Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri dengan Biaya Murah dan Aman

by -5 views
cara-transfer-uang-ke-luar-negeri-dengan-biaya-murah-dan-aman

Di jaman sekarang, berbagai keperluan pribadi atau bisnis tidak lepas dari kegiatan transaksi keuangan. Baik melalui antar bank dalam negeri ataupun transfer uang ke luar negeri.

Ketika teknologi perbankan belum maju seperti sekarang, transfer uang menjadi hal yang sangat merepotkan. Seseorang harus pergi ke bank dan mengantri di depan teller hanya untuk mengirimkan uang.

Di era digital sekarang ini, berbagai kemudahan bisa didapatkan melalui kemajuan teknologi yang semakin modern termasuk memudahkan berbagai kegiatan transaksi

Saat ini aktifitas transfer uang bukan hal yang sulit dan merepotkan, sebab berbagai cara dapat dilakukan untuk mengirimkan uang, tanpa harus pergi ke bank. Salah satunya melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Selain itu, pihak bank sendiri juga menyediakan aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone untuk memudahkan transfer uang, baik antar bank dalam negeri ataupun transfer uang ke luar negeri.

Tetapi yang menjadi kendala bagi sebagian orang adalah biaya transfer yang cukup memberatkan, apalagi transfer uang dengan bank yang berbeda, karena akan dikenakan biaya tambahan

Biaya Transfer Antar Bank yang Berbeda

Setiap bank menetapkan biaya transfer untuk setiap nasabah yang melakukan kegiatan transfer uang ke bank yang berbeda, sebagai contoh transfer uang dari rekening BCA ke BRI akan dikenakan biaya

Rata-rata setiap bank mengenakan biaya tambahan sebesar Rp. 6.500 untuk setiap transaksi atau transfer uang ke bank yang berbeda.

Seandainya dalam satu hari hanya melakukan satu atau dua kali transaksi, tentu beban biaya tambahan tersebut tidak akan menjadi masalah.

Tetapi apabila dalam satu hari terjadi beberapa kali transaksi tentu akan sangat memberatkan bagi nasabah.

Biaya Transfer Uang Ke Luar Negeri

Bagi yang memiliki kerabat, teman atau rekanan bisnis diluar negeri, transfer uang ke luar negeri menjadi rutinitas yang seringkali dilakukuan.

Berbeda dengan transfer antar bank, biaya transfer ke luar negeri tentu saja lebih mahal.

Remittance atau remitansi adalah salah satu opsi yang diterapkan oleh suatu bank untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Setiap bank juga menetapkan biaya remitansi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

Berikut ini contoh biaya transfer uang ke luar negeri yang ditetapkan oleh masing-masing bank melalui fitur Remittance :

Bank  Biaya Transfer
Mandiri Remittance $25 (USD) dan $30 (Non USD)
Remittance BCA Rp. 50.000 (Biaya Telex) + $20 (Biaya Full Amount)
CitiBank $35
CIMB Click $25

Dalam tabel diatas, biaya paling murah untuk transfer uang ke luar negeri adalah $25 melalui Citibank, atau apabila dirupiahkan adalah sekitar Rp. 350.000 an untuk satu kali transaksi.

Dengan besaran tarif tersebut, apakah termasuk murah?

Tentu saja tarif transfer uang ke luar negeri melalui fasilitas Remittance bank tidaklah murah, apalagi sering melakukan kegiatan transfer dalam beberapa hari atau minggu.

Tentu saja biaya transfer uang ke luar negeri tersebut akan sangat memberatkan.

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri dengan Biaya Murah

Meskipun fitur Remittance dianggap mahal bagi sebagian orang, namun beberapa orang masih memerlukan fitur tersebut, terutama untuk pelaku bisnis.

Tetapi Anda dapat memilih menggunakan fasilitas lainnya untuk mengirimkan uang ke luar negeri dengan biaya yang jauh lebih murah.

Berikut ini beberapa cara transfer uang ke luar negeri yang dapat Anda sesuaikan dan tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau.

1. Western Union

Western Union merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan untuk mengirim atau menerima uang dari luar negeri dengan cara yang mudah dan praktis.

Penerima juga tidak perlu memiliki rekening bank, hanya dengan KTP maka uang sudah bisa diterima dan tidak memerlukan waktu lama.

Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan, Western Union mengenakan biaya tarif berjenjang untuk pengiriman uang ke luar negeri.

Jadi, semakin besar nominal uang yang akan dikirimkan, maka akan semakin tinggi biaya transfer yang harus dibayarkan.

Contohnya seperti dibawah ini:

Keterangan (Rp) Biaya (Rp)
<750.000 112.500
750.001-1.500.000 165.000
1.500.001-2.250.000 217.000
2.250.001-3.000.000 225.000
3.000.001-3.750.000 300.000
3.750.001-4.700.000 345.000
4.700.001-5.625.000 352.000
5.625.001-7.500.000 400.000

 2. Paypal

Selain Western Union, Anda dapat melakukan transfer uang ke luar negeri menggunakan Paypal dengan tanpa biaya atau gratis untuk transaksi personal.

Namun begitu, kurs yang diterapkan oleh pihak Paypal biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan kurs yang diterapkan pihak bank.

Untuk membuat akun Paypal Anda juga membutuhkan Kartu Kredit untuk verifikasi akun, sedangkan untuk mengisi saldo paypal juga akan dikenakan tambahan biaya.

3. Jasa Pengiriman Uang

Alternatif paling mudah dan aman untuk transfer uang ke luar negeri adalah dengan menggunakan jasa pengiriman uang seperti Flip.

Flip merupakan jasa pengiriman uang yang dapat Anda akses melalui smartphone, baik untuk Android ayapun iOs.

Anda dapat menikmati layanan bebas biaya transfer untuk pengiriman uang antar bank yang ada di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk mengirim uang ke luar negeri, Flip menyediakan fitur Flip Globe dengan biaya yang lebih murah dan aman. Keterangan lebih lanjut bisa lihat melalui halaman blog.flip.id.

Flip Globe menerapkan biaya transfer uang ke luar negeri dengan sistem flat atau sama rata yang saat ini dapat digunakan untuk 12 negara.

Ada 3 pilihan besaran biaya transfer diantaranya adalah :

  • Rp45.000 untuk transfer ke Malaysia
  • Rp50.000 untuk transfer Filipina, Korea, dan India
  • Rp65.000 untuk transfer ke negara lainnya

Cara transfer uang ke luar negeri ini tentu saja jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan fitur remittance bank atau pengiriman lainnya.

Anda akan lebih menghemat banyak biaya untuk keperluan lainnya, daripada harus mengeluarkan uang lebih untuk hanya untuk membayar biaya transfer.

Leave your vote

496 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *