Bikin Merinding, Ini 6 Wisata Mistis di Banyuwangi

by -4 views
bikin-merinding,-ini-6-wisata-mistis-di-banyuwangi

Berlibur memang jadi salah satu cara untuk melepas penat setelah berminggu-minggu bekerja dan menghadapi rutinitas padat. Nah, salah satu destinasi wisata yang keindahan alam serta budayanya tak perlu diragukan ialah Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi penyuka horor, mungkin bisa dicoba menyambangi destinasi wisata mistis di Banyuwangi. 

Artikel Terkait: Pesona Taman Gandrung Terakota yang Dikaitkan Film KKN di Desa Penari

Daftar Wisata Mistis di Banyuwangi

Meskipun punya segudang panorama alam yang indah, tapi kepopuleran Banyuwangi sebagai salah satu kota mistis kian santer terdengar. Terlebih setelah viralnya thread di Twitter terkait cerita horor KKN Desa Penari yang disinyalir ada di Banyuwangi. 

Berikut ini daftar wisata mistis di Banyuwangi yang bisa dikunjungi jika Parents ingin menguji nyali saat liburan nanti. 

1. Rowo Bayu 

Wisata mistis di Banyuwangi yang pertama ialah Rowo Bayu. Ini merupakan lokasi bersejarah tempat terciptanya Kabupaten Banyuwangi yang terjadi pada 18 Desember 1771.

Selain itu, tempat wisata ini juga jadi area pertempuran saat para patih kerajaan dengan rakyat bersatu mengusir penjajah sehingga menimbulkan korban. Menurut penuturan warga sekitar, makhluk yang menunggui lokasi wisata tersebut dikenal dengan nama Nyai Resek. 

Nyai Resek merupakan perempuan yang dipercayai menunggu rawa tersebut. Nyai Resek digambarkan muncul dengan dikelilingi oleh beberapa prajurit dan perempuan lainnya. Maka tak heran jika Rowo Bayu jadi destinasi mistis di Banyuwangi. 

2. Alas Purwo salah satu Wisata Mistis di Banyuwangi yang Cukup Terkenal

Seperti namanya, Alas Purwo merupakan hutan dengan pepohonan lebat dan rimbun. Alas Purwo pun jadi salah satu taman nasional paling populer di Indonesia.

Salah satu penyebab Alas Purwo termasuk dalam daftar wisata mistis Banyuwangi ialah karena di dalamnya terdapat beberapa goa yang kerap digunakan untuk bersemedi atau mencari ilmu gaib. Selain itu, banyak cerita mistis yang dialami oleh sejumlah warga maupun pelancong yang melintasi Alas Purwo. 

Artikel Terkait: 7 Kuliner Banyuwangi yang Terkenal Lezat dan Wajib Dicoba

3. Pantai Boom

Pantai Boom dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki cerita mistis. Cerita mistis yang ada di Pantai Boom ialah terkait tragedi INKAI.

Dulu, Pantai Boom digunakan sebagai tempat berlatih para karateka sekaligus memperebutkan sabuk hitam. Namun, nahas, sebanyak 86 karateka yang sedang berlatih di pinggir pantai terseret ombak.

Sebanyak 26 di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Meskipun peristiwa itu terjadi pada tahun 1982, tapi aura mistisnya masih terasa.

Walaupun begitu, Pantai Boom adalah pantai dengan pemandangan terindah di Banyuwangi. Sehingga cocok dikunjungi wisatawan namun juga harus tetap waspada agar tak terseret ombaknya yang kencang. 

4. Keraton Macan Putih

Wisata mistis ini berlokasi di Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Keraton Macan Putih merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Blambangan.

Menurut sejumlah cerita rakyat, Keraton Macan Putih adalah tempat Prabu Tawang Alun menghilang dan meninggal dunia. Banyak yang menyebut bahwa Prabu keraton ini merupakan salah satu lokasi KKN di Desa Penari. 

5. Goa Istana Alas Purwo, Tempat Wisata Mistis di Banyuangi

Goa Istana Alas Purwo merupakan salah satu goa yang berlokasi di Alas Purwo, Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tempat ini dianggap sebagai wisata mistis karena Presiden Soekarno pernah bertapa di tempat tersebut. Selain itu, Goa Istana Alas Purwo juga dinilai sebagai lokasi pertemuan dengan  Nyi Roro Kidul si Ratu Pantai Selatan.  

Artikel Terkait: Cari tempat Liburan keluarga? Coba jelajahi 7 wisata alam di Banyuwangi ini

6. Watu Dodol 

Dulu, Watu Dodol merupakan sebuah bunker Jepang yang dijadikan sebagai lokasi mengintai kapal-kapal musuh yang melintas. Di dalamnya sangat gelap dan jika ditelusuri hingga ujung bunker Watu Dodol, maka akan tembus ke Alas Purwo yang sudah ditutup.

Selain itu, banyak masyarakat percaya bahwa sejumlah area di Watu Dodol ini berhubungan dengan dunia gaib, salah satunya Patung Gandrung yang disinyalir dapat bergerak dan menari-nari saat malam hari.

Tak hanya itu, di Watu Dodol juga ada sumur kecil yang dipercaya sebagai lokasi kelahiran Sunan Giri. Air sumur ini dipercaya merupakan tempatDi sekitar lokasi Watu Dodol juga ada bongkahan batu raksasa yang sulit dipindahkan. Bahkan, dulu, ada seorang dukun yang digantung hidup-hidup di area tersebut. 

Nah, itulah enam destinasi wisata mistis di Banyuwangi. Apakah Parents berkenan untuk mengunjunginya?

10 Wisata Horor di Indonesia untuk Uji Nyali, Berani Berkunjung?

Sejarah Panjang Lawang Sewu, Wisata Semarang Penuh Misteri

7 Tempat Wisata di Pangalengan, Viral Berkat Film Pengabdi Setan

Leave a Reply

Your email address will not be published.