Bayi di Album ‘Nevermind’ Nirvana Menuntut Setelah 30 Tahun

by -1 views
bayi-di-album-‘nevermind’-nirvana-menuntut-setelah-30-tahun

Spencer Elden, model di sampul album ikonis ‘Nevermind’ milik Nirvana menggugat grup musik tersebut dan pewaris harta Kurt Cobain atas eksploitasi seksual terhadap anak.

Berawal saat fotografer Kirk Weddle meminta seorang temannya membawa bayinya yang saat itu berusia 4 bulan pada sesi foto kolam renang untuk grup musik lokal Nirvana, pada tahun 1991.

‘Tindakan Eksploitasi Seksual Komersial’

Namun, setelah 30 tahun album tersebut dirilis, pengacara Elden telah mengajukan tuntutan dengan dugaan bahwa sampul album ‘Nevermind’ diproduksi setelah Elden “dipaksa ikut dalam tindakan eksploitasi seksual komersial saat berusia kurang dari 18 tahun.”

Akhirnya, dia menuntut personel asli Nirvana, label rekaman, juru foto album dan yang pihak terkait lainnya dengan tuntutan Rp2,1 miliar per orang, atas “kerugian seumur hidup” yang termasuk di dalamnya “penderitaan emosional yang cukup tinggi dan permanen terhadap fisiknya, gangguan atas proses kehidupan dan pendidikan, hilangnya kemampuan memperoleh pendapatan seumur hidup,” dan “tidak bisa menikmati hidup.”

Gugatan tersebut juga menuduh bahwa pihak pemasaran rekaman telah meraih keuntungan dari gambar Elden dengan uang kertas dikail, yang digunakan dalam video musik lagu populer di album “Come As You Are” sebagai “usaha perdagangan seks.”

Tuntutan tersebut mengklaim bahwa Kurt Cobain, vokalis Nirvana sengaja memilih foto Elden “menggenggam uang dolar” yang menggambarkan citra Elden sebagai “seorang pekerja seks.”

“Spencer atau walinya pernah menandatangani surat izin komersialisasi terhadap foto Spencer atau yang mirip dengannya.”

  • Bildergalerie Jimi Hendrix wäre 70 geworden

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Gitaris kidal terbaik

    Meskipun sang ayah mencoba membuatnya bermain dengan tangan kanan, Jimi Hendrix tetap memetik gitar dengan tangan kiri. Namun ia mampu juga bermusik, makan dan menulis dengan tangan kanannya. Dia paling diingat orang ketika memainkan Fender Stratocaster yang dibuat untuk pemain nonkidal dengan cara dibalik dan diregangkan.

  • Grammy Award 2014 Los Angeles Kalifornien

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Rajanya heavy metal

    Gitaris Black Sabbath, Tony Iommi, (kiri) selalu bermain gitar dengan tangan kiri. Ini adalah keajaiban mengingat dia kehilangan ujung jari tengah dan jari manis pada usia 17 tahun. Iommi memutuskan untuk “memakai apa yang saya punya, dan saya membuat beberapa ujung jari dari plastik untuk diri sendiri. Saya bertahan dengan itu,” katanya kepada majalah “Guitar World” pada 2008.

  • Nirvana Kurt Cobain MTV Unplugged

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Pemberontak sejati

    Pentolan Nirvana, Kurt Cobain, sering bermain gitar dengan tangan kiri. Cobain bukanlah seorang kidal – dan mengapa dia bermain gitar dengan tangan kiri adalah sebuah misteri. Kata-kata terakhirnya ditulis dengan tangan kanannya: “Saya tidak memiliki gairah lagi, dan ingat lah, lebih baik terbakar daripada memudar.”

  • Paul McCartney

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Ahli memainkan hampir semua instrumen

    Sir Paul McCartney adalah ahli dalam memainkan hampir semua instrumen, yang hampir kesemuanya ia mainkan dengna tangan kiri – seperti pada bass Höfner 500/1 yang legendaris. Satu pengecualian: Dia memainkan drum kit tangan kanan. Setelah The Beatles bubar pada tahun 1970, McCartney melanjutkan karir solo dengan bandnya, Wings.

  • Bildergalerie Ringo Starr - The Beatles Konzert 1963

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Anggota Beatles lain yang kidal

    Ringo Starr juga seorang kidal tapi ia bermain drum layaknya orang yang memakai tangan kanannya. Set drum jenis apapun bisa dengan mudah diatur ulang untuk pemain kidal hanya dengan mengatur semua bidang dengan menggunakan cermin.

  •  Phil Collins am Schlagzeug

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Drumer legendaris dan bintang pop

    Phil Collins bermain drum dan instrumen lainnya dengan tangan kiri. Ini berarti ia menempatkan hi-hat cymbal di sebelah kanannya dan memukul bass dengan kaki kiri. Musisi asal London ini menjadi terkenal setelah bergabung dengan band Genesis.

  • Travis Barker am Schlagzeug

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Drum, tattoo, dan punk

    Blink-182 telah melakukan banyak hal untuk naikkan citra musik punk rock. Berbeda jauh dari citra Sex Pistols, inilah pop punk tahun 90-an. Travis Barker adalah drummer bertato, flamboyan, dan dia seorang kidal. Orang bisa mengatakan bahwa ia adalah orang yang selalu tanpa kompromi, kecuali saat memainkan set drum tangan kanan.

  • Elizabeth Cotten mit Gitarre Stella

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Seorang yang inventif

    Elizabeth Cotten adalah seorang penyanyi blues Afro-Amerika yang bermain musik dengan cara yang tidak biasa. Dia memainkan gitar untuk pemain nonkidal dengan cara dibalik dan tanpa mengganti senarnya. Elizabeth juga bisa memainkan senar bass di bagian bawah dengan jari-jarinya dan menggerakkan melodi dengan ibu jarinya. Cara bermain seperti ini kemudian disebut “cotten picking.”

  • Charlie Chaplin spielt Geige

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Komedi dan Musik

    Charlie Chaplin beremigrasi ke Amerika dan meraih ketenaran lewat film-film pendek, termasuk “The Vagabond” pada tahun 1916. Di dalam film itu, ia memainkan biola dengan tangan kirinya. Secara pribadi dia juga bermain biola dan cello dengan cukup baik, dan selalu menggesek instrumen tersebut memakai tangan kiri.

  • Daniel Barenboim

    Sepuluh Musisi Kidal Legendaris

    Konduktor paling dihormati

    Lahir di Buenos Aires, Daniel Barenboim belajar piano dari para master pada zamannya dan merupakan salah satu konduktor yang paling dihormati di dunia. Dia juga pendiri Orkestra West-Eastern Divan-satu-satunya orkestra gabungan Israel-Palestina. Sejak 1992 ia menjadi direktur Berlin State Opera dan lebih sering mengayunkan tongkat baton dengan tangan kanan. (Penulis: Christoph Trost/hp/ek)


Keluarga mendapat Rp2,8 juta

Ayah Elden, Rick sempat diwawancarai oleh penyiar radio AS NPR pada tahun 2008, dia menjelaskan cerita pada tahun 1991, saat dihubungi temannya yang berkata “Apakah kamu mau mendapat uang Rp2,8 juta, cukup ceburkan saja anakmu ke air.” Pada saat itu pihak keluarga tidak mengetahui foto itu akan dijadikan apa, sampai saat mereka menyadari gambar raksasa album ‘Nevermind’ terpajang di Tower Records, di Sunset Boulevard 3 bulan kemudian.

Di tahun yang sama label Nirvana DGC, anak perusahaan rekaman Geffen Records mengirimi Elden sebuah salinan platinum album Nevermind dan sebuah boneka beruang, dikutip dari NPR. Laporan yang sama juga menyebutkan bahwa Elden yang tengah remaja merespons ketenarannya.

“Semua teman saya berkata, ‘Hai, aku melihatmu hari ini.’ Dan saya berkata, ‘Saya kerja seharian.’ Lalu dia merespons, ‘tidak, tadi saya di Geffen Records, dan melihat fotomu di lantai dan mengambang, saya menginjak wajahmu.’”, kisah Elden.

Mulanya Elden bangga dengan fotonya

Mengulang pose yang sama untuk peringatan Nevermind semasa remaja, Elden terakhir kali masuk kolam renang untuk berfoto kembali pada tahun 2016, peringatan 25 tahun album itu. Dia juga mentato nama judul album tersebut di tubuhnya.

Saat diwawancara majalah Time, dia mengatakan “itu konsep yang sangat bagus, bayi di menyelam, tidak bisa bernapas, meraih uang kertas yang dikail.”

Namun, di tahun berikutnya dia berkata “rasanya cukup aneh jadi bagian untuk momentum orang lain, terjebak dalam hal seperti ini,” jelasnya pada majalah Times.

“Saya sedikit kecewa beberapa waktu,” tambahnya. “Saya coba hubungi orang-orang tersebut. Tidak ada yang merespons. Tidak ada balasan telepon atau surat elektronik.”

“Semua yang terlibat dalam album tersebut menjadi kaya,” kata Elden. “Tapi saya tinggal di rumah ibu saya dan mengendarai sebuah mobil Honda Civic.”

Facebook melarang sampul album menggunakan anak-anak

Sampul Nevermind sebenarnya telah dihapus dari laman Facebook pada tahun 2011 di tengah perayaan 20 tahunnya, karena menggambarkan foto telanjang anak-anak yang melanggar syarat pelayanan, namun gambar tersebut kembali muncul.

Belum ada kelanjutan mengenai tuntutan Elden apakah akan mengubah citra album Nevermind.

Awalnya, pihak label rekaman DGC ingin menutup bagian alat kelamin pada album Nervemind tersebut. Namun Kurt Cobain disebut hanya akan setuju jika bagian tersebut ditutupi tempelan yang bertuliskan “Jika kamu tersinggung, kamu diam-diam pedofilia.”  (mh/vlz)

Leave your vote

780 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *