Aneka Jajanan Enak Dan Murah di Singapura Yang Wajib Kamu Coba

by -11 views
aneka-jajanan-enak-dan-murah-di-singapura-yang-wajib-kamu-coba

Kalau liburan ke Singapura, belum lengkap rasanya kalau tidak berburu kuliner yang enak dan murah di negara satu ini. Seperti yang kita tahu, Singapura memang menjadi tujuan traveling yang sempurna.

Selain banyaknya tempat wisata, negara ini juga memiliki sajian kuliner yang sayang jika dilewatkan. Tak hanya makanan beratnya saja yang menggoda lidah untuk mencicipinya, namun aneka jajanan atau makanan ringannya juga sangat menarik untuk dicoba. Singapura bahkan menawarkan banyak tempat untuk berburu jajanan enak dan murah khas Singapura.

Nah buat kamu yang bingung harus mencoba jajanan apa saja, berikut ini merupakan deretan jajanan enak dan mudah di Singapura yang wajib kamu coba. So let’s check it out guys!

16 Jajanan Enak Dan Murah di Singapura

1. Kaya Toast

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via umma.id

Jajanan enak dan murah di Singapura yang wajib kamu coba diawali dengan Kaya Toast. Ini merupakan camilan favorit masyarakat Singapura yang terbuat dari roti tawar yang dipanggang hampir kering. Teksturnya renyah dengan isian selai srikaya yang manis dan mentega yang gurih. Jajanan ini biasa dijadikan menu sarapan oleh warga setempat dan paling nikmat disajikan dengan secangkir kopi ataupun teh.

2. Fried Carrot Cake

Jajanan khas Singapura

photo via reddoorz.com

Fried Carrot Cake atau chai tao kway merupakan jajanan pinggir jalan yang populer di Singapura. Entah kenapa makanan ringan Singapura ini disebut Fried Carrot Cake padahal bahan utamanya adalah lobak yang dihancurkan dan dicampur dengan tepung lalu dikukus. Lalu cara menghidangkannya biasa digoreng dengan telur dicampur dengan bawang putih atau chye-poh. Di Singapura ada 2 macam Fried Carrot Cake yang bisa kamu temui yakni yang hitam dan putih. Kalau yang hitam akan digoreng dengan kecap manis sehingga ada rasa gurih manisnya sedangkan kalau yang putih hanya digoreng biasa saja yang rasanya asin dan terkadang aroma lobaknya masih begitu terasa. Bila kamu ingin mencobanya, Fried Carrot Cake di Singapura dipatok dengan harga yang terjangkau bagi kantong anak sekolahan.

3. Rojak Singapura

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via womensweekly.com.sg

Nah buat kalian yang sedang ngidam rujak saat berlibur di Singapura, maka wajib banget nyobain Rojak Singapura. Berbeda dari rujak di Indonesia, Rojak Singapura ini merupakan salad lokal yang terdiri dari campuran sayur, buah-buahan, dan cakwe yang disiram saus hitam lengket serta dihiasi dengan kacang cincang juga bunga jahe wangi yang dirajang agar rasanya agak pedas. Nah rojak Singapura ini memiliki cita rasa yang segar, manis, asam hingga pedas. Cocok untuk camilan disiang hari.

4. Roti Prata

Jajanan khas Singapura

photo via myperfecthomest.onrender.com

Jajanan enak dan murah di Singapura selanjutnya adalah roti prata. Jajanan satu ini sebenarnya berasal dari India. Namun sangat populer dan mudah ditemui di Singapura. Roti yang bentuknya bulat tipis ini memiliki tekstur sedikit renyah dan biasa dimakan dengan bersamaan menu kari baik kari ayam atau kambing sebagai pelengkapnya. Selain itu, roti prata Singapura juga bisa dinikmati dengan topping lainnya seperti keju, cojelat, telur, bahkan pisang.

5. Popiah

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via klook.com

Kalau di Indonesia ada lumpia, maka di Singapura ada Popiah yang memiliki kemiripan dengan lumpia khas Indonesia hanya saja penyajiannya mirip dengan lumpia basah yang hanya dibungkus tanpa digoreng. Popiah sendiri berisi berbagai macam isian seperti lobak kukus, telur omelet, tauge, kacang, telur udang dan timun. Biasanya popiah disajikan dengan saus manis. Makanan ini bisa kamu temukan di food court, food stall ataupun di kedai-kedai makanan tradisional di Singapura. Rasanya enak dan harganyapun sangat terjangkau bagi wisatawan berkantong pas-pasan.

6. Garrett Popcorn

Jajanan khas Singapura

photo via candymania.mx

Jajanan kekinian yang populer di Singapura selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Garrett Popcorn. Jajanan ini sebenarnya berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Namun Garrett Popcorn cukup terkenal dan populer di Singapura. Tidak seperti popcorn pada umumnya, Garrett Popcorn ini memiliki banyak pilihan rasa yang menggugah selera mulai dari almond, strawberry, dan matcha. Namun salah satu rasa yang paling terkenal di Singapura dan paling best seller adalah perpaduan antara rasa cheese corn dan caramel sehingga kamu bisa menikmati sensasi popcorn manis dan gurih dalam satu kemasan sekaligus. Menariknya Garrett Popcorn bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah karena mampu bertahan hingga 1 minggu. Harganyapun cukup ramah dikantong yakni mulai dari Rp 40 ribuan hingga Rp 220 ribuan sesuai dengan ukuran yang kamu pilih.

7. Cokelat Merlion

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via workingwithgrace.wordpress.com

Buat kamu yang sudah sering ke Singapura atau memiliki teman atau kerabat yang sering membawa oleh-oleh dari Singapura, tentu cokelat Merlion ini sudah nggak asing bagi kalian. Yup, coklat satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Singapura yang wajib ada di daftar belanja kamu jika ke Singapura. Sesuai namanya, Cokelat Merlion adalah jajanan khas Singapura yang berbahan dasar coklat dengan banyak variasi rasa. Mulai dari rasa stroberi hingga green tea bisa kamu rasakan dalam jajanan satu ini. Menariknya, tak seperti coklat batangan pada umumnya, Cokelat Merlion ini memiliki ciri khas dimana bentuknya menyerupai ikon Singapura yakni kepala singa.

8. Royal Pudding

Jajanan khas Singapura

photo via befreetour.com

Jajanan khas Singapura selanjutnya yang wajib ada di daftar belanja kamu adalah Royal Pudding. Ini merupakan pudding khas Singapura yang memiliki rasa yang begitu manis dan legit. Teksturnya lembut dan membuat ketagihan. Nggak heran jika Royal Pudding menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke Singapura. Ciri khas dari pudding ini adalah kemasannya yang berupa sebuah toples kecil. Buat kamu yang ingin mencicipi manisnya jajanan khas Singapura ini bisa datang ke Paris Baguette Café yang letaknya ada di Wisma Atria, tepatnya di Orchard Road, Singapura.

9. Roti Thosai

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via timeout.com

Selain roti prata, Singapura juga terkenal dengan roti thosai yang sama-sama bernuansa India. Roti yang bernama lain Dosa ini punya bentuk yang mirip dengan crepes. Bedanya, roti ini mempunyai tekstur yang lebih kaku, serta bercita rasa renyah. Roti thosai ini biasanya disajikan bersama kuah kari dan saus putih yang gurih. Sangat cocok disantap sebagai camilan yang mengenyangkan. Kudapan satu ini bisa kamu temui di kawasan Little India di Singapura yang merupakan kawasan di Singapura yang kental akan budaya India atau Tamil.

10. Bakkwa

Jajanan khas Singapura

photo via sbs.com.au

Selanjutnya ada Bakkwa yang merupakan salah satu jajanan khas Singapura yang bentuknya mirip dendeng atau daging asap di Indonesia. Tak hanya mirip, cara membuatnyapun sama-sama diasap. Bahan dasar jajanan ini awalnya adalah daging babi. Namun, saat ini sudah ada Bakkwa yang berbahan dasar daging ayam atau sapi sehingga termasuk sebagai makanan halal. Bakkwa memiliki cita rasa yang manis dan gurih serta tahan cukup lama sehingga membuat kuliner ini banyak diburu untuk oleh-oleh.

Menariknya, Bakkwa bisa disantap langsung sebagai camilan atau bisa disantap bersama nasi. Buat kamu yang penasaran dengan rasa Bakkwa, kamu bisa membeli, jajanan gurih ini di gerai Bee Cheng Hiang yang tersebar di sejumlah sudut kota Singapura.

11. Curry Puff Singapura

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photov via tiptop.oddle.me

Curry Puff atau biasa disebut dengan Karipap merupakan jajanan khas Singapura yang mirip dengan pastel dan jalangkote yang ada di Indonesia. Di Singapura Curry Puff merupakan pastry renyah dengan isian kentang, daging ayam hingga telur rebus yang diberi bumbu kari dengan rasa yang lezat. Makanan ini sangatlah populer di Singapura dan beberapa negara Asia lainnya.

12. Squid Head

Jajanan khas Singapura

photo via burpple.com

Squid Head merupakan salah satu jajanan pinggir jalan atau street food yang populer di Singapura. Seperti namanya, camilan ini terbuat dari kepala cumi-cumi. Tak hanya digoreng biasa, namun Squid Head ini terlebih dulu dibalur dengan tepung sebelum di goreng. Balutan tepung yang tipis pada cumi membuatnya terasa lebih renyah dan spesial. Makanan ringan ini sangat praktis, bahkan kamu bisa memakannya sambil tetap berjalan-jalan mengelilingi wisata di Singapura.

13. Kueh Pie Tee

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via stbfoodografie.wordpress.com

Jajanan khas Singapura yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Kueh Pie Tee. Kue ini terbuat dari tepung beras yang digoreng kering dan dibentuk seperti mangkuk kecil. Kemudian di dalamnya diisi dengan isian berupa lobak kukus dan rebung rebus, dihiasi dengan varian bahan seperti udang, sisiran telur, peterseli segar dan cabai. Rasanya mirip seperti lumpia goreng di Indonesia, enak dan gurih.

14. Irvins Salted Egg Chips

Jajanan khas Singapura

photo via airfrov.com

Buat kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas Singapura, maka tak usah bingung, karena kamu bisa membeli Irvins Salted Egg Chips sebagai oleh-oleh kekinian dari Singapura yang tepat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Irvins Salted Egg Chips merupakan kudapan berupa keripik gurih rasa telur asin. Kudapan ini tersedia dalam beberapa varian produk yang bisa dicoba antara lain Salted Egg Fish Skin dan Salted Egg Potato Chips.

15. One Dollar Ice Cream (Es Krim Sandwich)

Jajanan Murah Meriah di Singapura

photo via trivia.sg

Nah kali ini kita bahas yang segar-segar yakni One Dollar Ice Cream atau dikenal juga dengan sebutan es krim sandwich khas Singapura. Eskrim satu ini sekilas mirip dengan es krim potong di Indonesia, hanya saja berbeda dari cara penyajian. One dollar ice cream disajikan bersama dua tangkup roti tawar sehingga disebut sebagai es krim sandwich. Di Singapura, One Dollar Ice Cream bisa dengan mudah ditemui dan tersedia dalam beragam rasa mulai dari cokelat, stroberi, vanilla, mint, hingga durian.

16. Ais kacang Singapura

Jajanan khas Singapura

photo via mariefranceasia.com

Jika di Malaysia ada sajian es campur disebut dengan Es ABCD, maka di Singapura ada Ais kacang. Ais Kacang Singapura ini merupakan sajian es yang dibuat dari es serut, kacang merah rebus, cincau, jagung, dan sirup manis. Terkadang, es ini juga ditambahkan jelly, buah kalengan, durian, dan bahkan juga es krim. Es satu ini merupakan santapan sejuta umat di Singapura dan bisa ditemukan di berbagai tempat di Singapura.

Itu dia aneka jajanan enak dan murah di Singapura yang wajib kamu coba. Sebenarnya Singapura masih memiliki banyak jajanan khas yang super enak lainnya yang tidak bisa kita bahas semua. Namun daftar jajanan di Singapura di atas adalah yang pali populer dan banyak diburu oleh wisatawan, baik untuk dicicipi langsung hingga dijadikan oleh-oleh. Jadi mana jajanan khas Singapura favorit kalian?

Leave your vote

466 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *