Apa itu Breakout Pada Wajah? Jangan Tertukar dengan Purging!

by -27 views
apa-itu-breakout-pada-wajah?-jangan-tertukar-dengan-purging!

Apa itu breakout pada wajah? Breakout merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang ditandakan dengan munculnya bintik-bintik merah, beruntusan, dan jerawat. Masalah kulit ini menandakan bahwa kulit mengalam iritasi yang cukup parah sehingga warna kulit pun menjadi kemerahan dan sangat sensitif terhadap sentuhan maupun saat terkena air. Apa itu breakout dan hubungannya dengan kulit kering?

Kulit yang mengalami iritasi ini biasanya dibarengi dengan kulit yang kering. Seringkali banyak orang yang sulit membedakan antara apa itu breakout pada wajah dan apa itu purging? Baik breakout maupun purging keduanya merupakan masalah yang umum ditemukan pada kulit wajah dan harus ditangani dengan cara yang berbeda. Yuk ketahui apa itu breakout pada wajah dan perbedaannya dengan purging berikut ini.

Apa itu Breakout Pada Wajah dan Apa itu Purging?

Apa itu breakout pada wajah dan perbedaanya dengan purging? Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, purging dikenal sebagai salah satu istilah dalam dunia kecantikan yang berasal dari kata purge yang berarti pembersihan. Kondisi kulit ini umumnya terjadi saat fase awal penggunaan skin care ataupun fase pergantian produk skin care dari yang biasa kamu gunakan ke produk baru.

Purging juga dikenal sebagai sebuah kondisi kulit wajah yang bereaksi terhadapa penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA dan BHA. Selain itu purging pun bisa terjadi saat kamu menggunakan produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang memang memiliki kemampuan untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

10 Kesalahan Umum Makeup Natural: Wajib Disimak Saat Ingin Mencoba Tampilan Makeup ‘No Makeup’
@good_citizen via Unsplash

Apa itu breakout pada wajah dan perbedaannya dengan purging dalam sisi lama terjadinya? Umumnya kulit wajah yang mengalami purging akan terjadi selama 3-4 minggu. Namun lamanya bisa juga berbeda setiap orang karena disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulitnya.

Apa itu Breakout Pada Wajah?

Setelah kamu memahami apa itu purging selanjutnya Bob akan menjelaskan apa itu breakout pada wajah. Berbeda dengan purging, breakout merupakan salah satu kondisi kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu. Tak hanya bintik merah dan jerawat, pada kasus yang sangat parah seseorang bisa mengalami breakout berupa  bisul, yang juga disertai dengan rasa nyeri, perih, gatal, pembengkakan, dan peradangan.

Apa itu breakout pada wajah dan apakah kulitnya akan menjadi kering? Sama dengan purging, breakout pada kulit wajah pun basanya akan membuat permukaan kulit menjadi kering, kasar, dan mengelupas. Selain karena penggunaan skin care yang tidak cocok, breakout pun bisa terjadi karena gangguan pencernaan, stres, dan faktor lingkungan.

Cegah Iritasi pada Kulit Wajah Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Apa itu Breakout Pada Wajah: Cara Mengatasinya

Apa itu breakout pada wajah dan bagaimana cara mengatasinya? Saat kulit kamu menunjukkan tanda-tanda purging setelah penggunaan skincare yang enderung mengandung asam dan memiliki fungsi unuk mempercepat peremajaan kulit maka kamu bisa melakukan hal ini. Pertama-tama adalah kurangi kadar skin care ataupun bahan kimia yang biasa kamu gunakan. Selanjutnya adalah beri jarak selama beberapa hari antara pemakaian yang pertama dan selanjutnya agar kulit tidak iritasi.

Berbeda dengan breakout yang harus kamu lakukan adalah dengan segera menghentikan penggunaan skin care atau bahan kimia jika iritasi yang kamu rasakan sudah diambang batas. Jika breakout pada kulit kamu timbul karena masalah perncernaan, hormon, ataupun stres cobalah untuk memperbaiki gaya hdup kamu menjadi lebih sehat.

Apa itu Breakout Pada Wajah: Purging karena Detoksifikasi? Fakta atau Mitos?

Apa itu breakout pada wajah dan apakah itu terjadi karena kulit mengalami detoksifikasi? Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya detoksifikasi atau juga dikenal dengan detoks merupakan proses mengeluarkan racun dari tubuh. Proses detoks ini disebut-sebut juga dapat terjadi pada kulit. Benarkah itu?

Apa itu Breakout Pada Wajah: Penjelasan Detoks Kulit

Apa itu breakout pada wajah dan hubungannya detoksifikasi? Mungkin kamu sudah cukup sering menemukan iklan beberapa skin care yang mengklaim dapat melakukan detoksifikasi pada kulit. Skin care dengan kemampuan detoksifikasi ini kemudian akan membantu membersihkan kulit dari minyak, debu, komedo, sel kulit mati, dan juga bahan kimia yang tidak baik bagi kulit. Lalu apa itu breakout pada wajah dan apakah detoks pada kulit itu mitos seperti yang banyak orang katakan?

Sesuai dengan namanya purging yang memiliki arti membersihkan, proses ini hanya membantu untuk membersihkan kulit dari kelebihan sebum dan juga sel kulit mati. Sedangkan di sisi lain, detoks memiliki artian mengeluarkan toksin atau racun. Pada dasarnya kulit tidak memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi. Tubuh manusia hanya memiliki beberapa organ yang dapat melakukan proses detoksifikasi yang bernama ginjal dan hati.

Apa itu breakout pada wajah

Oleh karena itu pemilihan kata detoks pada kulit merupakan salah satu hal yang kurang tepat. Disebutkan oleh dr. Maureen Situmeang detoks hanya dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui keringat atau air seni. Dalam kata lain penggunaan istilah detoks kulit pada beberapa brand skincare dengan klaim bisa jadi mengeluarkan jerawat adalah hal yang menyimpang dan menyesatkan. Bisa disimpulkan pertanyaan atas apa itu breakout pada wajah dan apakah detoksifikasi pada kulit itu benar terjadi itu adalah mitos.

Penggunaan istilah detoks kulit tidak dibenarkan oleh para pakar kecantikan karena dikhawatirkan menimbulkan kesalahpahaman. Tak jarang banyak orang akan membiarkan kondisi breakout pada kulit mereka karena mengira itu merupakan proses detoksifikasi kulit yang harus dilalui. Jika kulit kamu mengalami iritasi yang hebat sesaat setelah pemakaian skin care segeralah hentikan pemakaiannya dan hubungi dokter kulit jika diperlukan.

Detoks Kulit: Pentingnya Membersihkan Kulit

Apa itu breakout pada wajah dan bagaimana cara agar terhindar dari permasalah kulit tersebut? Salah satu cara yang penting kamu lakukan agar kulit wajah tetap dalam kondisi sehat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Kulit wajah yang bersih akan membuat kulit kamu terhindar dari penyumbatan pori-pori akibat kotoran dan produksi minyak berlebih yang merupakan beberapa alasan terjadinya breakout pada kulit. Semoga penjelasan Bob mengenai apa itu breakout pada wajah bisa membantu kamu ya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

Interior Bobocabin

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *