in , , ,

Apple Peringatkan Penggunanya untuk Tidak Menutup Kamera MacBook

Layar MacBook Pro 16 inci yang retak setelah dipasang penutup kamera. Foto: Reddit

Teknologi.id – Apple melarang penggunanya untuk menutup kamera yang terpasang pada MacBook. Hal ini dikarenakan jarak antara layar dengan keyboard didesain dengan sangat rapat, yang akan menjadi masalah jika kamera pada MacBook dipasang penutup.

Menutup kamera yang terpasang juga akan mengganggu sensor cahaya dan menghalangi fitur seperti automatic brightness dan True Tone untuk bekerja dengan baik.

Sebagai alternatif, Apple menyarankan untuk menggunakan indikator kamera untuk menentukan apakah kamera aktif dan pilih aplikasi yang bisa menggunakan kamera melalui System Preferences.

Baca juga: Google Maps Uji Coba Fitur Lampu Lalu Lintas, Ingin Saingi Apple Maps?

Peringatan ini dikeluarkan setelah banyaknya komplain masuk dari para pemilik MacBook Pro yang mengaku layarnya retak setelah kamera ditutup.

Isu ini banyak ditemukan pada pengguna MacBook Pro berukuran 16 inci yang memiliki bezel lebih tipis. Hal ini menyebabkan layar jadi lebih rentan meskipun terkena sedikit saja tekanan berlebih.

Pengguna dengan penutup webcam yang sama mengaku tidak mengalami permasalahan dengan MacBook Pro keluaran 2011.

Kerusakan karena menggunakan tutup webcam ini dianggap sebagai kecelakaan dan bisa diperbaiki dengan garansi AppleCare+, namun Apple tidak akan memperbaikinya untuk pengguna yang tidak memiliki AppleCare+ dan tentu akan menghabiskan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Baca juga: MacBook Air 2020, Pilihan Tepat dengan Layar Memikat

Apple menegaskan pengguna yang khawatir tentang pengaksesan kamera illegal cukup memerhatikan tanda lampu hijau yang terletak disisi kamera yang akan menyala jika kamera aktif.

Pemilik MacBook juga bisa mengontrol aplikasi apa saja yang bisa mengakses kamera karena diperlukan konfirmasi perizinan dari pengguna sebelum aplikasi bisa mengakses kamera.

Jika benar-benar diperlukan, Apple menyarankan penutup kamera yang tidak lebih tebal dari rata-rata selembar kertas (0,1mm) dan tidak meninggalkan jejak residu perekat.

(im)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
meski-putus-kuliah,-seorang-pemuda-jepang-bangun-perusahaan-ai-seharga-rp-8,1-triliun

Meski Putus Kuliah, Seorang Pemuda Jepang Bangun Perusahaan AI Seharga Rp 8,1 triliun

kacamata-ar-apple-sudah-masuk-percobaan-produksi

Kacamata AR Apple Sudah Masuk Percobaan Produksi