juga.

Pada kuda, gen ini tampaknya tidak menyebabkan masalah dengan penglihatan, meskipun memiliki dua mata biru dapat dikaitkan dengan tuli. Beberapa kucing dan manusia yang juga mempunyainya juga bisa mengalami masalah dengan pendengarannya. Manusia yang kedua orang tuanya memiliki gen ini mungkin tidak dapat berbicara atau mendengar.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.