Cara Login cPanel Website Cepat dan Mudah [Tutorial Lengkap]

by -4 views
cara-login-cpanel-website-cepat-dan-mudah-[tutorial-lengkap]

Salah satu persiapan dalam membuat website adalah membeli terlebih dahulu paket hosting dari layanan penyedia domain dan hosting Indonesia. Ketika membeli hosting, Anda akan mendapatkan akses berupa link yang mengarahkan Anda untuk masuk ke cPanel.

Di halaman control panel tersebut berfungsi untuk mengatur segala hal teknis dari mulai pengendalian dan pengembangan website. Control panel cPanel sendiri banyak digunakan para pengelola website untuk mengembangkan website baik dalam level personal maupun korporasi.

Namun biasanya provider penyedia layanan hosting telah menyertakan fitur ini dengan cara pemakaian yang mudah dan fungsi yang ditawarkan juga sangat efisien untuk pengembangan website.

Akan tetapi, tidak jarang pengguna yang belum memahami mengenai cara setting cPanel mengalami kebingungan dalam cara untuk login ke halaman cPanel. Tapi tenang saja dalam artikel ini Anda akan segera mengetahui cara login cPanel secara lengkap.

Apa Itu cPanel?

cara login cpanel
cPanel berfungsi sebagai pengatur website. (Sumber: Pixabay)

Sebelum melanjutkan ke pembahasan teknis tentang cara login cpanel, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu cPanel secara lengkap berikut dengan kegunaannya.

cPanel adalah sebuah panel untuk mengontrol/mengelola hosting, sehingga seringkali juga orang menyebutnya sebagai cPanel hosting. Cpanel sendiri dikembangkan pertama kali oleh cPanel, L.L.C yang merupakan salah satu perusahaan berasal dari Amerika.

Perangkat lunak cPanel ini dirancang dengan antarmuka yang sederhana serta dirancang dengan menyederhanakan proses hosting sehingga mudah digunakan oleh Anda sebagai end user (pengguna akhir).

Ketika kita mendengar istilah cPanel, mungkin Anda pernah mendengar WHM yang memiliki fungsi kurang lebih sama. Namun keduanya tetap berbeda, perbedaan yang sangat terlihat adalah dalam menyediakan kemampuan.

WHM dan cPanel selalu beriringan, karena memang cPanel dan WHM keduanya merupakan satu kesatuan. Bisa dibilang cPanel berjalan di bawah manajemen dari WHM. Jadi dalam satu WHM biasanya terdapat beberapa akun cPanel.

Oh iya! Perlu Anda ketahui bahwa di dunia website developer saat ini ada control panel lain yang tidak kalah populer selain cPanel. Control panel tersebut adalah Plesk, kedua control panel ini memiliki fungsi yang sama yaitu mengelola website.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, tapi Anda bisa melihat jelas perbedaannya jika Anda pernah menggunakan keduanya. Lebih detail tentang perbedaanya, Anda mungkin bisa mengunjungi artikel tentang perbedaan plesk dan cPanel berikut. 

Fungsi dari cPanel

Secara umum tadi sudah dibahas sedikit tentang fungsi cPanel yaitu sebagai halaman kontrol untuk mengatur dan mengelola elemen di web hosting. Tapi secara detail di bawah ini adalah fungsi lain dari cPanel tersebut.

  • cPanel berfungsi sebagai tools untuk instal CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal dan CMS yang lainnya.

  • Upload file ke server secara langsung.

  • cPanel juga dapat membantu Anda dalam mengelola akun FTP ketika akan upload file melalui akses FTP.

  • cPanel berfungsi untuk tools dalam membuat serta mengelola database untuk website.

  • cPanel juga bisa digunakan untuk mencari tahu masalah yang muncul di website Anda.

  • Digunakan untuk  melakukan backup website.

  • Setting konfigurasi PHP.

Lebih lengkapnya bisa cek di pembahasan khusus tentang cpanel dan kegunaannya yang ada di blog Exabytes.

Cara Login ke cPanel & WHM

Jika Anda membeli hosting di Exabytes maka Anda akan diminta untuk membuat akun di Exabytes dan akun tersebut disebut sebagai billing area Exabytes atau area pelanggan.

Di billing area tersebut Anda bisa dengan mudah mengakses semua layanan yang Anda beli di Exabytes.Selain bisa mengakses layanan, Anda juga bisa mengakses cPanel hosting.

Tidak hanya itu Anda juga biasanya akan mendapatkan email pemberitahuan tentang detail akun cPanel.

Cara Login ke cPanel via Billing Area Exabytes

Jika Anda login ke cPanel dengan menggunakan billing area Exabytes, maka Anda tidak perlu memasukan username dan password. Detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Sekarang saatnya kita login ke cpanel, caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1, login ke akun Exabytes Indonesia.

login ke akun Exabytes Indonesia.
Halaman login Exabytes Indonesia

Jika Anda belum memiliki akun Exabytes, silahkan Anda buat dengan cara mendaftar akun Exabytes terlebih dahulu.

Langkah 2: Di halaman billing area terdapat beragam layanan dan domain yang Anda beli dan berlangganan di Exabytes. Misal klik EBiz Plus v7.

Di halaman billing area terdapat beragam layanan dan domain yang Anda beli dan berlangganan di Exabytes. Misal klik EBiz Plus v7.
Contoh layanan yang telah berlangganan

Langkah 3: Selanjutnya Anda tinggal klik Login di cPanel.

Selanjutnya Anda tinggal klik Login di cPanel.

Selesai Anda telah berhasil masuk ke halaman cPanel.

Langkah-langkah di atas sama dengan cara login cpanel wordpress, dengan catatan jika Anda menggunakan cPanel untuk control panel hosting Anda. Namun, jika Anda menggunakan Plesk maka ada sedikit perbedaan tapi secara umum untuk Plesk juga sama dengan cara diatas.

Cara Login cPanel Jika Domain Belum Mengarah ke Hosting Exabytes

Cara kedua ini bisa Anda aplikasikan ketika Anda membeli hosting di penyedia hosting yang berbeda dengan Anda membeli domain atau sering disebut domain transfer atau hanya order hosting saja.

Biasanya untuk akses cPanel bisa melalui domain Anda misal www.domain-Anda.com/cpanel. Namun jika kondisinya Anda menggunakan transfer domain, maka terlebih dahulu domain Anda harus dihubungkan ke hosting menggunakan nameserver yang sudah diberikan di email sebelumnya.

Tapi membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk domain tersebut terhubung dengan hosting. Tidak perlu khawatir,ada cara lain yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif.

Caranya adalah dengan menggunakan alamat : http://IPAddress/cpanel atau http://IPAddress:2082. Bagaimana mencari tahu IP Address dari hosting yang digunakan? Berikut langkah-langkahnya

Langkah 1: Login ke akun Exabytes Indonesia.

Login ke akun Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Klik salah satu produk/layanan yang Anda gunakan, misal WP 12 Beginner.

Klik salah satu produk/layanan yang Anda gunakan
Klik salah satu produk/layanan yang Anda gunakan

Langkah 3: Scroll ke bawah dan cari informasi hosting, disana terdapat informasi tentang hosting yang Anda gunakan secara lengkap dari mulai name server dan IP Address.

Scroll ke bawah dan cari informasi hosting, disana terdapat informasi tentang hosting yang Anda gunakan secara lengkap dari mulai name server dan IP Address.
Informasi Hosting

Bagaimana mudah bukan?

Cara Login ke WHM

WHM atau kepanjangan dari Web Host Manager yang memiliki fungsi sebagai halaman back-end dari cPanel. Di WHM ini Anda bisa membuat beberapa cPanel baru. Intinya Anda bisa masuk ke semua cPanel yang berada dalam satu server.

Bagaimana cara login WHM? Berikut cara selengkapnya:

Langkah 1: Ketik di browser alamat server di https://domain-Anda:2087 atau https://IPAddressserver:2087.

Langkah 2: Jika telah berhasil nanti akan muncul halaman login dan di halaman tersebut isi username dan password.

cara login ke WHM

Berhasil, Anda sekarang bisa mengelola cPanel lainnya di halaman WHM tersebut.

Catatan: Username dan Password untuk WHM maupun cPanel akan kami kirimkan melalui email jika Anda membeli layanan apapun seperti domain Indonesia maupun cPanel hosting dari Exabytes Indonesia.

Alasan menggunakan hosting Exabytes salah satunya adalah dilengkapi dengan backup harian pada file web Anda, di server yang sangat cepat.

Jangan Lupa Logout dari Halaman cPanel

Setelah Anda login ke halaman cPanel jangan lupa untuk segera logout, karena dengan Anda log out itu berarti Anda telah memberitahu server kalo sesi Anda telah selesai. Jika Anda tidak keluar, biasanya server akan logout secara otomatis setelah periode waktu tertentu.

Ketika Anda tidak segera logout dari cPanel, kemungkinan kecil akan ada penyerang yang menyusup masuk ke halaman cPanel sebelum logout otomatis terjadi. Maka dari itu, sesegera mungkin untuk logout setelah masuk ke cPanel saat Anda telah selesai menggunakannya.

Caranya cukup gampang yaitu dengan klik tombol logout yang berada di atas tepat di menu profil nama akun Anda.

Logout dari Halaman cPanel

Kini Anda Sudah Siap Memaksimalkan Fungsi cPanel

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara login cPanel? Dengan mengetahu cara login cPanel, Anda bisa melakukan pengamanan pada website Anda. cPanel juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan dan juga mengakses database.

Di cPanel juga ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan fungsi cPanel dan Anda bisa melakukan berbagai pengaturan untuk disesuaikan dengan website Anda.

Dari banyaknya fitur yang ditawarkan cPanel bagi Anda sebagai penggunanya, mungkin ada beberapa tools yang tidak sering digunakan seperti fitur tool database dan error log server. Mungkin karena kedua fitur tersebut berhubungan dengan hal teknis di mana Anda bisa meminta bantuan technical support layanan penyedia cPanel hosting Anda.

Semoga artikel kali ini bisa menjawab persoalan Anda tentang cara login cpanel. Jika ada hal lain yang perlu ditanyakan terkait produk layanan hosting Indonesia dan domain Indonesia yang kami tawarkan, bisa menghubungi customer service kami.

Dan jika Anda mengalami kesulitan login ke akun cPanel Anda, jangan sungkan untuk meminta bantuan technical support kami.

Good luck!

Leave your vote

631 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *