32.8 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

Bruce Willis Sakit Aphasia, Resmi Mundur dari Dunia Akting

Bruce Willis Sakit Aphasia, Resmi Mundur dari Dunia Akting

Kabar menyedihkan datang dari aktor Hollywood ternama, Bruce Willis yang harus berhenti dari dunia akting. Bukan tanpa alasan, pria berusia 67 tahun itu memutuskan berhenti dari karier yang sudah membesarkan namanya. Bruce Willis sakit Aphasia atau gangguan kognitif langka.

Melalui pernyataan resmi yang dibagikan keluarga pada hari Rabu (30/3/2022), aktor Hollywood yang sudah membintangi sejumlah film populer ini menyatakan secara resmi dirinya akan berhenti dari dunia akting. Hal ini dilakukan demi kesehatannya yang sedang berjuang melawan penyakit.

Lantas, bagaimana kondisi terkini Bruce Willis dan apa itu penyakit Aphasia yang dideritanya? Melansir dari berbagai sumber, berikut akan kami rangkumkan informasi selengkapnya.

Bruce Willis Sakit Aphasia

Sumber: Instagram/demimoore

Pihak keluarga Bruce Willis secara resmi memberikan pernyataan terkait pengunduran diri Bruce dari dunia hiburan yang sudah membesarkan namanya. Hal ini disampaikan oleh mantan istri Bruce, Demi Moore melalui unggahan terbarunya di Instagram.

“Kepada para pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai sebuah keluarga, kami ingin menyampaikan bahwa Bruce tercinta telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita Aphasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya. Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce mundur dari karier yang sangat berarti baginya,” tulisa Demi Moore dalam keterangannya.

Kondisi Bruce Willis sakit Aphasia rupanya memengaruhi kemampuan kognitifnya. Hal tersebut kemudian membuat aktor asal Amerika itu harus menghentikan semua kegiatannya di dunia akting.

Melansir dari ABC News, Ilmuwan Biomedis Zac Turner menyebutkan bahwa kondisi seperti ini biasanya terjadi pada usia tua. Di mana Bruce sendiri saat ini sudah memasuki usia lanjut yakni 67 tahun.

Artikel terkait: Maia Estianty Idap GERD, Harus Dilarikan ke Rumah Sakit

Tidak Diberitahu Sejak Kapan dan Apa Penyebabnya

Sumber: Instagram/demimoore

Dalam keterangan yang dibagikan Demi kemarin, ia tidak menceritakan lebih lanjut terkait kondisi kesehatan Bruce. Tidak ada informasi sejak kapan Bruce telah mengidap Aphasia dan apa penyebab yang melatarbelakanginya.

Disebutkan oleh Dr. Rapp dalam ABC News, “(Kondisi) ini sangat mengganggu Bruce Willis sendiri dalam hal berkomunikasi dengan orang lain dan tidak dapat menemukan kata-kata dalam mengekspresikan dirinya.”

Kendati begitu, Demi dan segenap keluarga besar sangat menghargai segala bentuk cinta dan dukungan para penggemar untuk Bruce Willis. Itulah mengapa keluarga memberikan kabar ini kepada seluruh penggemar Bruce yang begitu menantikan dan selalu mendukung kariernya.

“Kami tahu betapa berartinya dia (Bruce) bagi Anda. Seperti yang selalu dikatakan Bruce, “Hiduplah” dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu,” tutup Demi Moore.

Artikel terkait: 7 Artis Bollywood Sakit Kanker, Ada yang Meninggal di Puncak Ketenarannya!

Mengenal Aphasia yang Diderita Bruce Willis

Dari informasi terkait Bruce Willis sakit Aphasia di atas, mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui terkait penyakit gangguan kognitif langka tersebut.

Melansir dari Mayo Clinic, Aphasia adalah suatu kondisi yang membuat kemampuan berkomunikasi Anda terganggu. Kondisi ini bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk berbicara, menulis, dan memahami bahasa, baik lisan mau pun tulisan.

Kendati memengaruhi proses berkomunikasi seseorang, namun disebutkan bahwa penyakit ini tidak memengaruhi kecerdasan seseorang.

Lebih lanjut, National Aphasia Association menyebutkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh cedera otak seperti stroke atau trauma kepala, afasia progresif primer (PPA), serta kerusakan jaringan otak. Namun sebagian penderitanya mengalami Aphasia karena adanya cedera otak.

Setiap penderitanya bisa mengalami bentuk keparahan yang berbeda dan akan memengaruhi segala bentuk komunikasi seperti ucapan, pemahaman, penulisan, dan membaca secara berbeda.

Kendati begitu, mereka yang mengidap Aphasia tidak akan kehilangan kecerdasan seperti ide, pemikiran, dan pengetahuan mereka yang ada di kepala. Hanya saja mereka tidak bisa mengkomunikasikan pemikiran tersebut dengan baik dan benar.

Artikel terkait: Hemofilia Hingga Kanker, 7 Artis Korea Ini Telah Sembuh dari Sakit Keras

Gejala Orang dengan Aphasia

Disebutkan dalam situs Mayo Clinic, gejala atau tanda dari seseorang yang mengidap Aphasia biasanya ditandai dengan stroke atau pun tumor otak.

Berikut beberapa tanda lain yang bisa Anda ketahui dari penyakit Aphasia:

Berbicara dalam kalimat pendek atau tidak lengkap
Bicara dengan kalimat yang tidak masuk akal
Mengganti satu kata dengan yang lain atau satu suara dengan yang lain
Mengucapkan kata-kata yang tidak dapat dikenali
Tidak mengerti pembicaraan orang lain
Menulis kalimat yang tidak masuk akal

Menjadi salah satu penyakit yang cukup serius dan perlu segera ditangani, Anda harus segera memeriksakan ke dokter ketika mendapati beberapa tanda di atas. Terlebih ketika Anda mengalami beberapa perubahan kondisi yang kian memburuk seperti berikut ini:

Kesulitan berbicara
Mengalami kesulitan untuk memahami ucapan
Kesulitan untuk mengingat kata
Masalah dengan membaca atau menulis

Tanda di atas perlu Anda waspadai dan segera memeriksanya ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat. Umumnya, penanganan penderita Aphasia dilakukan dengan terapi wicara dan bahasa yang akan membantu penderita untuk terus mengembangkan kemampuan berkomunikasi mereka.

Itulah informasi terkait Bruce Willis sakit Aphasia hingga harus mundur dari dunia akting. Semoga kesehatannya segera pulih dan kita bisa menyaksikan karyanya di layar lebar.

Potret Keluarga Bruce Willis Saat Liburan Natal

Totalitas, Intip Transformasi 10 Aktris Hollywood Paling Ekstrem dalam Film

Penelitian: Mengonsumsi jus ceri selama 12 minggu dapat tingkatkan kemampuan kognitif

The post Bruce Willis Sakit Aphasia, Resmi Mundur dari Dunia Akting appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles