25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

Bahasa Pemrograman Berikut Cocok untuk Image Recognition | AsiaQuest Indonesia

TechBahasa Pemrograman Berikut Cocok untuk Image Recognition | AsiaQuest Indonesia

Image recognition merupakan sebuah fitur yang saat ini sedang populer. Beragam perangkat modern kini sudah melengkapi perangkat mereka dengan teknologi image recognition, misalnya smartphone, kamera pemindai, dsb. Salah satu cabang dalam image recognition, yaitu face recognition sering digunakan dalam sistem keamanan modern.

Face recognition atau pengenalan wajah merupakan teknologi yang memungkinkan perangkat untuk bisa mengenali identitas seseorang atau objek hanya dengan gambar wajah. Teknologi canggih ini sudah banyak yang mengembangkan, lho. Anda pun bisa mengembangkannya kalau tahu bahasa pemrograman yang digunakan untuk image recognition atau face recognition.

Apa saja bahasa pemrograman yang cocok untuk image recognition? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

(1) Python

Python saat ini masih menjadi bahasa pemrograman yang paling populer. Python sifatnya sederhana tapi serbaguna sehingga programmer menyukainya. Meski sederhana, Python mampu menangani tugas-tugas kompleks.

Selama ini Python digunakan untuk pemrograman back end. Meski begitu, Python sangat bisa diandalkan untuk pemrograman image recognition, lho. Library Python mendukung image recognition. Salah satu library yang paling kuat dan efisien misalnya adalah Scikit-Learn machine Learning. Library tersebut juga bisa digunakan untuk face recognition dan deteksi gerakan.

(2) C / C ++ / C#

Bahasa pemrograman C / C ++ / C# juga bisa digunakan untuk pengembangan image recognition. Bahasa pemrograman keluarga C / C ++ / C# dikenal serbaguna, kuat untuk melakukan apapun, termasuk image recognition.

Anda yang ingin mengembangkan image recognition menggunakan C / C ++ / C# bisa melakukannya dengan menulis coding secara manual dari mentah atau manfaatkan library yang tersedia khusus untuk keperluan ini.

Beberapa library pada bahasa pemrograman C / C ++ / C# seperti OpenGL, EmguCV, OpenCV, dsb adalah library yang dirancang untuk bisa mengakomodasi kebutuhan pengembangan image recognition.

(3) Matlab

Matlab merupakan bahasa pemrograman independen yang punya framework tersendiri. Anda yang ingin mengembangkan image recognition bisa menggunakan Matlab karena mereka menawarkan berbagai alat untuk perhitungan matriks.

Tugas-tugas kompleks seperti memotong, memutar, dan menutupi bisa dilakukan oleh Matlab. Kemudian, Matlab juga mengenalkan kode khusus untuk penerapan fitur pengenalan wajah. Kode khusus ini menggunakan database AT dan T.

(4) Java

Java adalah bahasa yang tidak pernah bisa kita buang begitu saja meskipun bahasa-bahasa yang lebih baru telah datang. Nyatanya, Java diklaim cukup kuat untuk melakukan fungsi-fungsi rumit.

Kalau Anda ingin membuat aplikasi yang bisa melakukan pengenalan dan pemrosesan gambar (image recognition, image processing), maka Java masih bisa diandalkan.

Anda bisa membuat coding secara manual atau bisa juga memanfaatkan library yang sudah ada untuk mengembangkan image recognition.

Tonton juga webinar kami mengenai Artificial Intelligence di YouTube.

Referensi: teknologi.id

Technology photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles