Berbagai Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit Bayi

by -6 views
berbagai-manfaat-petroleum-jelly-untuk-kulit-bayi

Dalam merawat kulit bayi, memang dibutuhkan perhatian ekstra. Meski masih sangat lembut dan mulus, kulit bayi rentan terhadap berbagai masalah kulit. Bahkan, ada berbagai keluhan yang malah kerap muncul saat usia bayi.

Pada dasarnya, memang terdapat perbedaan antara kulit bayi dan orang dewasa. Misalnya, fungsi kulit bayi sebagai barrier atau pelindung dari lingkungan luar belum sebaik pada orang dewasa.

Kemudian, kulit bayi juga cenderung lebih tipis, khususnya pada area stratum korneum (lapisan terluar dari epidermis) dan dermis.

Perbedaan ini dapat membuat kulit bayi lebih rentan terkena masalah kulit yang memang khas muncul pada awal kehidupan. Nah, salah satu pertolongan pertama dalam hal ini adalah petroleum jelly untuk bayi.

Petroleum jelly adalah produk kulit berbahan dasar petroleum atau minyak dan lilin (wax) dalam bentuk semi padat. Penggunaannya sebagai salep yang dioleskan pada kulit.

Artikel Lainnya: 15 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan Kulit Anda

Lantas, apa saja manfaat petroleum jelly untuk bayi? Yuk, simak di bawah ini!

1. Mencegah Ruam Popok

Bayi yang belum bisa menggunakan kamar mandi umumnya akan diberikan popok, entah popok kain ataupun popok sekali pakai.

Namun, pemakaian popok dapat menyebabkan kulit bayi terkena air seni dan kotoran, bahkan mungkin dalam waktu yang lama bila tidak diganti secara teratur.

Air seni dan kotoran dapat mengiritasi kulit, terlebih bila bersentuhan dalam waktu lama.

Gejala ruam popok yang paling umum adalah kulit kemerahan dan meradang di area pemakaian popok.

Untuk mencegahnya, pastikan Anda selalu mengganti popok secara rutin dan bersihkan area selangkangan dengan baik saat mengganti popok.

Setelah kulit bersih, oleskan petroleum jelly pada area popok. Hal ini penting untuk membentuk lapisan pelindung di kulit bayi, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan air seni dan kotoran.

2. Meredakan Eksim

Eksim atau dermatitis adalah kondisi kulit yang kering, gatal, dan meradang. Pada bayi baru lahir hingga usia enam bulan, eksim dapat muncul pada area pipi, dagu, dahi, atau area lain pada wajah, serta kulit kepala.

Sementara, pada bayi di atas enam bulan, keluhan kulitnya sering ditemui di area lutut dan siku.

Penggunaan petroleum jelly untuk bayi dengan eksim sangat baik sebagai pertolongan pertama.

Produk ini akan “mengunci” kandungan air kulit, sehingga dapat melembapkan dan meredakan keluhan kulit kering. Umumnya, jika kulit sudah lembap, maka keluhan gatal juga membaik.

3. Untuk Memijat Bayi

Pijat bayi sudah banyak diketahui manfaatnya, antara lain untuk membentuk bonding antara orang tua (pemijat) dan bayi serta membantu bayi lebih tenang sehingga lebih mudah tidur.

Bahkan, menurut Asosiasi Pijat Bayi Internasional (IAIM), pijatan dapat bermanfaat untuk bayi-bayi dengan kondisi kembung, kolik, dan sembelit.

Saat akan memijat bayi, Anda bisa gunakan petroleum jelly. Selain dapat memperoleh berbagai manfaat pijat, kulit bayi yang dipijat juga akan menjadi lembap.

Artikel Lainnya: 7 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Asal!

4. Melembapkan Kulit

Karena kulit bayi yang masih sensitif, pemilihan produk pelembap yang tepat perlu Anda pertimbangkan. Salah satu yang cukup aman ialah petroleum jelly untuk bayi.

Produk ini dapat memberi kelembapan pada kulit si kecil, mengatasi kulit yang mengelupas, dan mencegah lecet.

Itulah beberapa manfaat petroleum jelly untuk bayi. Jadi, penting untuk selalu menyediakannya di rumah dan tas perlengkapan bayi.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa pilih Vaseline Repairing Jelly Baby sebagai solusi andalan!

Produk ini memiliki formula hypoallergenic sehingga aman untuk kulit bayi yang cenderung sensitif, serta telah teruji secara klinis oleh dokter anak dan dokter kulit. Jadi, aman untuk penggunaan sehari-hari.

Berbagai masalah kulit bayi seperti biang keringat, ruam popok, eksim, dan kulit kering dapat diatasi dengan Vaseline Repairing Jelly Baby. Kulit bayi pun bisa tetap sehat dan terawat hanya dengan satu produk.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar penanganan masalah kulit bayi, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *