in ,

Biaya Operasi Hernia Rumah Sakit 2020 [Plus Cara Atasinya]

Turun berok dalam medis disebut dengan hernia. Hernia adalah kondisi yang mana organ atau jaringan tubuh menonjol keluar dari dinding otot. Kondisi ini bisa diatasi dengan salah satunya melakukan operasi hernia. Berapa ya biaya operasi hernia?

Hernia dapat terjadi ketika jaringan otot tertentu melemah sehingga organ tubuh, khususnya bagian perut, tidak lagi dapat terlindungi dengan baik.

Ini yang menyebabkan munculnya tonjolan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Hernia biasanya terjadi pada bagian perut antara dada atau pinggul. Meski begitu, hernia pun dapat terjadi pada pangkal paha atas atau paha kamu.

Penyebab hernia

Selain dapat disebabkan kebiasaan mengangkat beban berat, hernia pun dapat timbul karena:

  • Kondisi bawaan lahir yang terjadi selama perkembangan di dalam rahim atau sejak lahir
  • Penuaan
  • Kerusakan akibat cedera atau operasi
  • Batuk kronis
  • Olahraga berat
  • Kehamilan, khusus kehamilan berulang
  • Sembelit yang membuat kamu mengejan keras saat buang air besar
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Adanya carian di perut atau asites

Jenis-jenis hernia

Biaya operasi hernia

Hernia dapat dikategorikan dalam dua kondisi karena tekanan dan regangan. Kondisi ini tidak berbahaya dan dapat direduksi. Kondisi ini disebut dengan reducible hernia.

Sementara, ada juga kondisi hernia yang tidak dapat kembali karena organ dan jaringan terjebak dalam bukaan. Ini yang menjadi masalah serius. Kondisi ini pun dikenal dengan incarcerate hernia atau hernia tertahan.

Hernia pun terdiri dari beberapa jenis. Namun, jenis yang paling sering terjadi di Indonesia adalah hernia inguinalis yang mana bagian organ di dalam rongga perut mendorong selaput yang melapisinya atau otot dinding perut yang lemah.

Ini yang menyebabkan munculnya benjolan atau pembengkakan di pangkal paha atau bahkan membuat sebagian skrotum membesar. 

Hernia inguinalis pun dapat menimbulkan komplikasi lainnya, yaitu:

  • Hernia inkarserata yang terjadi saat usus terjebak pada dinding perut atau di kantong hernia. Kantong hernia sendiri adalah tonjolan yang berupa jaringan lunak yang mendorong dinding perut yang lemah. Kondisi ini akan mengganggu kerja usus dan menyebabkan nyeri hebat, mual, muntah, perut bengkak (distensi), dan sulit buang angin atau buang air besar.
  • Hernia strangulata yang terjadi ketika jaringan terjepit hingga menghambat aliran darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kematian jaringan (gangren) pada usus yang terkena, pendarahan parah, infeksi bakteri serius di darah (septicemia) yang dapat mengancam jiwa.

Operasi hernia

Kondisi hernia yang sudah parah pun harus diobati dengan cara mengoperasinya. Operasi hernia sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu operasi terbuka dan laparoskopi.

Penentuan metode operasi ini pun tergantung hernia yang diderita.

1. Laparaskopi

Dibandingkan operasi terbuka, rasa sakit yang ditimbulkan pasca tindakan laparoskopi jauh lebih sedikit proses penyembuhannya pun lebih cepat karena hanya membutuhkan sayatan operasi kecil.

Sayatan tersebut bertujuan untuk jalur memasukkan udara ke dalam organ perut dan laraskop, pipa kecil yang memiliki kamera di ujungnya.

Laraskop akan mencari organ atau jaringan mana yang mengalami hernia. Setelah ditemukan, hernia tersebut akan diperbaiki dengan menggunakan alat bedah kecil yang dimasukkan melalui sayatan kecil tadi. Jika sudah selesai, maka sayatan pun ditutup dengan jahitan kecil.

Laparaskopi dilakukan lebih cepat dibandingkan operasi terbuka. Bekas jahitannya pun akan memudar dalam beberapa bulan. Namun, tidak semua hernia bisa ditangani dengan metode ini.

2. Operasi terbuka

Operasi terbuka sering disarankan untuk pasien yang menderita hernia inguinalis atau hernia stranguala yang menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang parah.

Kamu yang mempunyai penyakit kelainan darah, alergi dengan obat anestesi, sedang mengkonsumsi obat anti-penggumpalan darah, memiliki riwayat operasi di bagian perut atau panggul dan wanita hamil tidak disarankan untuk melakukan tindakan secara laparaskopi.

Operasi terbuka pun sering dilakukan di Indonesia. Tindakan ini dilakukan dengan cara menyayat bagian perut yang diperkirakan mengalami hernia.

Kantong hernia tersebut pun akan dikembalikan ke posisi yang benar dengan memperkuat dinding perut yang lemah dengan jahitan maupun jala sintetis (synthetic mesh).

Pemulihan pasca operasi terbuka pun akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri di sekitar area yang dioperasi. Oleh karena itu, dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri.

Kamu pun akan diminta untuk menghindari aktivitas berat selama 4 – 6 minggu.

Biaya Operasi Hernia di Indonesia 

Mengembalikan kantong hernia pada posisinya semula bisa dilakukan melalui tindakan operasi, baik operasi terbuka maupun laparaskopi, yang memakan biaya yang sangat besar. Mulai dari Rp 10.000.000 untuk satu tindakan dan belum termasuk obat-obatan maupun biaya konsultasi dokter sebelum dan pasca operasi.

Untuk mengetahui secara pasti besaran biaya operasi hernia di beberapa rumah swasta, berikut ini daftar biaya operasi hernia di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Indonesia.

Rumah Sakit

Biaya operasi hernia

Lokasi

Mayapada Hospitals Jakarta SelatanRp 18.260.000Jakarta
Rumah Sakit Premier JatinegaraRp 16.288.700Jakarta
Rumah Sakit Sumber WarasRp 13.632.000Jakarta
RS St. Carolus SalembaRp 11.500.000Jakarta

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan 

Melihat nominal biaya operasi hernia yang tidak sedikit, melindungi diri dengan asuransi kesehatan adalah hal yang tepat.

Terlebih, biaya kesehatan semakin hari mengalami kenaikan yang tidak sedikit pula. Berdasarkan data perusahaan asuransi Cigna dan Tower Watson Global Medical Trend Survey, biaya kesehatan mengalami kenaikan atau inflasi sebesar 15 persen per tahun.

Itulah kenapa kamu perlu sekali memiliki asuransi kesehatan. Dengan asuransi, kamu dapat merasakan manfaat sebagai berikut.

1. Mencegah kerugian finansial

Selain untuk menjadi jaminan saat dibutuhkan nanti, asuransi kesehatan dapat mencegah kamu dari risiko kerugian keuangan diakibatkan dari masalah kesehatan.

Biaya perawatan yang besar tidak jarang membuat seseorang kehabisan aset yang dimilikinya.

Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah sakit terpaksa harus menjadi miskin. Kamu tentunya nggak mau seperti itu, bukan?

Milikilah asuransi kesehatan dari sekarang. Biaya perawatan akan ditanggung perusahaan asuransi, kamu pun dapat sisa hidup dengan tenang kemudian. 

2. Melatih diri menjadi lebih baik

Asuransi kesehatan juga bisa bikin kita menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi lebih disiplin, dan pandai berhemat, bahkan mengetahui skala prioritas dengan sangat baik.

Dengan memilih untuk memiliki asuransi kesehatan, jelas kamu telah memprioritaskan kehidupan masa depanmu dan keluarga.

Kamu pun kemudian menyisihkan uang secara bijaksana dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Kamu otomatis menjadi berhemat.

Selain itu, dengan membayar premi asuransi kesehatan setiap bulan, kamu pun menjadi pribadi yang konsisten dan disiplin. Demi mendapatkan manfaat maksimal, kamu pun tidak mengabaikan waktu pembayaran setiap bulannya. 

3. Melindungi diri sendiri dan keluarga

Menyadari bahwa produktivitas dan pemasukan akan berhenti pada saatnya, memiliki jaminan kesehatan merupakan sebuah kewajiban.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya perawatan kesehatan mulai dari konsultasi dengan dokter, rawat jalan, rawat inap, pemeriksaan semisal pemeriksaan endoskopi, bahkan tindakan operasi pun ditanggung perusahaan asuransi.

Kamu pun dapat menerima santunan jika mengidap penyakit kritis atau meninggal dunia. 

Bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat? 

asuransi kesehatan cashless

Banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan, tetapi tidak semua produk asuransi kesehatan tepat untuk kebutuhan kamu dan keluarga.

Untuk memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, kamu perlu memerhatikan beberapa fasilitas yang ditawarkan perusahaan. Berikut ini adalah fasilitas yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Klaim cashless

Produk asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas klaim cashless memudahkan kamu dalam melakukan perawatan medis karena kamu tidak perlu membayar apa pun.

Kamu hanya perlu membawa kartu keanggotaan dan memberikannya kepada pihak rumah sakit. Kemudian pihak rumah sakit lah yang akan berkoordinasi dengan perusahaan asuransi mengenai biaya perawatan.

Namun, perlu dicatat klaim cashless ini hanya bisa dilakukan dengan rumah sakit rekanan penyedia asuransi. 

2. Bonus tidak ada klaim 

Ada beberapa penyedia asuransi yang dapat memberikan bonus kepada nasabah yang tidak mengajukan klaim selama masa pertanggungan. Bonus dapat berupa potongan premi maupun nilai tunai. 

3. Klaim ganda 

Klaim ganda atau disebut dengan coordination of benefit (CoB) merupakan sebuah fasilitas yang mana nasabah bisa mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi berbeda.

Kebanyakan dari kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki BPJS Kesehatan sebagai asuransi wajib. Artinya, kita memiliki asuransi kesehatan lainnya di samping asuransi swasta yang kita miliki saat ini.

Perusahaan asuransi yang memberikan fasilitas klaim ganda ini tentu saja memberikan keuntungan karena kemungkinan lingkup proteksi akan berbeda dengan BPJS Kesehatan. Begitu juga dengan alur pelayanan yang lebih ringkas dibandingkan dengan BPJS Kesehatan. 

4. Pertanggungan pre-existing condition

Kebanyakan asuransi tidak menanggung penyakit yang ada sebelum kamu memiliki polis asuransi kesehatan. Namun, tetap ada beberapa asuransi yang tidak memberlakukan syarat tersebut dan memberikan pre-existing condition sehingga penyakit tersebut bisa mendapat pertanggungan dari penyedia asuransi. 

5. Pertanggungan rawat jalan setelah rawat inap 

Tidak semua penyedia asuransi menanggung biaya rawat jalan yang kamu alami setelah rawat inap. Ada beberapa perusahaan yang memberikan pertanggungan secara lengkap, untuk rawat inap sekaligus dengan rawat jalan setelahnya.

Kamu hanya perlu sedikit teliti untuk menemukan produk asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas ini. 

6. Biaya ambulans 

Dengan memberikan fasilitas biaya ambulans, kamu sebagai nasabah pun tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya tambahan atas transportasi yang dilakukan dengan menggunakan ambulans. 

7. Medical check-up 

Beberapa penyedia asuransi kesehatan pun memberikan fasilitas berupa pemeriksaan medis secara gratis. Ini tentu saja menjadi manfaat yang harus dimaksimalkan. Kamu bisa memeriksa kondisi tubuh secara rutin, kesehatan pun termonitor dengan baik. 

Demikianlah informasi lengkap mengenai hernia dan biaya operasinya. Tidak sedikit dan sebisa mungkin dihindari agar tidak sampai mengalaminya.

Untuk menghindari risiko itu pun kamu perlu memiliki asuransi kesehatan yang melindungi. Asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhanmu bisa ditemukan di lifepal.co.id. Cari asuransi pilihanmu sekarang dan dapatkan penawaran menarik.

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
besaran-biaya-klaim-asuransi-mobil-dan-prosedur-klaimnya

Besaran Biaya Klaim Asuransi Mobil dan Prosedur Klaimnya

tips-aman-menyimpan-uang-di-jenius-btpn,-cari-tahu-di-sini-yuk!

Tips Aman Menyimpan Uang di Jenius BTPN, Cari Tahu di Sini Yuk!