Biaya Facebook Ads & Tips dalam Mengelolanya [Terlengkap]

by -3 views
biaya-facebook-ads-&-tips-dalam-mengelolanya-[terlengkap]

Tahukah kalian bahwa saat ini Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia? Dikutip dari Katadata, per akhir Maret 2021 pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai angka 175,3 juta. Total angka tersebut setara dengan 63% populasi Indonesia yang saat ini mencapai 276,4 juta jiwa.

Fakta di atas membuka mata kita jika pengaruh dari media sosial Facebook tidak dapat disepelekan. Mengingat hal tersebut, maka saat ini Facebook Ads juga diincar sebagai media promosi berbagai perusahaan dan bisnis digital.

Selain Facebook Ads, terdapat pula media promosi yang cukup banyak diminati yaitu Google Ads. Untuk lebih mengetahui tentang perbedaan antara keduanya, maka Exabytes Friends dapat mampir sejenak pada artikel berikut: Facebook Ads vs Google AdWords

Lalu apa yang membuat Facebook Ads dapat bersaing dengan Google Ads? Salah satu keunggulan dari Facebook Ads adalah biayanya yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai biaya Facebook Ads serta tips dan trik dalam mengelolanya. Terus simak artikel ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads yang kian diminati oleh pelaku bisnis guna meningkatkan pelanggan.
Facebook Ads yang kian diminati oleh pelaku bisnis guna meningkatkan pelanggan. (Sumber: iStock Photo)

Sebelum membahas mengenai harga Facebook Ads, akan dijelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang apa itu Facebook Ads. Facebook Ads adalah sebuah platform untuk mempromosikan atau mengiklankan produk di Facebook. Tujuan dari pemasangan Facebook Ads yaitu untuk meningkatkan jumlah pelanggan, brand awareness, dan konversi penjualan (seberapa banyak pengunjung yang melakukan klik pada iklan produk hingga membelinya).

Target audiens dari Facebook Ads adalah semua pengguna Facebook (karena iklan produk akan ditampilkan pada beranda atau sidebar di timeline para pengguna Facebook). Namun, kalian tentu saja dapat mengatur agar iklan ditampilkan hanya pada target users saja. Semisal kalian memiliki bisnis pakaian wanita muslimah, maka kalian ingin iklan yang dipasang melalui Facebook Ads hanya ditampilkan untuk pengguna wanita Facebook yang berhijab.

Apabila Exabytes Friend ingin lebih dalam belajar Facebook Ads serta jenis-jenisnya, maka dapat singgah sejenak pada artikel populer dari Exabytes berikut, ya: Jenis Iklan Facebook Ads dan Ukurannya

Cara Kerja Facebook Ads

Facebook Ads hanya dapat digunakan oleh pengguna facebook yang memiliki Fanpage. Bagi yang belum familiar dengan Facebook Fanpage, berikut akan dijelaskan sekilas. Dikutip dari Sproutsocial, Facebook Fanpage adalah sebuah akun bisnis yang merepresentasikan kelompok, organisasi, atau individu dengan fitur-fitur unik di dalamnya.

Selain memahami tentang Facebook Fanpage sebelum memasang iklan, sebaiknya kalian juga memahami tentang tujuan campaign atau promosi yang akan dilakukan. Karena hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap biaya iklan.

Tujuan campaign yang ingin dilakukan dapat berupa menaikkan transaksi produk yang diiklankan, hanya untuk brand awareness, atau agar lebih banyak pengunjung yang berinteraksi di Fanpage (berkomentar dan memberikan like).

Tujuan campaign bisnis yang ingin dicapai melalui Facebook Ads juga harus mempertimbangkan target audiens, target pasar, kompetitor, serta unique selling point (USP). Target audiens yang dimaksud mencakup beberapa aspek seperti gender, demografi, geografis, bahasa, status pernikahan, tingkat pendidikan, pekerjaan, usia, dan lainnya.

Apabila target audiens (termasuk target pasar), analisa kompetitor, USP, termasuk pula tujuan campaign telah didapatkan, maka memasang iklan melalui platform Facebook Ads akan lebih mudah dan membutuhkan biaya yang tergolong tidak terlalu mahal karena iklan yang dijalankan tepat sasaran.

Biaya Facebook Ads Terbaru 2021

Pada intinya, biaya yang diperlukan untuk memasang iklan melalui Facebook Ads adalah fleksibel. Tidak ada patokan biaya yang pasti. Melalui laman resmi Facebook, disampaikan jika Facebook tidak membatasi biaya untuk beriklan. Kalian dapat membuat anggaran budget semisal $50,000 seminggu atau bahkan hanya $5 seminggu pun boleh. Karena Facebook lah yang akan mencoba memaksimalkan budget kalian untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan dan target audiens yang ingin dicapai.

Update saat ini untuk biaya Facebook Ads di tahun 2021 adalah berkisar antara Rp10,000 hingga Rp30,000 per hari. Sedangkan untuk harga per minggunya adalah $50 hingga paling mahal $50,000.

Dasar-Dasar Biaya Facebook Ads

Berikut akan dijelaskan cara-cara yang dapat digunakan agar memiliki rencana anggaran Facebook Ads yang optimal. Silakan disimak, ya!

Dihabiskan Seluruhnya

Misalnya kalian memiliki anggaran sebesar Rp200,000 untuk satu minggu. Maka biaya tersebut bisa langsung kalian masukkan seluruhnya pada Facebook Ads dengan batasan waktu satu minggu. Selanjutnya sistem dari Facebook yang akan mengatur dengan anggaran tersebut untuk waktu satu minggu iklan akan ditampilkan dalam kurun waktu berapa lama dan berapa banyak audiens yang menjadi sasaran iklan.

Contoh lain adalah terdapat sebuah perusahaan memasang iklan dan menetapkan batas campaign untuk Facebook Ads sebesar Rp1,000,000. Ketika campaign iklan tersebut mulai dijalankan dan pengeluaran telah terkumpul hingga mencapai batas angka Rp1,000,000, maka campaign akan otomatis terhenti dan iklan tidak ditayangkan lagi. 

Biaya Berdasarkan Hasil yang Didapatkan

Selain dengan cara langsung memasukkan seluruh anggaran biaya pada Facebook Ads, kalian juga dapat memilih cara pay-per-click. Jadi, biaya yang dikeluarkan untuk Facebook Ads disesuaikan dengan feedback yang didapatkan dari target audiens iklan. 

Metode Pembayaran Facebook Ads

Sewajarnya, anggaran biaya Facebook Ads diatur secara bulanan atau tahunan. Metode pembayaran yang dapat dilakukan terbagi menjadi dua, yaitu CPM (Cost per 1000 Mille) dan CPC (Cost Per Click).

CPM (Cost per 1000 Mille)

CPM adalah salah satu metode pembayaran Facebook Ads yang digunakan untuk menentukan biaya tayang iklan sebagai patokan bagi perusahaan pengiklan. CPM menentukan biaya pembayaran iklan Facebook per 1000 kali tayangan atau impresi. Jadi, biaya yang dibayarkan untuk Facebook Ads setara dengan 1000 kali tayangan iklan yang dilihat oleh audiens.

CPC (Cost Per Click)

CPC merupakan salah satu metode pembayaran dalam biaya Facebook Ads.
CPC merupakan salah satu metode pembayaran dalam Facebook Ads. (Sumber: iStock Photo)

CPC memiliki konsep yang sama dengan pay-per-click. Di mana metode pembayaran iklan ditentukan berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh audiens pada tautan iklan. Cara menghitung CPC adalah dengan membagi biaya iklan dengan jumlah klik.

Tips Menghemat Biaya Facebook Ads dan Cara Mengelolanya

Apabila kalian memiliki anggaran pas-pasan untuk strategi marketing menggunakan Facebook Ads, maka jangan khawatir. Karena biaya yang rendah tetap dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan return serta konversi penjualan yang optimal. Ingin tahu caranya? Simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini. 

Melakukan Analisa Kompetitor Secara Mendalam

Selain users atau audiens, kompetitor adalah faktor penting lainnya yang harus diperhatikan. Usahakan sebelum menayangkan iklan Facebook Ads, kalian mengetahui terlebih dahulu strategi dan pengembangan produk seperti apa yang dilakukan oleh kompetitor.

Hal tersebut berfungsi untuk mempermudah dalam menentukan unique selling point (USP) dari bisnis kalian. USP adalah sebuah ciri khas produk atau jasa sehingga menjadi pembeda dari kompetitor-kompetitor dengan jenis produk atau jasa yang sama di luar sana.

Membuat Materi Iklan yang Menarik dan Unik

Ketika telah menganalisa kompetitor dan memiliki USP, maka langkah selanjutnya adalah membuat materi iklan sekreatif dan semenarik mungkin. Buatlah konten iklan dengan format visual, gambar, dan video.

Copywriting yang bagus akan mampu untuk mempersuasi pelanggan.
Copywriting yang bagus akan mampu untuk mempersuasi pelanggan. (Sumber: iStock Photo)

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan copywriting. Karena copywriting yang bagus dan tepat dalam iklan dapat mempersuasi calon pelanggan hingga akhirnya terpengaruh untuk membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan.

Membuat Sales Funnel

Sales Funnel digunakan untuk mempelajari langkah-langkah pelanggan sebelum memutuskan membeli barang atau jasa.
Sales Funnel digunakan untuk mempelajari langkah-langkah pelanggan sebelum memutuskan membeli barang atau jasa. (Sumber: iStock Photo)

Sales Funnel atau dikenal pula dengan customer journey adalah konsep pembuatan konten iklan dengan cara memvisualisasikan langkah-langkah perjalanan customer. Customer journey menggambarkan sebuah perjalanan ketika calon pelanggan pertama kali tertarik dengan produk (misalnya karena tertarik setelah membaca copywriting pada iklan) dan berakhir dengan pelanggan tersebut membeli produk (melakukan checkout pada website penjualan).

Sales Funnel sangat dibutuhkan untuk membuat materi iklan yang tepat agar target audiens dapat tersasar dengan akurat. Dengan begitu, meskipun menggunakan anggaran iklan yang minimalis dan biaya Facebook Ads yang telbih efisien, target audiens akan terpenuhi dan return yang didapatkan akan maksimal.

Gunakan Ads Manager Reports

Google Ads Manager Reports sangat penting digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang tayang.
Google Ads Manager Reports sangat penting digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang tayang. (Sumber: iStock Photo)

Ads Manager Reports memungkinkan kalian untuk melihat dan memantau beberapa metrics penting dalam penayangan iklan, seperti CTR (click-through rates), engagement, feedback pengunjung (seberapa banyak yang berinteraksi dengan iklan melalui jumlah like dan comment), daily spend, dan lainnya. Berikut penjabaran metrik-metrik penting dalam Facebook Ads berdasarkan jenisnya.

Performance: Results, Reach, Impressions, Cost Per Results, People Taking Action, 3-second Video Views, Video Percentage Watched, Video Average Watch Time, dan lainnya. 

Engagement: Post Reactions, Post Comments, Post Shares, Link Clicks, Page Likes, Cost Per Link Click, Offer Claims, Event Responses, Sign-Ups, dan lainnya.

Performance and Clicks: Cost Per 1,000 Impressions, Link Clicks, Cost Per Link Click, CTR, Clicks, dan lainnya.

Metrik-metrik tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui seberapa efektif strategi iklan yang dijalankan. Apabila hasilnya bagus, maka strategi dapat diperluas dengan menambahkan jumlah anggaran. Namun ketika strategi iklan tersebut tidak memberikan hasil yang cukup baik jika dilihat dari performa metriknya, maka sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan strategi iklan lain agar tidak membuang-buang biaya.

Memasang Facebook Pixel

Selain dengan menggunakan Google Ads Manager, kalian juga dapat memasang Facebook Pixel pada situs website bisnis guna memantau konversi dari Facebook Ads. Singkatnya, Facebook Pixel adalah sebuah kode yang dipasang pada situs website menggunakan Google Tag Manager. Facebook Pixel berfungsi agar kita mengetahui efektivitas iklan yang terpasang dan seberapa besar feedback yang didapat.

Jika Exabytes Friends ingin mengetahui cara memasang Facebook Pixel pada website, dapat mengunjungi artikel berikut sejenak, ya: Cara Memasang Facebook Pixel di Website

Kesimpulan

Facebook telah menjadi gurita raksasa di tengah persaingan global antara berbagai media sosial di dunia. Di Indonesia sendiri, Facebook telah menyedot pengguna hingga mencapai 63% populasi di Indonesia. Berkaca pada fakta tersebut, tak mengherankan apabila pamor dari Facebook Ads kian melejit. Banyak pebisnis baik mikro dan makro yang berlomba-lomba memanfaatkan Facebook Ads sebagai strategi iklan untuk lebih banyak menggaet pelanggan.

Perkembangan yang terbaru, biaya Facebook Ads berkisar antara Rp10,000 hingga Rp30,000 per hari. Sedangkan untuk harga per minggunya adalah $50 hingga paling mahal $50,000. Dengan kisaran harga tersebut, kalian harus menentukan strategi materi iklan, target audiens, USP (unique selling point), dan analisa kompetitor dengan matang terlebih dahulu agar iklan yang ditayangkan melalui Facebook Ads dapat bekerja dengan optimal.

Sedikit tips dan trik dalam mengelola biaya Facebook Ads adalah melakukan analisa kompetitor secara mendalam, membuat materi iklan yang menarik dan unik, membuat Sales Funnel, menggunakan Ads Manager Reports, dan memasang Facebook Pixel.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai biaya Facebook Ads. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website, tips pembuatan konten, hingga tips untuk facebook marketing maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan hosting Indonesia juga menyediakan jasa Facebook Ads, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Leave your vote

401 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *