Bun, Jangan Dulu Berikan Kue Lebaran Ini untuk Bayi di Bawah 1 Tahun!

by -1 views
bun,-jangan-dulu-berikan-kue-lebaran-ini-untuk-bayi-di-bawah-1-tahun!

Di hari Lebaran, berbagai kue kering banyak tersaji di rumah-rumah sebagai hidangan untuk menjamu tamu. Rasanya yang manis dan bentuknya yang menarik tidak jarang membuat bayi ikut penasaran dan ingin mencobanya. Parents mungkin bertanya-tanya apakah aman konsumsi kue lebaran untuk bayi?

Anak usia 6 bulan ke atas memang sudah mulai mengenal asupan makanan selain ASI. Namun jika buah hati Anda masih berusia di bawah 1 tahun, tidak semua tekstur dan bahan olahan pembuat kue kering tersebut aman untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait: Nyamm .. Enaknya – Bayi Makan Kue Coklat Untuk Pertama Kalinya

Kue Lebaran yang Sebaiknya Dihindari Bayi
Berikut 4 kue hidangan Lebaran yang sebaiknya Anda hindari dari jangkauan bayi di bawah 1 tahun:
1. Putri Salju

Sumber: YouTube Dapur Dina

Kue berbentuk bulan sabit dengan taburan gula putih halus di atasnya ini hampir ada di setiap Hari Raya Idulfitri. Penampilannya yang cantik ini bisa saja mencuri perhatian bayi Anda. Namun Parents, kue dengan tekstur renyah dan rasa yang manis ini belum waktunya untuk dikonsumsi anak di bawah 1 tahun. 

Kandungan gula yang tinggi menjadi alasan Anda sebaiknya menjauhkan kue ini dari bayi. Taburan gula putih halus yang melimpah ini  juga berpotensi membuat si kecil tersedak jika mengonsumsinya.

2. Biji Ketapang

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Kue yang satu ini merupakan kue Lebaran khas Betawi. Bahan utamanya yakni tepung terigu dan santan. Jika biasanya pembuatan kue kering dilakukan dengan cara dipanggang, kue yang satu ini dibuat dengan cara digoreng. 

Tekstur kue ini memang garing dan renyah jika dikonsumsi oleh orang dewasa. Rasanya yang gurih dan manis juga membuatnya semakin nikmat untuk dijadikan cemilan. Namun untuk bayi di bawah 1 tahun, tekstur ini masih belum bisa dicerna dengan baik dan berpotensi untuk tersedak. Jadi untuk menhindari risiko tersebut, sebaiknya Anda tidak memberikan kue ini untuk bayi Anda.

3. Nastar

Sumber: The Jakarta Post

Berbentuk bulat dengan isian selai nanas itulah kue nastar. Bak primadona, kue ini hampir selalu ada pada setiap rumah sebagai sajian lebaran. Teksturnya yang lembut dan kombinasi rasa manis dan asam dari nanas membuat kue yang satu ini tidak membosankan untuk dimakan.

Kue ini juga menjadi favorit semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Tetapi, apakah boleh bayi di bawah 1 tahun mengonsumsinya? Jawabannya adalah tidak.

Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki potensi alergi. Dia dapat meningkatkan refluks sehingga menyebabkan ruam di kulit apabila dikonsumsi terlalu banyak. Jadi sebaiknya, Anda menjauhkan kue ini dari jangkauan buah hati Anda untuk menghindari risiko yang bisa ditimbulkan karenanya.

4. Kacang dan Olahannya

Kacang, baik dalam bentuk utuh ataupun olahannya seperti kue kacang sebaiknya tidak Anda berikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun. Kacang telur ataupun kacang goreng biasa berukuran kecil dengan tekstur yang keras sehingga berpotensi membuat bayi tersedak jika memakannya. 

Kacang juga biasa disajikan menjadi olahan kue kering yang biasa disebut dengan kue kacang. Meskipun teksturnya cenderung lembut jika dibandingkan dengan kacang utuh, kue ini juga belum waktunya dikonsumsi oleh bayi. Alasannya adalah karena kacang berpotensi menjadi pemicu alergi bagi anak. Untuk menghindari risiko tersedak ataupun alergi pada buah hati Anda, sebaiknya Parents menunda untuk memberikan makanan gurih yang satu ini untuknya.

Artikel Terkait: Lebih Sehat! Ini Resep Kue Ulang Tahun Bebas Gula untuk Anak

Itulah Parents beberapa kue Lebaran yang sebaiknya tidak Anda berikan untuk bayi di bawah 1 tahun. Selain itu, perlu diketahui bahwa 1 buah kue mengandung sekitar 25-50 kalori. Sedangkan kebutuhan kalori batita berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) hanya berkisar 750-1125 kalori per harinya. Jadi bisa dibayangkan ya, Bun cukup besar kalori kue ini, apalagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak.

Jika bayi Bunda sudah berusia di atas 1 tahun dan bisa mengonsumsi tekstur yang lebih padat, tetap bijak dan waspada dalam memberikan porsi konsumsi kue kering ini ya Bun. Kandungan tepung dan gula yang tinggi harus tetap dibatasi dari konsumsi anak. Jangan sampai momen Hari Raya ini justru membawa risiko pada kesehatan buah hati Anda di masa mendatang.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published.