Cara Membersihkan Lantai Kayu di Rumah agar Tidak Mudah Rusak dan Terlihat Baru

by -4 views
cara-membersihkan-lantai-kayu-di-rumah-agar-tidak-mudah-rusak-dan-terlihat-baru

Parket atau lantai dari kayu memang menjadi tren akhir-akhir ini. Sebab, penggunaan lantai kayu dapat membuat rumah menjadi sangat elegan. Selain itu, lantai kayu memiliki daya tahan yang lebih baik dan desain sederhana. Meski demikian, dalam perawatannya, cara membersihkan lantai kayu tidaklah sembarangan.

Kali ini, kami akan memberikan beberapa cara dalam membersihkan lantai kayu. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips agar lantai kayu tetap awet dan tahan lama. Simak sampai akhir, ya!

Artikel terkait: 3 Pembersih Lantai Terbaik, Aman untuk Bayi dan Anak

Cara Membersihkan Lantai Kayu Secara Rutin

Meski dapat memberikan kesan elegan pada rumah, ada beberapa cara dalam merawat dan membersihkan lantai kayu agar tahan lama. Berikut ini cara membersihkan lantai kayu yang bisa dilakukan secara rutin, seperti dilansir dari Wiki How.

1. Menggunakan penyedot debu

Jika ingin membersihkan secara menyeluruh, seseorang dapat menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Penyedot debu dapat memudahkan debu yang terdapat di celah-celah antar kayu terangkat secara mudah. Selain itu, penyedot debu juga memudahkan untuk membersihkan lantai di area yang mungkin tidak rata.

2. Sapu lantai

Seseorang dapat menyapu lantai kayu dengan kayu biasa secara rutin setiap hari. Selain itu, ia juga dapat menggunakan lap pel lantai kering untuk membersihkan debu yang menempel. Menyapu dengan sapu lantai atau lap pel lantai dapat membersihkan debu dan kotoran yang mungkin tertinggal oleh penyedot debu.

3. Pel lantai dengan air

Meskipun musuh dari lantai kayu adalah air, terkadang perlu untuk membersihkan lantai kayu dengan dipel basah. Bersihkan lantai parket dengan pel basah. Caranya adalah dengan menggunakan air sesedikit mungkin.

Mulailah di salah satu sudut ruangan dan pel dalam simbol delapan untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang mungkin tertinggal. Peras pel secara menyeluruh dan pel lantai lagi untuk menghilangkan kelebihan air sampai lantai kering.

4. Lakukan pembersihan secara teratur

Langkah-langkah membersihkan lantai kayu tersebut harus dilakukan secara teratur. Banyak ahli menyarankan untuk melakukannya minimal satu kali dalam dua minggu. Apabila pembersihan secara teratur terus dilakukan, seseorang tidak perlu terlalu sering melakukan pembersihan secara menyeluruh atau deep cleaning.

Artikel terkait: Tips Menarik Menentukan Keramik Lantai untuk Rumah Anda

Deep Cleaning Lantai Kayu

Selain membersihkan secara rutin setiap hari, seseorang juga perlu melakukan deep cleaning atau pembersihan secara menyeluruh. Cara ini dilakukan agar semua kotoran dan jamur yang ada di lantai kayu bisa terhempas.

1. Lakukan pembersihan rutin biasa terlebih dahulu

Seseorang bisa memulainya dengan menyedot debu seperti biasa. Kemudian, lanjut dengan menyapu dengan sapu lantai biasa atau lap pel lantai kering. Jika sudah selesai, ia juga dapat melanjutkannya dengan mengepel secara menyeluruh terlebih dahulu. Selalu pastikan bahwa saat mengepel, menggunakan sedikit air.

2. Bersihkan dengan bahan khusus lantai kayu

Setelah melakukan pembersihan seperti biasa, langkah selanjutnya adalah membersihkan lantai kayu dengan produk khusus yang diformulasikan untuk lantai kayu. Produk ini biasanya mengandung sealant ekstra dan berfungsi untuk membersihkan, memoles, dan melindungi lantai kayu agar tahan lama.

3. Buat produk pembersih sendiri

Jika kesulitan dalam menemukan produk pembersih lantai kayu khusus, seseorang juga bisa membuat sendiri. Cukup larutkan sedikit sabun pencuci piring ke dalam seember air hangat dan gunakan untuk mengepel lantai. Hindari untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat merusak lantai kayu, seperti cuka, amonia, pembersih pH tinggi, dan sabun berbahan dasar minyak apa pun.

Dalam mengepel lantai, pastikan untuk menggunakan air sesedikit mungkin. Hal ini disebabkan air merupakan musuh bagi kayu. Air dapat membuat kayu menjadi lapuk.

Artikel terkait: Penelitian: Bahaya produk pembersih rumah setara dengan menghisap rokok 20 batang!

Tips Menjaga Lantai Kayu agar Tetap Tahan Lama

Selain menjelaskan cara untuk membersihkan lantai kayu, kali ini kami juga akan memberikan tips agar lantai kayu bisa bertahan lama. Simak beberapa tips berikut, ya!

1. Gunakan karpet untuk mengurangi gesekan

Lantai kayu juga tidak tahan terhadap gesekan. Oleh karena itu, di tempat-tempat yang sekiranya memiliki tingkat gesekan tinggi, seperti area pintu, taruh karpet di atasnya. Dengan demikian, gesekan pun akan bisa diminimalkan.

2. Pindahkan semua furnitur ketika membersihkan

Ketika membersihkan lantai kayu, usahakan untuk benar-benar memindahkan furnitur sehingga setiap sudut dan kolong yang biasanya tidak terjamah pun bisa dibersihkan dengan mudah. Dalam memindahkannya, usahakan untuk berhati-hati dan tidak diseret karena dapat menyebabkan gesekan dan kerusakan pada lantai kayu.

3. Potong kuku hewan piaraan

Potong kuku hewan piaraan, terutama yang memiliki cakar tajam, seperti anjing dan kucing. Kuku yang tajam dapat merusak lantai karena biasanya banyak hewan piaraan yang akan menggaruk lantai kayu.

Demikian beberapa cara membersihkan lantai kayu beserta beberapa tips yang bisa dilakukan agar lantai kayu tahan lama. Semoga bisa bermanfaat untuk Parents yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk menggunakan lantai jenis ini.

7 Bahan di sekitar kita ini bisa membuat kamar mandi kinclong, yuk coba!

7 Denah Rumah Minimalis Ini Bisa Jadi Inspirasi, Cocok untuk Lahan Terbatas

11 Tips membersihkan rumah setelah banjir agar terhindar dari kuman dan penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published.