in

Ciri Ponsel Dikloning dan Dibajak

Belakangan ini marak beredar tangkapan layar dijadikan bukti terkait suatu masalah di pengadilan. Dari mulai artis, dai kondang, hingga para aktivis yang bersaksi di persidangan.

Lalu pertanyaannya adalah bisakah akun social media atau WhatsApp, Telegram dan aplikasi sejenis dibajak? bukankah WhatsApp, dan Telegram terkenal sangat aman menjaga privacy penggunanya?.

Aksi kloning dan bajak akun WhatsApp memang bisa saja dilakukan secara tersembunyi, namun pengguna masih bisa mendeteksinya. Berikut ciri-ciri WhatsApp dikloning dan dibajak:

1. Keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya

WhatsApp tak bisa digunakan di dua ponsel secara bersamaan. Jadi ketika nomor WhatsApp digunakan diperangkat lain akan muncul kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp dengan sendirinya ada kemungkinan nomor mereka dikloning oleh orang lain.

2. Pesan telah terbaca Anda merasa belum membaca pesan tetapi dipesan itu ada dua centang biru tanda sudah tertera, akun WhatsApp kemungkinan telah dikloning. Tanda ini bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tak diaktifkan, maka pengguna tak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.3. Mengirim pesan yang tidak dikirim penggunaJika ada pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita, bisa jadi akun WhatsApp Anda telah diretas.

4. Log perangkat yang tidak dikenal

Ini bisa Anda temui di WhatsApp web. Jika menemukan ada perangkat tak dikenal, tutup segeralah tutup akses perangkat tersebut. Caranya:

Android:

  • Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga di kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:

  • Pilh Seting atau Pengaturan di kanan bawah
  • Pilih WhatsApp Web/ Desktop
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluar dari seluruh perangkat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

679 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

6 Kebaikan Gus Dur yang Sudah Dilupakan Banyak Orang (Open list) (12 submissions)

Sisi Lain Kasus Mantan Dirut Garuda Ari Askhara