in

Bangkrut, Muji di AS Punya Hutang Rp919 Miliar

DATANG lagi kabar buruk dari sektor perekonomian akibat pandemi COVID-19. Setelah franchise terbesar Pizza Hut dan Wendy’s bangkrut di AS minggu lalu, kini giliran Muji yang mengajukan bangkrut Chapter 11 pada Kamis (9/7) di Delaware, Amerika Serikat.

Muji dikenal dengan desainnya yang minimalis. (Foto Muji)
Muji dikenal dengan desainnya yang minimalis. (Foto Muji)

Dilansir dari Nikkei, perusahaan asal Jepang ini mengajukan bangkrut dengan utang sebesar USD64 juta atau sekitar Rp919 miliar.

Baca juga:

Franchise Terbesar Pizza Hut dan Wendy’s di AS Bangkrut Karena COVID-19

Dampak terbesar pandemi COVID-19 bagi Muji ialah biaya sewa tempat yang sangat tinggi karena berlokasi di tempat-tempat strategis Amerika Serikat seperti Times Square, NY, dan 5th Avenue.

Apakah Muji di Indonesia terancam tutup? (Foto Muji)

Apakah Muji di Indonesia terancam tutup? (Foto Muji)

Muji akan membuat rencana baru selama 180 hari ke depan, termasuk menutup beberapa gerai fisik dan fokus pada penjualan online.

“Muji telah merasakan efek luar biasa dari pandemi COVID-19 pada toko fisik, dan hasilnya kami akan mengambil kesempatan ini untuk berfokus kembali pada upaya kami di Amerika Serikat pada pasar regional pertama dan e-commerce,” ungkap CEO Muji Satoshi Okazaki Jumat pekan lalu.

Baca juga:

Rugi USD3,2 Miliar, Starbucks Akan Tutup 400 Gerai

Muji merupakan perusahaan asal Jepang yang telah menyediakan perlengkapan rumah, alat tulis, pakaian, dan kosmetik sejak 1980. Perusahaan ini mulai melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat pada 2006 dan membuka sebanyak 19 toko.

Muji mulai menutup semua toko di Amerika Serikat sejak pertengahan Maret 2020. Kini, 10 toko sudah dibuka kembali, tetapi pendapatan operasionalnya merosot sampai 80 persen dibandingkan dengan masa pra-pandemi COVID-19.

Muji telah berdiri sejak 1980. (Foto Muji)
Muji telah berdiri sejak 1980. (Foto Muji)

Meski begitu, pengajuan bangkrut Chapter 11 di Amerika Serikat tidak selalu menyatakan perusahaan tersebut akan gulung tikar. Laman CNN Business menjelaskan banyak perusahaan yang memanfaatkan pengajuan bangkrut untuk memangkas utang dengan cara mengganti strategi bisnis dengan fokus berbeda.

“Proses pengajuan bangkrut ini akan memastikan kesehatan, pertumbuhan, dan kelangsungan hidup perusahaan di masa depan,” ungkap pihak Muji. Muji juga berkomitmen untuk menyediakan produk dan pengalaman berkualitas tinggi di masa yang akan datang. (shn)

Baca juga:

Takashi Murakami Ceritakan Kebangkrutannya di IGTV

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
pagi-ini-pemkab-bogor-targetkan-urai-hingga-4.500-penumpang-krl-dengan-bus-bantuan

Pagi Ini Pemkab Bogor Targetkan Urai Hingga 4.500 Penumpang KRL dengan Bus Bantuan

kpai-minta-kemendibud-cari-terobosan-baru-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

KPAI Minta Kemendibud Cari Terobosan Baru dalam Pembelajaran Jarak Jauh