Bikin Merinding! 6 Hewan Ini Masih Bisa Hidup Tanpa Kepala

by -2 views
bikin-merinding!-6-hewan-ini-masih-bisa-hidup-tanpa-kepala

Bicara soal kepala, mungkin Anda masih ingat pembicaraan atau pun pertanyaan, kenapa hukuman penggal itu lebih baik? Asumsinya adalah siapa pun itu akan langsung mati secara cepat jika kepalanya putus. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku bagi beberapa hewan ini. Pasalnya, jajaran hewan ini bahkan masih bisa hidup tanpa kepala, lo!

Benar, beberapa hewan ini diyakini punya kemampuan yang sangat tidak biasa. Ini dikarenakan sel-sel dalam tubuh hewan ini ternyata bisa beregenerasi secara cepat, juga punya sistem saraf utama yang ternyata tidak ada di kepala atau otak. Oleh karena itu, beberapa hewan ini tidak bisa mati seketika meski kepalanya terputus.

Penasaran kan, hewan apa saja yang punya kemampuan seperti ini? Melansir berbagai sumber, berikut daftar selengkapnya!

Artikel terkait : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Keledai dan Kuda

Daftar Hewan yang Masih Bisa Hidup Tanpa Kepala
1. Ayam

Bukan, ini bukan cerita horor hantu jeruk purut yang terkenal tanpa kepala. Namun, ini adalah hewan yang paling sering banget kita konsumsi nih, yaitu ayam. Siapa sangka ayam masuk urutan pertama sebagai hewan yang masih bisa hidup meskipun kepala telah terputus. 

Di tahun 1945 ada kisah seekor ayam yang mampu bertahan hidup selama 18 bulan meski kepalanya sudah terputus. Ayam ini dijuluki Mike the magic chicken. Meski awalnya dianggap trik atau tipuan, tetapi sejumlah peneliti di Universitas Utah Amerika Serikat menemukan jika kapak pemotong leher ayam itu tidak mengenai vena jugularis. 

Terbaru, di Thailand ada juga ayam yang bisa hidup sepekan tanpa kepala. Walaupun masih kalah rekor bertahannya dari si Mike, tetapi fakta ini membuktikan jika ayam adalah hewan yang mampu hidup meksipun tanpa kepala. 

2. Ular 

Reptil yang satu ini dikenal sebagai hewan yang bisa dikatakan pembunuh berdarah dingin, baik ular yang berbisa atau pun tidak. Namun, apakah Anda tahu, jika ternyata ular juga termasuk hewan yang masih bisa bertahan hidup meskipun kepalanya terputus dari tubuhnya?

Ya, buktinya ada kejadian ketika kepala ular tersebut putus, tetapi hewan ini masih bergerak dan melata. Bahkan, kepalanya juga masih bisa menggigit tubuhnya sendiri. 

3. Gurita

Sumber foto : Animal save moment

Ini adalah karakter hewan yang ada di film animasi Spongebob. Namun, ini juga hewan favorit bagi para pecinta kuliner di Asia. Gurita juga termasuk salah satu hewan yang masih bisa hidup meskipun tanpa kepala.

Hal ini dikarenakan, hewan tersebut tidak mengandalkan otak utamanya. Setiap tentakel justru dilengkapi saraf yang kompleks. Itulah sebabnya kenapa gurita masih bisa bergerak dan menggeliat meskipun sudah dipotong bagian kepalanya dan tubuhnya. 

Fakta unik, di Korea Selatan bahkan ada sajian gurita mentah yang telah dipotong-potong, tetapi tubuhnya masih bergerak. Menimbulkan sensasi yang berbeda ketika dimakan, lo.

4. Salamander 

Mereka tergolong sebagai hewan amfibi yang berasal dari ordo Urodela. Beberapa ada yang mengatakan hewan ini langka, tetapi di China juga dikonsumsi.

Hewan ini juga bisa hidup meski tanpa kepala. Ini karena salamander punya kemampuan regenerasi yang sangat cepat, bahkan dia bisa menumbuhkan bagian tubuhnya yang putus, termasuk bagian kepala. 

5. Kecoa

Ini adalah jenis yang masuk ordo serangga. Kecoa itu adalah serangga yang hidup dari zaman purba, bahkan penelitian menyebutkan dia tidak akan mati meskipun dijatuhi bom atom.  

Peredaran darah pada kecoa tidak terjadi cepat, jadinya saat kepala terputus dari tubuh, dia akan tetap hidup. Ini dikarenakan cairan tubuhnya masih banyak, jadi kecoa punya sistem backup di tubuh, bukan kepala.

Kecoa masih bertahan tanpa kepala, asal jangan pernah terlentang, karena rentan mati. Jadi kalau Anda mau bunuh kecoa sebaiknya injak atau pun buat dia dalam posisi terlentang saja. 

6. Lalat

Sumber youtube

Kehadirannya tidak pernah diinginkan. Hewan ini dikenal sebagi hewan kotor pembawa penyakit. Mampu mengepakan sayap 200 hingga 400 kali per detik, lalat juga ternyata punya umur yang pendek.

Meski begitu, ada beberapa kejadian fenomenal yang memperlihatkan seekor lalat betina masih bisa terbang meskipun tanpa kepala. Waduh, bahaya banget! 

Nah, itulah sederet hewan yang masih bisa bertahan hidup meskipun sudah tidak memiliki kepala sama sekali. Kalau lihat langsung, pasti bakal bikin merinding, ya!

Baca juga : 

Mengenal Bilangan Asli: Pengertian, Jenis, dan Contoh Soalnya

Negara Maju dan Berkembang: Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Negaranya

7 Cara Mengetahui Perbedaan Llama dan Alpaca, Ajarkan pada Si Kecil Yuk!

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.