Begini Cara Terbaik Mengendalikan Emosi Saat Dimarahi Bos

by -18 views
begini-cara-terbaik-mengendalikan-emosi-saat-dimarahi-bos

INDOZONE.ID – Mendapat teguran atau omelan dari bos memang bisa menyulut emosi. Tak heran jika banyak karyawan yang mencari cara mengendalikan emosi saat dimarahi bos.

Ternyata banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara untuk mengontrol emosi. Dengan mengendalikan emosi, maka kamu juga akan menjaga dirimu dari perbuatan yang merugikan dan dapat merusak karier.

Emosi yang kamu rasakan bisa menimbulkan perubahan suasana hati, tekanan mental, sakit kepala hingga ketegangan otot. Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mengatasinya dengan baik.

Cara Terbaik Mengendalikan Emosi Negatif

Mengendalikan emosi memang tidak semudah yang dibayangkan, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya.

Tak perlu khawatir, berikut Indozone rangkum ulasan cara terbaik mengendalikan emosi saat dimarahi bos.

1. Tenangkan Diri

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/cookie_studio

Kemarahan yang disampaikan oleh bos atau atasan terkadang membuat perasaan ikut terbawa emosi. Menenangkan diri menjadi cara terbaik untuk mengendalikan emosi.

Kamu bisa menarik napas dalam-dalam dan berhenti berbicara sejenak. Kamu juga bisa berhenti melakukan pekerjaan untuk sementara dan membiarkan emosimu stabil kembali.

2. Ceritakan Pada Orang Terpercaya

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/prostooleh

Setelah mendapat teguran dari bos, biasanya mood akan berubah, pikiran kacau dan sulit berkonsentrasi. Hal tersebut bisa berdampak terhadap pekerjaan kantormu.

Untuk mengendalikan emosi, kamu bisa menceritakan perasaanmu yang tak karuan kepada orang yang terpercaya. Kamu dapat menghubungi sahabat atau rekan kerja terdekatmu.

3. Alihkan Emosi

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/yanalya

Mengalihkan emosi juga dapat menjadi pilihan yang tepat, saat kamu ingin meluapkan amarah akibat dimarahi bos. Lakukan hal-hal yang dapat mengembalikan semangatmu.

Kamu bisa mendengarkan musik, menuliskan perasaanmu, memesan makanan favoritmu, atau membicarakan hal-hal lucu dengan teman sekantormu.

4. Pahami Masalah

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/kuprevich

Memahami masalah menjadi salah satu cara mengendalikan emosi yang paling bijak. Amarah yang disampaikan bos pasti ada pemicunya.

Ingatlah poin-poin penting yang menjadi penyebab amarahnya, kemudian pahami masalah yang terjadi. Temukan pula solusi untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak berlarut-larut.

5. Introspeksi Diri

cara mengendalikan diri
Photo/Freepik/drobotdean

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosi adalah dengan introspeksi diri. Terimalah kenyataan dan akui kesalahanmu jika memang benar.

Perbaiki pula kinerjamu dan lakukan saran yang diminta oleh bosmu. Namun jika kamu menyadari bila hal tersebut bukan karena kesalahanmu, berikan penjelasan yang masuk akal.

6. Jaga Profesionalitas

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/rawpixel

Setelah mendapat teguran dari bos, sebaiknya kita tetap bersikap profesional. Tidak perlu merajuk atau menggerutu sepanjang hari, apalagi sampai mogok bicara dengan atasan.

Buktikan bahwa kamu adalah pribadi dewasa dan bermental baja. Tetaplah menunjukkan iktikad baik dengan bekerja maksimal, walaupun suasana hatimu sedang buruk.

7. Lampiaskan Emosi Secara Positif

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/goffkein

Kalau kamu masih belum bisa mengatasi emosi, memang sudah seharusnya kamu mengeluarkan emosi negatif tersebut, namun dalam hal positif.

Melampiaskan emosi dapat kamu lakukan dengan menangis, berteriak sekencang-kencangnya, bernyanyi, bermain musik, berolahraga atau memainkan permainan.

8. Memaafkan

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/user18526052

Semua orang pasti membuat kesalahan, termasuk kamu dan bosmu. Memaafkan menjadi cara terbaik untuk menyembuhkan luka dan melepaskan rasa sakit yang kamu alami.

Tentu tidak mudah dan pastinya membutuhkan waktu. Namun percayalah, semua karyawan juga pernah mengalami hal yang sama. Ambil saja hikmah dari kejadian tersebut.

9. Hubungi Kembali

cara mengendalikan emosi
Photo/Freepik/user18526052

Setelah berhasil menenangkan diri dan emosimu kembali stabil, tidak ada salahnya kamu menghubungi kembali bosmu dan membicarakan masalah yang tadi.

Meminta maaflah bila perlu dan ajak bos berdiskusi menemukan solusi. Berikah juga klarifikasi jika bos keliru memarahimu. Tindakan ini justru akan menambah nilaimu di mata bos karena kamu dianggap berjiwa besar dan berorientasi pada solusi.

Nah, itu tadi cara terbaik mengendalikan emosi saat dimarahi bos yang bisa menjadi referensi kamu. Semoga bermanfaat dan hubunganmu dengan bos makin membaik!

Artikel Menarik Lainnya:

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *