Bagaimana Tim IT Membantu User Memaksimalkan Penggunaan Chrome

by -1 views
bagaimana-tim-it-membantu-user-memaksimalkan-penggunaan-chrome

Tim IT di sebuah perusahaan memiliki peranan yang cukup vital. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan kondisi yang nyaman bagi karyawan dalam hal ini pengguna jaringan internet tetap baik. Oleh karena itulah, tim IT perlu memiliki platform pendukung yang lengkap dan bisa diandalkan seperti Chrome.

Chrome maupun Chromebook cukup banyak dipilih oleh perusahaan karena lebih aman, efisien, dan praktis dalam meningkatkan produktivitas. Berikut beberapa tips yang bisa tim IT lakukan dalam membantu karyawan di perusahaan menggunakan Chrome lebih optimal.

Menemukan Tab Chrome Lebih Cepat

Photo: VideoHive

Saat Anda bekerja, sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna untuk membuka tab browser dalam jumlah yang cukup banyak. Di sisi lain, cara seperti ini memang cukup kompleks, terutama untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, Anda harus mengecek tab tersebut satu per satu.

Adanya fitur Chrome Tab Groups dan Tab Search akan memudahkan pengguna untuk mencari dan mengatur tab sekaligus. Untuk membuat Tab Groups ini, Anda bisa melakukannya dengan klik kanan dan lanjutkan dengan “Add Tab to New Group”. Lalu, jika ingin mencari dan membuka tab, hanya tinggal klik ikon panah ke bawah pada bagian kanan atas browser dan mulailah untuk mencari tab yang Anda inginkan.

Menjelajah Internet Menjadi Semakin Aman

Photo: Unsplash

Tantangan dalam dunia bisnis dan perusahaan ketika menggunakan jaringan internet adalah keamanan jaringan. Sebab tak jarang kini kejahatan siber bisa menyerang perusahaan melalui jaringan internet yang ada ketika seseorang melakukan browsing.

Untungnya, Chrome kini dilengkapi dengan fitur terbaru untuk melindungi data perusahaan dari malware. Fitur tersebut adalah Site Isolation yang dapat mendeteksi ancaman serangan siber dalam waktu 50 kali lebih baik.

Shortcut di Address Bar Lebih Mudah

Photo: Unsplash

Selain memudahkan dalam mengatur tab, fitur Chrome yang dapat digunakan oleh tim IT perusahaan dalam memudahkan pengguna adalah Chrome Actions. Fitur ini memiliki setidaknya 16 layanan yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah serta aman melalui Address Bar.

Menariknya lagi, fitur ini uga terintegrasi dengan Google Workspace. Bila ingin menggunakannya, Anda bisa coba dengan mengetikkan dua kata seperti “trigger words” dalam address bar dan klik. Kemudian untuk melihat ‘action’ lainnya bisa dengan ketikkan kata “safety check” atau “new Google Doc” dan sebagainya. Namun, layanan ini masih tersedia dalam bahasa Inggris saja.

Browsing Urusan Kerja dan Personal Bisa Terpisah

Photo: Unsplash

Terkadang seseorang tidak begitu hirau dan bahkan terkesan abai dengan browsing di internet antara untuk hal pribadi dan urusan pekerjaan. Dengan menggunakan Chrome Profiles, nantinya akan memudahkan tim IT maupun pengguna lebih mudah memisahkan informasi ketika melakukan pencarian di internet.

Misalnya saja mengenai bookmarks, riwayat pencarian, password untuk login di sebuah akun, maupun setting lainnya. Ini sangat penting untuk menjaga kenyamanan Anda bekerja di lingkungan yang hybrid. Pengguna  juga bisa mengakses akun dengan browser yang sama secara mudah. Hanya dengan menggunakan klik pada ikon profil atau gambar yang ada di bagian kanan atas browser.

Kesimpulan

Photo: Unsplash

Dari ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa keberadaan tim IT di sebuah bisnis dan perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Terlebih dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Oleh karena itulah, keberadaan mereka juga penting dalam memaksimalkan penggunaan Chrome dalam berbagai kegiatan bisnis setiap saat.

Untuk mendukung perkembangan bisnis, Anda dapat menggunakan layanan terbaik dari Chrome seperti Chromebook sesuai kebutuhan. Anda bisa mendapatkannya di vendor Google terpercaya seperti EIKON Technology. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan Chrome yang kami tawarkan Anda bisa klik di sini.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *