Aturan Konsumsi Sukun yang Baik bagi Kesehatan

by -12 views
aturan-konsumsi-sukun-yang-baik-bagi-kesehatan

Buah sukun memiliki daging buah dengan tekstur lembut dan rasa yang manis. Tidak heran bila banyak orang menggemari makanan yang satu ini.

Selain enak, sukun juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Namun, apa boleh konsumsi sukun setiap hari? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Sukun

Sukun mengandung zat tepung mirip dengan kentang. Namun, buah ini memiliki nutrisi lebih banyak dibanding kentang dan nasi.

Menurut United States Department of Agriculture, kandungan nutrisi sukun per 100 gram antara lain:

  • Protein: 4 gram
  • Karbohidrat: 31,9 gram
  • Serat: 5,4 gram
  • Fosfor: 43,1 milligram
  • Potassium: 376,7 milligram
  • Kalsium: 16,8 milligram
  • Magnesium: 34,3 milligram
  • Sodium: 19,4 milligram
  • Zat besi: 0,5 milligram
  • Zinc: 0,1 milligram
  • Vitamin C: 2,4 milligram
  • Thiamin: 0,1 milligram
  • Niacin: 0,9 milligram
  • Vitamin A: 1,4 mikrogram
  • Lutein: 96,3 mikrogram
  • Beta-karoten: 15,1 mikrogram

Artikel lainnya: Benarkah Buah Sukun Bisa Bikin Perut Kenyang dan Tambah Energi?

Dilansir dari Very Well Fit, berikut ini beberapa hal istimewa dari kandungan gizi sukun:

1. Kaya Karbohidrat

Kalori pada sukun sebagian besar berasal dari karbohidrat. Dalam 1 cangkir sukun mentah terkandung 60 gram karbohidrat, 24 gram gula, dan 11 gram serat.

Jumlah karbohidrat sukun yang tinggi membuatnya kerap dibandingkan dengan asupan serupa seperti nasi putih dan kentang.

Sebanyak 100 gram sukun (kurang lebih 1/2 cangkir) memiliki karbohidrat sekitar 32 gram. Sementara, dalam jumlah yang sama, kentang mengandung karbohidrat kira-kira 16 gram dan nasi memiliki kurang lebih 29 gram.

2. Rendah Lemak

Kandungan lemak pada sukun terhitung sedikit. Dalam 1 cangkir sukun mentah, lemak yang terkandung bahkan berjumlah kurang dari 1 gram. Jenisnya pun tergolong lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan.

Namun, bila Anda mengolah sukun dengan cara digoreng, hal ini justru berisiko merugikan tubuh. Karena, proses tersebut akan meningkatkan asupan lemak jenuh.

3. Tinggi Protein

Bila dibandingkan dengan kentang dan nasi putih, sukun memiliki protein hampir dua kali lebih banyak.

Selain itu, studi yang dipublikasikan Hindawi Journal menyatakan protein sukun terdiri dari leucine dan lysine. Keduanya merupakan asam amino esensial yang bermanfaat.

4. Kaya Vitamin dan Mineral

Selain berbagai vitamin dan mineral di atas, sukun juga memiliki kandungan vitamin B6, asam pantotenat, vitamin K, vitamin E, folat, mangan, dan tembaga.

Artikel lainnya: Benarkah Daun Sukun Bermanfaat untuk Kesehatan?

Amankah Makan Sukun Setiap Hari?

Beragam nutrisi penting di dalam sukun menjadikannya salah satu makanan bergizi yang baik untuk kesehatan. Tapi, amankah bila kita konsumsi sukun setiap hari?

Dokter Arina Heidyana mengatakan, makan sukun setiap hari boleh saja, asalkan tetap memerhatikan asupan lainnya yang juga mengandung karbohidrat dan kalium.

“Karena, sumber makanan lain yang sering dikonsumsi tiap hari juga banyak yang tinggi karbo dan kalium. Jadi, porsinya masing-masing tetap diperhatikan,” kata dr. Arina

“Lalu, sekali makan juga jangan berlebihan porsinya. Kalau berlebihan, hal ini juga bisa menimbulkan efek samping seperti perdarahan dan tekanan darah rendah,” lanjutnya.

Dokter Arina menyarankan, pengolahan sukun yang baik adalah direbus atau dibakar. Hindari sering mengonsumsi sukun yang digoreng. Jika terlalu sering melahap gorengan sukun, maka lemak jenuh di tubuh akan menumpuk.

“Nah, lemak jenuh ini bisa meningkatkan kolesterol di dalam darah yang berisiko menimbulkan penyakit jantung dan stroke,” ungkapnya.

Meski bermanfaat, batasi asupan sukun setiap harinya dan gunakan cara masak yang benar. Dengan begitu, manfaat sukun untuk kesehatan akan lebih terasa. Bila ingin konsultasi seputar asupan gizi harian dengan dokter, pakai Live Chat di KlikDokter.

(FR/JKT)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *