31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Cara Sandra Dewi Agar Anak Rajin Sikat Gigi, Memutar Video Justin Beiber

Cara Sandra Dewi Agar Anak Rajin Sikat Gigi, Memutar Video Justin Beiber

Parents bingung karena si kecil malas sikat gigi tiap harinya? Coba kita simak bersama tips Sandra Dewi ajarkan anak rajin sikat gigi. Tak hanya Parents, ternyata Sandra Dewi juga punya pengalaman yang sama perkara menangani anak yang malas sikat gigi, hingga akhirnya buah hati paham pentingnya menjaga kesehatan gigi. 

Bagaimana kisah Sandra dewi ajarkan anak rajin sikat gigi ini?

Artikel Terkait: Ajarkan Si Kecil Menjaga Kebersihan Sejak Dini dengan 7 Sikat Gigi Pilihan

Tips Sandra Dewi Ajarkan Anak Rajin Sikat Gigi

Kesehatan gigi anak menjadi perhatian tersendiri untuk Sandra Dewi, terlebih aktris ini mengakui bahwa saat muda, dirinya pernah memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut. Sehingga sebisa mungkin ia membentuk rutinitas sikat gigi di rumahnya sebagai sebuah rutinitas yang wajib. 

“Sebagai orang tua, aku berupaya selalu memberikan yang terbaik terhadap kedua anakku, apalagi soal urusan perawatan mulut,” kata Sandra Dewi dalam peluncuran produk MoMaMi. 

Sandra Dewi menjelaskan, baginya menjaga kebersihan mulut itu sangatlah penting, karena fungsi mulut yang cukup esensial, jadi ia tidak mau sembarangan saat memberikan produk perawatan mulut.

“Tentunya aku ingin gigi dan gusi anakku sehat dan prima hingga dewasa nanti, oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan mereka menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sedari dini,” lanjutnya. 

Namun begitu, dalam kenyataannya mengajari anak rajin menyikat gigi tak semudah yang dibayangkan. Si kecil kerap menolak menyikat gigi dengan berbagai alasan. Lantas apa yang dilakukan Sandra Dewi mengantisipasi anak yang malas sikat gigi ini? 

Artikel Terkait: Jangan sampai salah, ini cara memilih sikat gigi anak sesuai dengan usianya

Bikin Rutinitas Sikat Gigi Jadi Menyenangkan

Sandra Dewi ajarkan anak rajin sikat gigi dengan berbagai ide asyik seperti membuat bubble-bubble di wastafel.

“Aku membuat pengalaman menyikat gigi jadi menyenangkan. Pernah anakku nolak buat sikat gigi. Jadi akhirnya aku coba dudukkin di wastafel lalu bikin bubble-bubble di sana, akhirnya sikat gigi sambil main bubble,” cerita aktris usia 38 tahun tersebut.

Memutar Video Justin Beiber Sikat Gigi

Ibu dari 2 anak, Raphael Moeis dan Mikhael Moeis ini juga banyak akal. Untuk membuat Raphael dan Mikhael rajin sikat gigi, ia mencoba mencontohkan tokoh-tokoh yang si kecil senangi saat sedang sikat gigi.

“Aku jujur pakai YouTube kalau terjadi ‘drama’ ya. Misalnya cari-cari video Baby Shark yang sikat gigi. Atau anakku ada yang suka banget sama Justin Bieber, jadi cari videonya, terus bilang, ‘tuh, Justin Bieber juga sikat gigi’,” kisah Sandra Dewi.

“Jadi, cari-cari aja sosok idola anak yang sedang menyikat giginya,” tambahnya.

Artikel Terkait: Pasien Sembuh dari COVID-19 Harus Ganti Sikat Gigi, Ini Alasannya

Tak Mau Sikat Gigi, Tak Dapat Coklat

Sandra Dewi juga menceritakan kebiasaan di rumahnya. Jika si kecil menolak sikat gigi, ia membuat aturan untuk tidak boleh makan coklat. “Kalau aku di rumah, aku batasi, tapi kadang anak-anak dapat dari bapaknya, oma, tante-tantenya, jadi aku bilang mau makan ya harus sikat gigi, nggak mau sikat gigi, nggak usah makan itu,” kata istri Harvey Moeis itu.

Kuncinya Konsisten

Sandra Dewi menegaskan kunci membuat anak rajin sikat gigi adalah konsistensi. Ia bercerita, akhirnya kedua anaknya pun menjadikan sikat gigi sebagai rutinitas dan menganggap itu sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Rapha sudah lumayan mudah. Mika kadang masih males, sekarang dia seneng banget,” katanya.

Trauma Sandra Dewi dengan Kesehatan Gigi

Dalam acara yang sama, Sandra Dewi berkisah juga dengan trauma dan stereotipe soal kesehatan gigi di masa lalunya.

“Aku punya trauma sebagai individu dengan masalah gigi dan mulut karena memang stereotipenya orang Bangka itu jelek giginya, giginya pasti palsu. Makanya aku concerned dengan masalah gigi,” kisahnya. 

Hingga kemudian, saat menempuh pendidikan di bangku kuliah, Sandra baru bisa memulai memperbaiki kondisi giginya. Ia menyatakan, perbaikan giginya ini membutuhkan waktu cukup lama. Setelah menikah dan memiliki anak, Sandra berkomitmen agar pengalaman buruk sewaktu kecil terkait gigi tak terjadi pada anak-anaknya. 

Cara Mengajarkan Anak Rajin Sikat Gigi 

Dalam acara webinar yang sama, drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp. KGA, Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak mengungkapkan tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut anak dengan sikat gigi.

“Perawatan mulut anak perlu diperhatikan sedini mungkin, bahkan sebelum gigi pertama muncul sekalipun. Ketika seorang anak telah memiliki gigi, orang tua perlu menaruh atensi lebih dalam menjaga kebersihannya lewat menyikat gigi menggunakan pasta gigi,” tegas dokter Eka.

Ia juga melanjutkan, pasta gigi berfluoride dapat digunakan sejak gigi pertama tumbuh untuk mencegah gigi berlubang, tidak perlu menunggu anak bisa berkumur karena jika digunakan sesuai panduan takaran, jumlahnya terpantau dan aman tertelan.

“Pasta gigi dengan hydroxyapatite juga memiliki manfaat memperbaiki permukaan gigi yang mulai melemah, sehingga dapat digunakan sejak awal gigi anak tumbuh sebagai pendamping pasta gigi berfluoride,” tambah dokter Eka.

Berikut beberapa tips untuk membantu anak lebih bersemangat melakukan aktivitas menyikat gigi mereka:

Bantu Anak-Anak Mengetahui Tujuan Baik Sikat gigi

Begitu banyak kecemasan (dan kemalasan) datang karena tidak tahu apa tujuan baik dalam menyikat gigi. Parents dapat menjelaskan pentingnya sikat gigi dengan membaca buku dan menonton video tentang menyikat gigi.

Biasakan Anak Bermain dengan Sikat Giginya

Diskusikan dengan si kecil beberapa pilihan rasa pasta gigi baru yang lezat yang Anda dapatkan! Biarkan mereka sendiri yang memilihnya. Selain itu, biarkan anak-anak yang masih sangat kecil mengunyah kuas sikatnya tanpa pasta untuk terbiasa dengan rasa kuas di mulut mereka.

Pastikan Si Kecil Melihat Anda Sikat Gigi

Contohkan ke anak bahwa Parents rutin sikat gigi, setelah makan dan sebelum tidur. Kebiasaan ini juga akan meresap di pikiran anak dan membuatnya ikut dengan rutinitas baik tersebut.

Parents dan Si Kecil Saling Menyikat Gigi Satu Sama Lain

Membiarkan anak Anda menyikat gigi Anda adalah cara yang bagus untuk membuat mereka bersemangat menyikat gigi. Cobalah secara bersamaan–sikat gigi anak Anda pada saat yang sama ketika dia menyikat gigi anda. Parents bisa mencoba ide asyik ini sesekali.

Jadikan Menyikat Gigi Sebagai Permainan yang Menyenangkan

Bermain peran tentu adalah hal yang mengasyikkan untuk si kecil. Cobalah bermain peran sebagai dokter gigi dan pasien, sehingga aktivitas menyikat gigi menjadi tidak membosankan.

Miliki “Sikat Gigi Mainan” untuk Boneka Binatang Mereka

Minta anak Anda untuk menyikat gigi boneka beruang atau helo kittynya, dan coba jelaskan ke anak kenapa kita semua penting menyikat gigi.

Nyanyikan Lagu Menyikat Gigi

Nyanyikan lagu tentang menyikat gigi yang sama setiap kali Anda menyikat, bahkan selama menyikat, untuk membuat waktu berlalu. Putar video di ponsel Anda beberapa kali pertama agar si kecil mempelajarinya.

Demikian hal-hal terkait cara mengajarkan anak rajin sikat gigi. Semoga bermanfaat!

***

Jangan Tunggu Gigi Si Kecil Berlubang, Ini Cara Menyenangkan Merawat Gigi

Jangan Tidur Dekat HP! Kenali Fakta dan Bahayanya di Sini

Sikat Gigi Elektrik Vs Sikat Gigi Biasa, Mana yang Lebih Baik?

The post Cara Sandra Dewi Agar Anak Rajin Sikat Gigi, Memutar Video Justin Beiber appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles