Cara Menjadi Reseller Hosting yang Sukses & 8+ Tips Lengkapnya

by -3 views
cara-menjadi-reseller-hosting-yang-sukses-&-8+-tips-lengkapnya

Hosting adalah layanan server sebagai tempat untuk meletakkan file website atau email di internet. Salah satu layanan hosting yang bisa kamu pilih adalah reseller hosting, di mana kamu bisa menjadi penjual hosting kepada orang lain. Jika kamu tertarik untuk mencoba profesi satu ini, sekarang kamu bisa mulai mencari tahu cara menjadi reseller hosting.

Dengan semakin bertambahnya bisnis yang memasuki dunia online, kebutuhan hosting semakin meningkat. Ini tentunya bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan sebagai reseller hosting, artikel ini mungkin bisa membantu memahami bagaimana caranya agar kamu bisa menjadi reseller hosting yang sukses dengan tips yang bermanfaat.

Sekilas tentang Reseller Hosting

Mengenal apa itu reseller hosting dan cara memulainya
Reseller hosting bisa menjadi cara tepat untuk memulai bisnis online dengan keuntungan tidak terbatas. (Sumber: flickr – Bhavna Benival)

Pernah menjadi reseller sebuah produk? Jika pernah, kamu pasti sudah tahu seperti apa alur kerja seorang reseller hingga mendapatkan penghasilan. Hal tersebut juga berlaku untuk para reseller hosting.

Apa sih sebenarnya reseller hosting? Reseller hosting adalah individu atau perusahaan yang menjual kembali hosting dari penyedia web hosting terpercaya. Sebagai reseller, mereka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan layanan hosting tersebut.

Besaran komisi bervariasi tergantung pada syarat dan ketentuan yang berlaku. Semakin banyak penjualan, maka semakin besar penghasilan yang akan kamu dapatkan. Reseller hosting bisa menentukan harga hosting agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Paket reseller hosting bervariasi dari web host berbeda. Namun, sebagian besarnya meliputi:

  • Disc Space dan Unlimited Bandwidth
  • Unlimited domain Hosting
  • White Label Branding
  • Control Panel
  • Akun yang disesuaikan dan manajemen situs untuk klien
  • Fitur Hosting tambahan untuk klien
  • Dukungan Teknis 24/7

Keuntungan Menjadi Reseller Hosting

Keuntungan menjadi reseller hosting Indonesia
Memulai bisnis sebagai reseller hosting memungkinkan kamu mendapatkan beberapa keuntungan. (Sumber: pixabay – Tumisu)

Saat menjadi reseller hosting murah, kamu akan mendapatkan akses control panel cPanel yang berfungsi untuk mengelola domain, membuat paket hosting, dan membuat akun email. Pengembang yang memiliki klien sendiri biasanya menggunakan paket hosting ini sehingga klien mereka tidak perlu memesan hosting dari penyedia lain.

Jika kamu ingin memulai bisnis web hosting tapi tidak tahu harus memulainya dari mana, menjadi reseller hosting bisa menjadi pilihan tepat dengan peluang bisnis yang menjanjikan.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi reseller hosting

Biaya

Pada umumnya, paket reseller hosting cukup murah. Ini juga menjadi alasan kenapa semakin banyak orang dan perusahaan yang tertarik masuk ke bisnis hosting murah. Dengan pilihan reseller hosting, para pemula tidak perlu membeli teknologi, infrastruktur, dan peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi penyedia layanan hosting website.

Fokus pada Bisnis

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan saat menjadi reseller hosting adalah fokus pada bisnis. Kamu bisa mencari strategi promosi dan pemasaran yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak klien serta meningkatkan penjualan.

Sementara hal-hal teknis seperti pembaruan, pemeliharaan server, dan lain sebagainya akan menjadi tanggung jawab penyedia hosting yang kamu sewa atau beli.

Penggunaan Lebih Bebas

Menjadi reseller hosting akan menguntungkan kamu terutama jika memiliki situs web yang mendapatkan traffic yang banyak. Jika website memiliki banyak halaman atau bahkan kamu mengelola beberapa situs, kamu bisa mendapatkan fitur dan ruang yang lebih.

Fitur Tambahan

Reseller hosting memberikan lebih banyak fitur dan ini semakin menambah daftar keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Fitur tersebut termasuk control panel yang lebih kuat sehingga kamu bisa mengelola website dengan lebih efektif. 

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan Sertifikat SSL tak terbatas. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk memberikan fitur tambahan kepada klien.

Membangun Merek

Kamu memang menjual produk atau layanan dari penyedia hosting web, tetapi kamu juga bisa membangun merek yang bisa akan menjadi identitas bisnismu sendiri. Klien tidak tahu bahwa kamu menyewa hosting dari perusahaan lain dan bukan menyediakannya secara langsung.

Cara Menjadi Reseller Hosting Indonesia

Tips dan cara menjadi reseller hosting
9 cara dan tips menjadi reseller hosting yang sukses. (Sumber: pixabay – lakexyde)

Reseller hosting bisa menjadi langkah memulai bisnis online. Akan tetapi, kamu tidak boleh melakukannya begitu saja tanpa bekal dan pengetahuan yang cukup. 

Berikut adalah cara dan tips menjadi reseller hosting Indonesia agar bisnis kamu sukses.

Membuat Perencanaan Bisnis yang Matang

Meskipun kamu memulai bisnis online sebagai reseller layanan hosting, pastikan kamu memiliki rencana bisnis yang matang. Tanpa perencanaan, bisnis kamu akan mengalami kesulitan dalam menjual layanan hosting

Di dunia online, kamu tidak hanya sendirian karena ada banyak kompetitor yang juga menawarkan produk atau jasa yang sama dengan kamu. Rencana bisnis yang tepat juga akan membantu kamu mendapatkan pelanggan atau klien tertarget serta tepat sasaran.

Menyediakan Modal

Reseller hosting bisa menjadi bisnis dengan modal kecil, namun tetap saja kamu membutuhkan modal. Dengan mempersiapkan modal, kamu bisa menjalankan bisnis sesegera mungkin. Modal tersebut bisa juga kamu gunakan untuk keperluan promosi dan pemasaran seperti iklan di Google atau di platform media sosial.

Buat Target Audiens

Ada banyak pengguna internet dan tidak semuanya bisa kamu prospek menjadi calon pembeli. Pastikan kamu memiliki target audiens agar pemasaran dan promosi semakin terarah. 

Membuat target audiens tidak sesulit yang kamu bayangkan karena kamu bisa memulainya dengan menemukan klien potensial di sekitarmu. Jika masih ragu, kamu bisa mengunjungi sejumlah forum untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Mencari Penyedia Hosting Terpercaya

Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak perusahaan penyedia hosting. Masing-masing dari mereka mengklaim bahwa produk dan layanannya adalah yang terbaik. Akan tetapi, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih penyedia hosting yang nantinya akan menjadi partner bisnis kamu. 

Jangan mudah tergiur dengan harga murah apalagi jika perusahaan tersebut menjanjikan kamu bisa menjadi reseller hosting tanpa modal. Lakukan riset online dan bandingkan beberapa penyedia hosting. Kemudian, pilih yang mendekati kriteria penyedia hosting terpercaya versi kamu. 

Belajar Cara Menggunakan Hosting

Kamu hendak menjual layanan web hosting. Oleh karena itu, salah satu cara menjadi reseller hosting yang baik adalah kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan hosting. Jangan terburu-buru memulai bisnis ini karena kamu harus memastikan dulu jika kamu benar-benar sudah mahir. Dengan begitu, calon pembeli atau klien akan yakin dan percaya pada bisnis yang kamu jalankan.

Semakin banyak orang yang percaya pada bisnis kamu, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan. Kamu akan semakin mudah untuk menjual layanan hosting sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Optimasi Website dan Mesin Pencari

Bisnis online terutama di zaman sekarang membutuhkan website. Buat website sederhana namun menarik dan lakukan optimasi pada website dan mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO)

Saat ini, ada banyak pilih strategi pemasaran di dunia digital. Kamu bahkan bisa memanfaatkan jasa digital marketing apabila memiliki modal yang cukup. Marketing dan promosi menjadi kunci untuk mendapatkan klien dan pelanggan yang lebih banyak. 

Tawarkan Harga yang Terjangkau

Tips menjadi reseller hosting sukses selanjutnya adalah menawarkan harga yang terjangkau. Menyadari bahwa kamu baru di industri bisnis layanan hosting akan membawamu membuat keputusan yang bijak. Di antaranya adalah dalam menentukan harga. 

Setiap pebisnis memang ingin mendapatkan untung sebanyak-banyaknya, tapi bukan berarti kamu menawarkan harga yang setinggi langit.

Untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari mereka yang butuh hosting, tawarkan harga terjangkau yang wajar. Kamu memang tidak mendapatkan untung yang banyak, tetapi seiring dengan bertambahnya klien, keuntungan kamu juga akan bertambah.

Tawarkan Berbagai Paket Hosting

Tujuan dari hosting memang sama yaitu menyediakan ruang penyimpanan untuk data situs web. Tetapi yang harus kamu ingat adalah setiap situs memiliki kebutuhan penyimpanan berbeda. Situs pribadi atau blog tidak membutuhkan ruang penyimpanan sebesar situs e-commerce

Dari sini kamu bisa mulai merencanakan berapa banyak paket hosting yang akan kamu sediakan. Kamu bisa memilih paket domain hosting berbagai tipe mulai dari standar, menengah, hingga VIP.

Dengan pilihan paket hosting yang banyak, kamu juga bisa menyusun katalog hosting dengan lebih mudah. Pengunjung website bisa memilih paket hosting dengan lebih mudah dan nyaman. 

Lakukan Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran adalah langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh dalam cara menjadi reseller hosting untuk memperkenalkan bisnis kamu pada khalayak masyarakat. Melalui pemasaran dan promosi yang tepat, kamu bisa mencapai audiens tertarget.

Kesimpulan

Reseller hosting bisa kamu coba sebagai langkah awal memulai bisnis. Agar bisa menjalankannya dengan baik, kamu membutuhkan cara menjadi reseller hosting dan tips suksesnya. 

Jika tiba saatnya untuk memilih penyedia hosting Indonesia, kamu bisa mempertimbangkan penyedia hosting yang kamu pilih untuk situs milikmu apabila kamu merasa bahwa penyedia tersebut memang terpercaya dan memberikan dukungan dan layanan pelanggan yang baik.

Exabytes hadir sebagai salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan sesuai kebutuhan pemilik website. Mulai sekarang!

Leave your vote

263 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *