28.8 C
Jakarta
Tuesday, May 24, 2022

Panduan Lengkap Tata Cara Wudhu

BincangSyariah.Com– Sahabat Bincang Syariah, kali...

Tata Cara Tahallul: Lengkap dengan Zikir dan Artinya

BincangSyariah.Com– Tahallul secara bahasa artinya adalah...

Berikut Tata Cara Shalat Tasbih

BincangSyariah.Com–  Sahabat Bincang Syariah yang...

Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dan Cara Meneladaninya dalam Kehidupan

Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dan Cara Meneladaninya dalam Kehidupan

As Sami artinya Yang Maha Mendengar, satu dari 99 nama indah Allah atau yang kita kenal sebagai Asmaul Husna.

Dalam agama Islam, seorang muslim dianjurkan untuk mempelajari dan mengenal sifat-sifat Allah dalam 99 Asmaul Husna ini beserta dengan artinya. Selain untuk memahami hubungan seorang makhluk dengan TuhanNya, keutamaan mempelajari 99 Asmaul Husna adalah agar umat muslim semakin memaknai arti kebesaran dan keagungan Allah SWT.

Seorang muslim sebaiknya mengetahui dan mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk perilaku, sifat maupun untuk wirid.

Salah satu Asmaul Husna yang penting kita pahami adalah As Sami. Untuk mempelajari salah satu nama indah Allah ini, berikut penjelasan selengkapnya, terkait arti, dalil, hingga cara memaknainya dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terkait: Maha Menghitung, Memaknai Asma Allah Al Muhshii dalam Hidup Ini

Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar

Asmaul Husna As Sami memiliki arti, yaitu Yang Maha Mendengar. Sebagaimana banyak disebutkan dalam Al Quran, Tuhan semesta alam, Allah SWT adalah As-Sami. Allah mendengar segalanya dan melihat segalanya. Dia memerhatikan semua permohonan, doa, mendengarkan semua yang meminta kepada Dia. Meskipun kita berbicara nyaring ataupun berbisik pelan Dia mendengar setiap kata yang kita sebutkan. 

As Sami berasal dari akar kata s-m-‘ yang dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai:
• mendengar,
• menyimak untuk memahami,
• menerima,
• perintah untuk memerhatikan,
• penuh perhatian untuk mengerti apa yang didengarkan.

Sementara itu, mengutipi laman Rumah Belajar Kemendikbud, kata As Sami memiliki arti dan makna Maha Mendengar. Arti As Sami ini menerangkan bahwa Allah SWT mendengarkan segala suara, segala bunyi, percakapan, dan lain sebagainnya di alam semesta ini.

Makna lebih luas Asmaul Husna As Sami adalah ketidakterbatasan pendengaran Allah SWT, bahkan DzatNya mengetahui suara hati dan segala yang terbesit di benak manusia

 Berbagai Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh
Dalil Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar di Al Quran

Asmaul Husna As Sami di dalam Al Quran ditampilkan dalam banyak ayat. Beberapa surat tentang Asmaul Husna Yang Maha Mendengar ini terkandung dalam Surah Al Baqarah ayat 127, ayat 137, Surat Hujurat ayat 1, hingga Surah Anfal ayat 17.

Surah Al Baqarah Ayat 127 Tentang Asmaul Husna As Sami

وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ – ١٢٧

Arab Latin:

Wa iż yarfa’u ibrāhīmul-qawā’ida minal-baiti wa ismā’īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī’ul-‘alīm

Artinya:

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Surat Al Baqarah Ayat 137

فَاِنْ اٰمَنُوْا بِمِثْلِ مَآ اٰمَنْتُمْ بِهٖ فَقَدِ اهْتَدَوْا ۚوَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنَّمَا هُمْ فِيْ شِقَاقٍۚ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللّٰهُ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ۗ – ١٣٧

Arab Latin:

Fa in āmanụ bimiṡli mā āmantum bihī fa qadihtadau, wa in tawallau fa innamā hum fī syiqāq, fa sayakfīkahumullāh, wa huwas-samī’ul-‘alīm

Artinya:

Maka jika mereka telah beriman sebagaimana yang kamu imani, sungguh, mereka telah mendapat petunjuk. Tetapi jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (denganmu), maka Allah mencukupkan engkau (Muhammad) terhadap mereka (dengan pertolongan-Nya). Dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Surat Hujurat Ayat 1 Tentang As Sami

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Arab-Latin

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuqaddimụ baina yadayillāhi wa rasụlihī wattaqullāh, innallāha samī’un ‘alīm

Artinya

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Al Hajj ayat 61

ذَٰلِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ يُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَيُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ وَأَنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Arab-Latin

Zālika bi`annallāha yụlijul-laila fin-nahāri wa yụlijun-nahāra fil-laili wa annallāha samī’um baṣīr

Artinya

Yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah (kuasa) memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan bahwasanya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dalam Surat Al Mujadilah ayat 1

قَدْ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوْلَ ٱلَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِى زَوْجِهَا وَتَشْتَكِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَٱللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَآ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Arab-Latin
Qad sami’allāhu qaulallatī tujādiluka fī zaujihā wa tasytakī ilallāhi wallāhu yasma’u taḥāwurakumā, innallāha samī’um baṣīr

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan prempuan yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Surah Anfal Ayat 17

فَلَمْ تَقْتُلُوْهُمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ قَتَلَهُمْۖ وَمَا رَمَيْتَ اِذْ رَمَيْتَ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ رَمٰىۚ وَلِيُبْلِيَ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْهُ بَلَاۤءً حَسَنًاۗ اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ – ١٧

Arab Latin

Fa lam taqtulụhum wa lākinnallāha qatalahum wa mā ramaita iż ramaita wa lākinnallāha ramā, wa liyubliyal-mu`minīna min-hu balā`an ḥasanā, innallāha samī’un ‘alīm

Artinya

Maka (sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, melainkan Allah yang membunuh mereka, dan bukan engkau yang melempar ketika engkau melempar, tetapi Allah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. 

Artikel Terkait: Arti dan Makna Asmaul Husna Al Mutaalii dan Cara Meneladani di Kehidupan Sehari-Hari

Memaknai Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Asmaul Husna mengandung banyak rahasia dan manfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat. Nama-nama Allah yang indah ini juga memiliki keistimewaan-keistimewaan, salah satunya adalah sebagai doa yang bisa kita sebut dalam permohonan kita. Begitu juga dengan Asmaul Husna As Sami ini. Berikut adalah beberapa cara memaknai dan meneladani sifat Allah Yang Maha Mendengar atau As Sami ini:

Memperbanyak Dzikir dan Wirid

Asmaul Husna As Sami dapat dijadikan sebagai wirid dan dzikir untuk mengingatkan diri, bahwa hanya Allah SWT adalah Yang Maha Mendengar dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan memaknai nama Allah ini, niat dzikir dan wirid kita dapat lebih kuat, karena yakin bahwa Dia Allah Yang Maha Mendengar hamba-hambanya.

Menggunakan Telinga untuk Mendengar Hal-Hal Baik

Selain itu Syafi’ie el-Bantanie dalam bukunya Rahasia Keajaiban Asmaul Husna memberikan cara meneladani Asmaul Husna As Sami, yaitu dengan menggunakan telinga untuk mendengar hal-hal yang baik. Misalnya untuk mendengarkan pengajian, lafal Alquran, dan kata-kata yang baik. Tidak sebaliknya, tidak menggunakan telinga untuk mendengar hal-hal yang tidak baik, seperti ghibah, kata-kata kotor, dll.

Menjadi Pendengar Yang Baik untuk Orang Lain

As Sami juga dapat dijadikan sikap dalam menjalani kehidupan di dunia. Penerapan Asmaul Husna As Sami dalam diri seorang muslim dapat diwujudkan dengan hal baik seperti mendengarkan perkataan orang lain secara seksama apabila diajak berbincang, terlebih orang yang lebih tua.

Mengingatkan Muslim untuk Selalu Berkata Yang Baik

Cara meneladani Asmaul Husna As Sami yang lain adalah dengan menjaga tutur kata yang kita ucapkan. Sebagaimana disampaikan M. Quraish Shihab dalam Al-Asma’ Al-Husna Mengenal Nama-Nama Allah yang menerangkan, nama As Sami Yang Maha Mendengar ini hendaknya dapat mengingatkan manusia untuk memelihara lidahnya. Yaitu dengan mengucapkan hal-hal yang baik. Dengan berkata yang baik, kita juga dapat membantu sesama Muslim untuk mendengarkan hal yang baik pula.

Demikian rangkuman tentang Asmaul Husna As Sami artinya Yang Maha Mendengar yang bisa kita pelajari bersama. Semoga dengan memahaminya kita bisa menambah keimanan kita sebagai muslim.

**

The post Asmaul Husna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dan Cara Meneladaninya dalam Kehidupan appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles