Ansor Melawi Jadi Garda Terdepan NU Peduli Bencana

by -13 views

Melawi, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Melawi Kalimantan Barat menggerakkan elemen kepemudaannya seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam yang terjadi di beberapa daerah.

Sebagaimana diketahui, musibah tersebut terjadi di saat pandemi Covid-19, juga bertepatan dengan bulan kelahiran Nahdlatul Ulama (NU). Untuk itu, NU Melawi dalam membentuk Satuan Tugas (Satgas) NU Melawi Peduli Bencana digerakkan dalam satu kegiatan penyambutan Harlah NU. 

“Aksi penggalangan dana ini merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka menyambut Harlah ke-95 NU yang diinisiasi oleh PCNU Melawi. Sedangkan pelaksanaan di lapangan diserahkan kepada pemuda pemudi NU,” kata Ketua Satgas NU Melawi Peduli Bencana Wahib Ubaidillah kepada NU Online, Jumat (22/1).

Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Melawi ini menerangkan, sasaran penggalangan dana dibagi menjadi dua, yakni masyarakat umum dan lembaga pendidikan. “Untuk sasaran masyarakat umum melalui penggalangan dana di lampu merah dan di lembaga pendidikan melalui surat dan proposal resmi,” ungkapnya.

Selain galang dana langsung dari Satgas NU Melawi Peduli Bencana, juga telah disiapkan rekening donasi Bank Syariah Mandiri (BSM) : 7135996682 atas nama LAZISNU Melawi. Rekening tersebut, secara khusus diminta GP Ansor Melawi untuk mendukung donatur yang ingin membantu meringankan beban para korban bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Aksi penggalangan dana ini juga merupakan wujud dari empati dan khidmah kader muda NU Melawi buat negeri ini, terutama dalam menyikapi berbagai bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini,” ucapnya. 

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Melawi, Tomi Bahtiar yang ikut dalam aksi penggalangan dana menyatakan, Ansor-Banser selalu siap mengawal dan menyukseskan setiap agenda dan kegiatan NU, apalagi agenda aksi kemanusiaan yang dirangkai dalam menyambut Harlah ke-95 NU. 

“Kami telah mendapat arahan langsung dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas untuk selalu siap menerjunkan para anggota untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ucapnya.

“Semoga aksi kami ini, dapat membantu meringankan beban saudara kami yang menjadi korban bencana, terutama yang ada di Kalimantan Barat,” pungkasnya. 

Kontributor: Sukarno, Ahmad Rifqi Hidayat

Editor: Abdul Muiz

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *