Benarkah Menaruh Bawang Bombai di Kaus Kaki Dapat Sembuhkan Flu?

by -0 views
benarkah-menaruh-bawang-bombai-di-kaus-kaki-dapat-sembuhkan-flu?

Ada banyak perawatan atau pengobatan yang dipercaya bisa mengatasi flu. Salah satu pengobatan yang diyakini mampu mengobati flu adalah menaruh bawang bombai di dalam dalam kaus kaki.

Orang yang sedang flu juga harus tidur mengenakan kaus kaki berisi bawang bombai selama semalaman. Benarkah hal tersebut? Simak jawaban dokter di sini.

Sejarah Menaruh Bawang Bombai di dalam Kaus Kaki untuk Mengatasi Flu

Dilansir dari National Onion Association, sejak tahun 1.500-an bawang digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang disebabkan oleh miasma atau sejenis udara buruk.

Artikel Lainnya: Ampuhkah Bawang Putih Atasi Flu?

Menurut cerita anekdot di tahun 1919, tepatnya saat wabah flu merajalela, menaruh potongan bawang bombai di sekitar rumah juga diklaim dapat melawan virus influenza.

Ide tersebut kian berkembang dan dimodifikasi dengan pengobatan refleksi. Pengobatan refleksi ini fokus terhadap pijatan di telapak kaki. Telapak kaki dipercaya memiliki titik-titik yang berhubungan dengan organ di dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan zat sulfur dan aroma tajam dari bawang bombai disebut-sebut bisa menghilangkan racun.

Ketika mengenakan kaus kaki berisi bawang bombai, lalu dibawa tidur semalaman, kandungan zat sulfur diyakini dapat menyerap racun serta menghilangkan virus di dalam tubuh, termasuk virus influenza.

Cara tersebut juga dipercaya beberapa orang mampu membersihkan darah di dalam tubuh

Pakai Kaus Kaki Isi Bawang Bombai Tidak Dapat Mengatasi Flu

Menanggapi hal tersebut, dr. Sepriani Timurtini Limbong mengatakan bahwa menaruh bawang bombai di kaus kaki tidak efektif untuk mengatasi flu.

Dokter Dyah Novita Anggraini pun menyatakan hal serupa, “Belum ada penelitian atau bukti medis yang menyatakan menaruh bawang bombai di kaus kaki dapat mengatasi flu.”

Artikel Lainnya: 8 Cara Alami Atasi Flu, Meski Aneh tapi Ampuh

Dokter Sepriani menjelaskan, “Cara menangani flu sebenarnya simptomatik. Misalnya, kalau ada demam bisa konsumsi obat penurun panas. Kalau hidung tersumbat, boleh konsumsi dekongestan (harus dengan anjuran dokter). Lalu penting untuk beristirahat cukup dan minum air putih.”

“Kebanyakan flu akan sembuh dengan sendirinya, jadi tidak perlu macam-macam obatnya, termasuk tidak perlu tidur memakai kaus kaki berisikan bawang bombai,” tegasnya lebih lanjut.

Ketimbang meletakkan di dalam kaus kaki, akan lebih bermanfaat jika Anda mengonsumsi bawang bombai.

Bawang bombai mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit, termasuk flu.

Bawang bombai juga memiliki vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun serta mencegah agar tubuh tak gampang sakit.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *