Bikin Nangis, Berikut Deretan Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

by -8 views
bikin-nangis,-berikut-deretan-film-korea-yang-diangkat-dari-kisah-nyata

Selain drama Korea, film Korea juga tidak kalah bagusnya dari film Hollywood. Genre yang disuguhkan pun begitu beragam mulai dari kisah bahagia hingga kisah yang menguras air mata. Dari sekian banyak cerita, film Korea yang diangkat dari kisah nyata banyak digemari, hal ini dikarenakan kisah ini bukan buatan belaka melainkan pernah dialami oleh orang lain. Nah, berikut ini ada beberapa deretan film Korea yang diangkat dari kisah nyata yang wajib kamu tonton

1. Silenced (2011)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Dogani atau yang dikenal dengan Silenced, film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Gong Ji Young. Film ini mengangkat kisah nyata tentang peristiwa di Gwangju Inhwa School yang merupakan sekolah untuk siswa tuna rungu, dimana siswanya menjadi korban kekerasan seksual yang berulang hampir selama 5 tahun lamanya diawal tahun 2000-an.

Diceritakan Kang In Ho adalah guru seni yang baru diangkat di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah untuk anak-anak tuna rungu. Dia bersemangat untuk mengajar siswa barunya, namun anak-anak tersebut memilih untuk menyendiri dan menjauh, mereka berusaha menghindari atau bertemu dengannya sebanyak mungkin.

Ketika anak-anak akhirnya terbuka, In Ho menghadapi kebenaran yang mengejutkan. Dimana sekolah tersebut ternyata melakukan pelecehan terhadap para siswanya secara rahasia. In Ho dibantu dengan Seo Yoo Jin selaku karyawan di Pusat Hak Asasi Manusia Mujin berusaha melaporkan kejadian ini, namun hal ini tidak mudah karena banyak publik yang tidak percaya belum lagi adanya penyuapan yang merugikan korban.

Mirisnya lagi para pelaku hanya diberi hukuman yang ringan, bahkan ada yang diperkerjakan kembali setelah lolos dari hukum.

2. Hope (2013)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via mydramalist.com

Film Korea satu ini bakalan membuatmu tak berhenti mengeluarkan air mata. Film Hope ini diangkat dari kisah nyata dalam Kasus Mayoung yang terjadi pada tahun 2008, dimana seorang gadis berusia 8 tahun bernama Na Young telah diperkosa dan disiksa oleh seorang laki-laki berusia 57 tahun di sebuah toilet umum.

Namun sayangnya, pengadilan justru hanya menghukumnya 12 tahun penjara saja yang berujung kemarahan publik karena ini tergolong peristiwa kejahatan dan kekerasan seksual yang tak terampuni.

Diceritakan di jalan menuju sekolah, seorang gadis bernama So Won menerima pelecehan seksual oleh pria. Akibatnya ia menderita beberapa luka dan harus menjalani operasi besar, namun luka emosionalnya sangat sulit sembuh. Orang tuanya pun merasa sangat terpukul melihat kondisi anak mereka.

Akibat trauma yang di alami So Won, ia menolak untuk bertemu atau berbicara dengan pria bahkan ayahnya sendiri. Demi dapat melihat sang anak, ayah So Won pun menyewa sebuah kostum karakter kartun favorit putrinya.

Hari-hari pun berlalu, kondisi So Won kian membaik hal ini juga berkat kasih sayang orang-orang disekelilingnya. So Won pun diperbolehkan untuk pulang. Bersama orang tuanya mereka kembali menata hidupnya dan mencoba untuk menemukan harapan ditengah-tengah kesedihan dan keputusasaan.

3. Another Family (2013)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Film Korea selanjutnya yang diangkat dari kisah nyata yaitu Another Family yang tayang pada 2013. Film ini didasarkan pada kisah nyata tentang Hwang Yoon Mi yang meninggal karena leukimia ketika bekerja di pabrik semikonduktor.

Diceritakan, Sang Gu adalah seorang ayah yang bekerja sebagai supir taksi. Ia merasa bangga terhadap anak perempuannya yang bekerja di sebuah pabrik untuk perusahaan besar. Tapi ia juga merasa kasihan pada Yoon Mi, akibat dari kondisi ekonomi mereka yang buruk, Yoon Mi tidak bisa berkuliah.

Yoon Mi pernah berkata pada ayahnya, suatu hari nanti ia akan memberikan ayahnya mobil baru dan membiayai kuliah adik-adiknya. Namun sayangnya kurang dari 2 tahun bekerja, Yoon Mi jatuh sakit dan harus pulang ke rumah.

