BAB Cair Dan Susu Formula

by -12 views
bab-cair-dan-susu-formula

Dok, anak saya usia 10 bulan. Sekarang ini saya sedang hamil lagi. Anak saya sekarang menggunakan sufor tapi kenapa kadang2 kalo abis minum sufor lsg bab, & bab nya itu mencret seperti air. Anak saya juga nafsu makannya berkurang. Itu kenapa ya dok, apakah tidak cocok dg sufor merk tsb atau bagaimana?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai BAB Cair Setelah Konsumsi Susu Formula.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti demam, muntah, anak lemas, ruam merah? Apakah ini baru pertama kali menggunakan susu formula? apakah ada pergantian merk atau jenis susu yang dikonsumsi?

Apabila konsistensi tinja berubah dan frekuensi tinja meningkat (lebih dari 4 kali dalam sehari), maka dapat dikatakan ini diare. Diare pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena intoleransi susu, atau infeksi virus. Bagiamana persiapan susu formula anak Anda? Apakah botol susu dicuci bersih, dibilas air panas? Jangan biarkan tempat susu formula dan botol susu di sembarang tempat. Diare anak biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare. Diare terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan  diare ini akan membaik dengan sendirinya.

Seputar intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa merupakan keadaan kurangnya enzim laktase yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna laktosa (gula susu) yang terkandung di dalam susu. Laktosa yang tidak terproses tersebut akan bertahan di dalam usus dan mengalami fermentasi, sehingga usus terasa tidak nyaman, termasuk sakit perut, kembung, sering buang angin dan diare. Selain mempertimbangkan masalah intoleransi laktosa juga perlu diperhatikan faktor lain seperti pembuatan susu formula apakah terlalu pekat sebelumnya, juga perlu dipertimbangkan perkembangan usia yang memang disertai dengan perubahan frekuensi BAB. 

Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.

Jika keluhan terus berlangsung, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai BAB Cair Setelah Konsumsi Susu Formula. Semoga bermanfaat.

Salam,

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *