in

Amerika Serikat Akan Batasi Aplikasi WeChat, Ada Apa?

LAGI, Amerika Serikat melakukan pengawasan terhadap aplikasi kekinian Tiongkok. Setelah TikTok, kini AS juga melakukan pengawasan ketat terhadap WeChat.

Hal tersebut disampaikan oleh penasihat Perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro. “TikTok dan WeChat adalah bentuk penyensoran terbesar di daratan Tiongkok, karena itu harus dilakukan tindakan tegas,” ujarnya kepada Fox Business.

Seperti yang dilansir dari laman techcrunch, Navarro mengatakan data pengguna aplikasi itu bisa tidak aman. “Semua data masuk langsung ke server di Tiongkok, langsung ke militer Tiongkok, Partai Komunis Tiongkok, dan agensi yang ingin mencuri kekayaan intelektual kita,” tambahnya.

Baca juga:

Apple Tengah Uji Coba Produksi Kacamata AR, seperti Apa Kecanggihannya?

WeChat belum berkomentar terkait rencana pembatasan aplikasi WeChat di Amerika Serikat (Foto: pixabay/oohhsnapp)

Terkait hal itu, WeChat dikabarkan menolak untuk angkat biacara. Di sisi lain, pihak TikTok mengaku keamanan data pengguna menjadi prioritas utama mereka. Mereka menjamin tidak akan pernah membocorkan data pengguna ke pemerintah. “Kami tak akan melakukannya bila diminta,” kata pihak TikTok.

Demografi kedua aplikasi tersebut cukup berbeda. WeChat banyak digunakan di Tiongkok dan bisnis asing dengan jejak atau koneksi di Tiongkok. TikTok umumnya digunakan oleh pengguna lokal muda di seluruh dunia.

WeChat merupakan aplikasi yang mendukung segudang aktivitas sehari-hari di Tiongkok, mulai dari membayar di restoran, hingga membuat janji dengan dokter. Fungsi aplikasi itu sebagian besar terbatas pada pengiriman pesan di luar Tiongkok, karena pesaing asing banyak yang mengambil peran tersebut.

Baca juga:

YouTube Akan Hadirkan Lebih Banyak Iklan di Tengah Video?

Sayangnya belum jelas bagaimana pembatasan WeChat di Amerika Serikat akan dimainkan. Meski begitu, beberapa pengguna WeChat sudah berspekulasi tentang solusi untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman mereka di rumah.

Saat ini belum jelas seperti apa nantinya WeChat akan dibatasi di Amerika Serikat (Foto: theverge)

Bila messenger milik Tencent dihapus oleh Apple App Store atau Google Play, pengguna berbasis di Amerika Serikat bisa beralih ke toko regional lain untuk mengunduh aplikasi.

Namun, bila itu merupakan larangan alamat IP, mereka berpotensi mengakses aplikasi melalui jaringan pribadi virtual (VPN). VPN merupakan alat yang familiar bagi orang di Tiongkok untuk mengakses layanan online yang di blokir oleh Great Firewall Beijing.

VPN Tak harus untuk memerangi sensor. Tak jarang orang Tiongkok di luar negeri mengatur alamat IP ke negara asal mereka untuk mengalirkan acara di platform video Tiongkok yang tak tersedia di luar negeri karena batasan lisensi. (ryn)

Baca juga:

Bank ini Minta Seluruh Karyawan Hapus Aplikasi TikTok

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
bolehkah-pengidap-penyakit-jantung-bersepeda?-ini-kata-dokter

Bolehkah Pengidap Penyakit Jantung Bersepeda? Ini Kata Dokter

regulasi-anyar,-program-kartu-prakerja-diklaim-lebih-tepat-sasaran

Regulasi Anyar, Program Kartu Prakerja Diklaim Lebih Tepat Sasaran