Seharusnya Yoon Mi mendapatkan perawatan, tapi dari pihak perusahaan tidak memberikan perawatan yang layak dan pada akhirnya Yoon Mi meninggal. Sang Gu pun berjanji pada Yoon Mi akan menceritakan kisahnya pada banyak orang.

4. Way Back Home (2013)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via mydramalist.com

Film ini berdasarkan pada kisah nyata seorang ibu rumah tangga Korea biasa yang dipenjara di Martinik selama 2 tahun setelah dituduh melakukan penyelundupan narkoba di bandara Paris.

Way Back Home ini menceritakan tentang seorang ibu rumah tangga bernama Song Jeong Yeon yang hidup bahagia bersama suaminya bernama Jong Bae dan anak mereka Hye Rin.

Pada suatu hari teman Jong Bae bunuh diri dan meninggalkan banyak hutang atas nama Jong Bae. Akibatnya rumah serta usaha mereka disita, mereka juga terpaksa menjalani hidup tanpa uang.

Dalam keadaan terdesak, Jong Bae menerima pekerjaan dari temannya, Seo Mundo untuk membawa perhiasan dari Guyana ke Prancis. Karena sangat membutuhkan uang, ia terpaksa mengambil pekerjaan tersebut, tetapi ia mengetahui jika pekerjaan itu hanya untuk seorang wanita. Pada akhirnya Jeong Yeon lah yang mengambil pekerjaan itu dan ia naik pesawat ke Paris.

Sesampainya di bandara Paris, Jeong Yeon ditangkap dan ia mengetahui jika ia ditangkap karena mengangkut kokain dalam jumlah besar ke negara itu. Perjuangannya yang mengerikan ini pun dimulai untuk menemukan jalan pulang.

5. Han Gong-ju (2013)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Film ini berdasarkan kisah nyata pemerkosaan Geng Miryang yang terjadi di SMA Korea Selatan pada tahun 2004 yang menelan korban sebanyak 41 siswa selama 11 bulan. Han Gong Ju adalah salah satu korbannya yang saat itu masih berusia 14 tahun.

Han Gong Ju adalah seorang siswi SMA yang tiba-tiba dipaksa pindah oleh pihak sekolah. Tidak tahu apa kesalahannya, Gong Ju dikejar oleh pihak kepolisian dan diminta untuk bersaksi. Ia tidak tahu apa yang terjadi, lebih tepatnya ia tidak mau mengingat apa yang sudah terjadi.

Kemudian gurunya bernama Lee Nando berbaik hati dan meminta Gong Ju untuk tinggal di rumah ibunya yang jauh dari Seoul. Disana ia harus beradaptasi dengan lingungan dan sekolah barunya. Pada suatu hari ia bertemu dengan Eun Hee dan mereka pun menjadi dekat. Gong Ju pun mulai teringat dengan kejadian kelam yang terjadi di masa lalu. Saat itu, ia memiliki sahabat bernama Hwa Ok, ia sempat diajak mabuk oleh siswa SMA dari sekolah lainnya. Namun tak lama kemudian, ia mendapati dirinya tidak sadarkan diri, ketika terbangun ia melihat Hwa Ok diperkosa oleh banyak laki-laki dan ia juga menjadi korban.

Akibat dari trauma Gong Ju tidak dapat memberi kesaksian dan inilah yang membuat dirinya dikejar oleh orang tua dari siswa SMA yang telah memperkosanya. Selain itu Gong Ju melihat Hwa Ok bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya ke sungai.

6. The Himalayas (2015)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Filim garapan sutradara Lee Suk Hoon ini diangkat dari kisah nyata Um Hong Gil, seorang pendaki Pegunungan Himalaya asal Korea Selatan.

Ceritanya bermula saat Um Hong Gil mendaki gunung Kangchenjunga. Dalam petualangannya itu, Hong Gil menyelamatkan dua nyawa pendaki bernama Park Moo Taek dan Park Jeong Bok. Setelah kejadian ini, Hong Gil berpesan kepada mereka agar tidak mendaki gunung lagi.

Beberapa hari kemudian, Hong Gil bersama tim ekspedisinya mendapatkan sebuah proyek. Namun mereka memerlukan anggota baru dan salah satu kru Hong Gil memperkenalkan dua pendaki pemula. Ternyata pendaki pemula tersebut adalah Moo Taek dan Jeong Bok.

Awalnya mereka berdua tidak diizinkan Hong Gil ikut dalam proyek tersebut, namun karena mereka bersikukuh dan tidak ada pilihan lainnya Hong Gil pun mengizinkan mereka bergabung.

Setelah pendakian pertama, Hong Gil dan Moo Taek menjadi teman dekat dan sering menaklukkan gunung bersama. Pada suatu hari Hong Gil tidak mampu mendaki lagi karena cedera kaki. Moon Taek pun akhirnya menggantikan Hong Gil sebagai kepala tim. Naas, ketika mendaki gunung Everst Moo Taek terluka dan meninggal dalam ekspedisi.

Hong Gil yang mendengar kabar itu segera mengumpulkan tim untuk berangkat mencari tubuh Moo Taek.

7. A Taxi Driver (2017)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Film ini dirilis pada 2 Agustus 2017 dan film ini terpilih menjadi perwakilan Korea Selatan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-90. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dan berpusat pada seorang supir taksi dari Seoul yang secara tidak sengaja terlibat dalam peristiwa Pemberontakan Gwangju pada tahun 1980.

Film ini didasarkan pada interaksi wartawan Jerman Jürgen Hinzpeter dengan pengemudi Kim Sa Bok. Namun karena identitas dan nama asli Kim tidak diketahui pada saat film dibuat, sebagian besar elemen mengenai hidupnya dan peristiwa yang terjadi padanya di luar Gwangju adalah karangan semata.

Berawal dari seorang pria bernaa Man Seob yang merupakan ayah tunggal sedang berjuang mencari biaya hidup dengan bekerja sebagai supir taxi dari Seoul. Pada suatu hari, ia memberikan tumpangan pada pria asing asal Jerman bernama Peter yang merupakan seorang reporter untuk meliput aksi protes.

Dalam perjalanan menuju Gwangju, mereka berdua diblokade dan sambungan telepon terputus. Saat itu aksi protes masyarakat dibungkam dengan sadis dan wartawan tidak dibolehkan untuk memberitakan apapun yang terjadi.

8. New Trial (2017)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via mydramalist.com

Dibintangi oleh Jung Woo dan Kang Ha Neul, film ini didasarkan pada kasus pembunuhan Iksan tahun 2000 dimana seorang remaja laki-laki dituduh melakukan pembunuhan seorang sopir taksi dan menghabiskan 10 tahun di penjara.

Film ini bercerita tentang seorang pria yang hidupnya dicuri ketika dia dituduh membunuh seorang sopir taksi yang kenyataannya tidak dilakukannya dan harus mengakui kejahatan itu ketika ia dilecehkan selama di interogasi polisi. Hari-hari berlalu ia pun harus mengorbankan masa muda dan sekolahnya hanya untuk mendekam di penjara.

10 tahun berlalu dan ia pun telah bebas dari penjara dan mencari bantuan dari seorang pengacara untuk membantu menguak kebenaran dan membersihkan nama baiknya atas kasus yang sama sekali tidak ia lakukan.

9. Birthday (2019)

Film Korea Yang diangkat Dari Kisah Nyata

photo via asianwiki.com

Film satu ini akan membuat perasaanmu ikut sedih, pasalnya film yang dirilis tahun 2019 ini terinspirasi dari tragedi kecelakaan kapal Sewol yang menewaskan ratusan orang yang kebanyakan siswa sekolah yang akan pergi berwisata. Kejadian yang terjadi pada tahun 2014 ini tidak hanya menewaskan banyak korban saja namun ada banyak kejanggalan yang terjadi. Seperti kurangnya inisiatif awak kapal untuk menolong para penumpang hingga kejanggalan lokasi kejadian.

Dalam Film Birthday yang ditayangkan pada tahun 2019, diceritakan jika anak dari pasangan Jung ll dan Song Nam menjadi salah satu korban dari Tragedi Sewol tahun 2014. Jung ll merasa bersalah karena dia tidak bersama keluarganya pada saat anak laki-lakinya meninggal. Sehingga mereka tidak berkomunikasi lagi sejak anak mereka meninggal.

Duka yang mereka alami berdampak pada perlakuan tidak adil Song Nam pada anak bungsunya yaitu Ye Sol yang masih terus memikirkan Su Ho. Pada suatu hari, Song Nam menghadiri upacara perayaan ulang tahun anaknya Su Ho untuk mengenangnya namun di tengah acara tiba-tiba ada puisi yang di kirim oleh seseorang yang tidak dikenal. Demi Ye Sol, Jung ll dan Song Nam harus mampu bertahan dan memperjuangkan hubungannya.

Itulah beberapa film Korea yang diangkat dari kisah nyata. Film-film diatas wajib banget kamu tonton dan jangan lupa siapkan tissu ya!

Leave your vote

712 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *