Bukit Sipandu Via Jalur Pawuhan

by -36 views
bukit-sipandu-via-jalur-pawuhan

Bukit Sipandu adalah salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng, berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara. Puncaknya berada pada ketinggian 2.241 mdpl. 

Salah satu di antara banyak rute resmi ke puncak Bukit Sipandu adalah Jalur Pawuhan. Base camp Jalur Pawuhan bernama Green Forest. Letaknya di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. 

Akses menuju base camp sangat mudah. Ada transportasi umum jurusan Wonosobo-Batur yang melewati jalan menuju Pawuhan. Dari Wonosobo ke Pawuhan, biaya transportasi berada pada kisaran Rp15.000-20.000. Untuk ke base camp dari jalan besar, pendaki hanya perlu jalan kaki sekitar 100 m.

Biaya pendakian menuju Bukit Sipandu via Jalur Pawuhan adalah Rp10.000. Parkir sepeda motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.

Ada dua pos yang mesti dilewati untuk menuju puncak dari Green Forest, yakni Pos 1 (Ngkosong/Alang-alang Abang) dan Pos 2 (Savana).

Base Camp Bukit Sipandu-Pos 1 Ngkosong Perjalanan dari base camp menuju Pos 1 Ngkosong kurang lebih 15-20 menit. Selain perkebunan warga, pendaki akan melewati instalasi geotermal Geodipa Energi Dieng yang cukup luas. Ada pula ruas jalur menyerupai terowongan yang kanan-kirinya diapit tebing yang cukup tinggi.

Pos 2 Savana, Bukit Sipandu/Tri Umami Pos 1 Ngkosong-Pos 2 Savana Waktu yang diperlukan untuk menuju Pos 2 sekitar 5-10 menit. Jalur yang dilewati berupa tanah cukup datar dan dikelilingi perkebunan warga. Sepanjang jalur kita akan menjumpai sepeda motor warga lokal yang biasa membawa hasil perkebunan seperti kentang, sayur kol, dan lainnya.

Memandangi perkebunan dan permukiman dari dekat puncak/Tri Umami Pos 2 Savana-Puncak Bukit Sipandu Perlu waktu kurang lebih 5-10 menit untuk mencapai puncak, hanya melewati satu jalur menanjak. Dari puncak, leluasa sekali melihat Gunung Prau, Gunung Sindoro, serta Dalan Anyar Batang. Selain pemandangan bukit dan pegunungan, akan tampak pula hamparan ilalang di sekitar puncak.

Puncak Bukit Sipandu/Tri Umami Dari base camp ke puncak Bukit Sipandu lewat Jalur Pawuhan perlu waktu sekitar 30-40 menit. Tak lama, bukan? Bukit ini bisa jadi tujuan alternatif saat mampir ke kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Jika tertarik untuk mendaki Sipandu lewat Jalur Pawuhan, silakan kontak narahubung base camp lewat nomor 0896-6577-0637 atau 0896-3190-3442.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *