in ,

Apa penyebab terjadinya dejavu?

Pernahkah Anda mendadak mengalami perasaan sama atau akrab terhadap suatu kondisi, padahal Anda berada di tempat yang sama sekali baru?

Atau perasaan seperti pernah memiliki percakapan yang sama persis dengan seseorang sebelumnya?

Rasa akrab ini, seperti kita tahu, disebut dejavu (dari bahasa Prancis “déjà vu” yang berarti “pernah dilihat”) dan ini dilaporkan terjadi sesekali pada 60% hingga 80% orang. Ini pengalaman yang hampir selalu terjadi secara singkat dan acak.

Apa penyebab timbulnya perasaan ini?

Meski kerap diulas dalam budaya pop, pengalaman dejavu kurang dipahami dalam istilah ilmiah. Dejavu terjadi singkat, tanpa pertanda, dan tidak memiliki manifestasi fisik, kecuali pengumuman: “Aduh dejavu!”

Banyak peneliti mengatakan, fenomena ini merupakan pengalaman berbasis ingatan dan disebabkan oleh pusat ingatan di otak.

Sistem memori

Lobus temporal medial sangat penting dalam mempertahankan ingatan jangka panjang dari berbagai peristiwa dan fakta.

Daerah tertentu dari lobus temporal medial berfungsi penting dalam mendeteksi perasaan akrab atau kenal—bukan dalam mengingat detail peristiwa-peristiwa tertentu.

Perasaan akrab sepertinya bergantung pada fungsi korteks rhinal, sedangkan ingatan mendetail itu terkait dengan hippocampus.

Pengalaman dejavu yang terjadi acak dalam individu yang sehat, membuatnya sulit dipelajari secara empiris. Semua penelitian bergantung pada pelaporan sendiri atau pengakuan mereka mengalaminya.

Gangguan dalam matriks

Sementara itu, sebagian pasien epilepsi secara konsisten mengalami dejavu pada awal terjadinya kejang—yakni ketika kejang berawal di lobus temporal medial.

Ini membuka kesempatan para ilmuwan untuk meneliti dejavu dengan cara yang lebih terkontrol secara eksperimental.

Kejang epileptik dipicu oleh perubahan aktivitas listrik pada neuron dalam daerah fokal otak. Gangguan fungsi kerja neuron ini dapat menyebar ke seluruh bagian otak, sebagaimana gelombang kejut akibat gempa bumi.

Daerah-daerah otak tempat terjadinya aktivasi listrik ini mencakup lobus temporal medial.

Gangguan listrik

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

bincang-ringan-masa-depan,-mulai-dari-film-hingga-wirausahawan

Bincang Ringan Masa Depan, Mulai dari Film Hingga Wirausahawan

apa-itu-kemoterapi-dan-bagaimana-cara-kerjanya?

Apa itu kemoterapi dan bagaimana cara kerjanya?