Benarkah Umat Muslim Berperang Melawan Yahudi Tanda Akhir Zaman?

by -9 views
benarkah-umat-muslim-berperang-melawan-yahudi-tanda-akhir-zaman?

BincangSyariah.Com – Setiap kali konflik Israel dan Palestina mengemuka, beredar hadis mengenai umat Muslim yang akan berperang melawan Yahudi sebagai tanda akhir zaman. Sebagian kelompok Muslim menggunakan hadis ini untuk membenci orang-orang Yahudi secara general, bahkan memerangi umat Yahudi di manapun berada, sekalipun yang tidak ada di Israel atau tidak memerangi Palestina sekalipun. Apa benar umat Muslim berperang melawan Yahudi tanda akhir zaman? (Baca: Benarkah Mencaci Maki Orang Musyrik Bagian dari Jihad?)

Terdapat sebuah hadis yang biasanya sebagian ustadz mengutip dan mengaitkannya dengan fenomena umat Muslim berperang melawan Yahudi. Hadis itu di antaranya terdapat dalam riwayat Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Ahmad, dan lainnya. Dalam 3 kitab hadis tersebut, hadis terkait berasal dari sahabat Ibnu Umar dan Abu Hurairah. Di antara redaksi hadis tersebut adalah riwayat berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا اليَهُودَ، حَتَّى يَقُولَ الحَجَرُ وَرَاءَهُ اليَهُودِيُّ: يَا مُسْلِمُ، هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Terdapat hadis riwayat Abu Hurairah dari Rasulullah yang bersabda: Kiamat itu tak akan terjadi sampai kalian memerangi Yahudi, sampai-sampai nanti ada batu di belakang orang Yahudi yang (sedang bersembunyi) bisa memberitahu, “Hei Muslim, ini ada orang Yahudi di belakangku. Bunuhlah dia.”

Pemahaman Hadis Umat Muslim Berperang Melawan Yahudi

Menurut Dr. Khaled al-Hayek, ulama kelahiran Yordania, memandang bahwa hadis mengenai perang umat Muslim dengan Yahudi di akhir zaman itu ada yang shahih, dhaif, dan sangat dhaif. Ia melakukan penelitan panjang atas hadis-hadis umat Muslim berperang melawan Yahudi. Di antara hadis yang shahih adalah riwayat Imam Bukhari di atas. Sementara itu, hadis dhaif yang ia dapatkan terkait hadis di atas adalah penambahan riwayat mengenai pohon gharqad.

Sementara itu, menurut Imam Ahmad al-Qurthubi dalam al-Musykil lima Asykala min Talkhish Kitab Muslim, kalaupun hadis tersebut berkualitas shahih, kejadian umat Muslim berperang melawan Yahudi itu terjadi terbunuhnya Dajjal. Menurut para ulama hadis, kemunculan Dajjal dari wilayah timur itu tanda pertama terjadinya kiamat besar atau kiamat kubra. Faktanya saat ini ulama yang kompeten tidak pernah menyebutkan bahwa Dajjal sudah muncul.

Di sisi lain, hadis di atas bersifat informatif, bukan perintah Rasulullah untuk sengaja memerangi umat Yahudi. Lagian juga Rasulullah sendiri justru melarang umat Muslim menyakiti non Muslim yang tidak memerangi. Kalaupun kebetulan ada orang Yahudi yang memerangi Muslim di Palestina itu karena mereka sedang melakukan bela diri. Jadi bukan seluruh umat Yahudi harus umat Muslim perangi, sekalipun mereka tidak memerangi Muslim.

Bahkan Rasulullah saw. pernah mendoakan orang Yahudi sebagaimana terdapat dalam riwayat Imam Ibnu Abi Syaibah Al Kufi dalam kitab al-Mushannaf sebagai berikut:

جاء رجل يهودي الى النبي صلى الله عليه وسلم فقال : ادع لي : فقال : اكثر الله مالك وولدك واصح جسمك واطال عمرك

Artinya: Ada seorang laki-laki Yahudi datang menemui Nabi Saw, kemudian dia berkata kepada beliau; ‘Doakanlah aku’. Kemudian beliau berdoa; ‘Semoga Allah memperbanyak hartamu, anakmu, menyehatkan tubuhmu, dan memperjang umurmu.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.