Bukittinggi Masih Macet, Kendati Telah Manfaatkan Sekolah dan Kantor, Parkir Tetap Penuh | Ɍ™

by -5 views
bukittinggi-masih-macet,-kendati-telah-manfaatkan-sekolah-dan-kantor,-parkir-tetap-penuh-|-Ɍ

Bukittinggi — Lebaran sudah dua pekan berlalu, namun suasana kota Bukittinggi masih ramai. Sejumlah ruas jalan masih kelihatan sempat macet, dan tempat-tempat parkir pun masih melimpah.

Suasana tersebut masih kelihatan sampai Minggu (15/5) ini. Walau lebaran sudah berlalu dua pekan, namun Bukittinggi masih menjadi tempat tujuan kunjungan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Drs.Martias Wanto.MM yang ditemui di rumah dinas Jl.Dr.A.Rivai mengakui, Bukittinggi masih ramai dan padat sampai Minggu ini dan diperkirakan berakhir besok .

Menurut Martias, selain setelah dua tahun para perantau tidak pulang kampung dan lebaran pun dibatasi Covid 19, cukup lamanya arus pengunjung yang datang ke Bukittinggi disebabkan banyak sekolah yang baru mulai Selasa (17/5) lusa.

Yang juga cukup menjadi penyebab, tambah Sekdako, sekarang juga hari libur jatuh pada hari Senin besok, sehingga pengunjung dari beberapa daerah tetangga yang belum sempat datang ke Bukittinggi, memanfaatkan libur kerja tiga hari ini.

“Dengan kondisi dan kesempatan itulah pengunjung yang datang ke Bukittinggi khususnya pada lebaran Idul Fitri tahun ini betlangsung cukup panjang,” ulas Martias.

Akibat dari masih membludaknya pengunjung ke Bukittinggi, sampai Minggu ini masih terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Apalagi akibat penuhnya tempat-tempat parkir, sebagian pengunjung terpaksa memarkirkan kendaraan mereka di pinggir jalan.

Bahkan di sejumlah ruas jalan kelihatan kendaraan parkir pada kedua sisi pinggir jalan, sehingga arus lalulintas menjadi tersendat.

Kondisi itu diakui Sekda sebetulnya sudah diprediksi akan terjadi. Langkah antisipasi pun telah dilakukan, seperti merekayasa arus lalulintas dan memanfaatkan sekolah dan kantor untuk parkir.

“Kenyataannya memang jumlah pengunjung dan kendaraan yang datang ke Bukittinggi melebihi dari kapasitas tampung jalan dan parkir yang sudah disediakan,” aku Sekdako.(Pon)

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.