Amankah Skincare Berbahan Acid Dipakai oleh Ibu Hamil? Ini Jawabannya

by -2 views
amankah-skincare-berbahan-acid-dipakai-oleh-ibu-hamil?-ini-jawabannya

INDOZONE.ID – Saat tengah hamil, wanita juga harus lebih memperhatikan kesehatan dan perawatan kulitnya. Namun, dalam menggunakan skincare, jangan lupa untuk mengetahui kandungan skincare yang digunakan. Karena bisa saja bahan itu berpotensi berdampak buruk pada perkembangan janin.

Golongan acid termasuk bahan kimia yang mudah ditemukan pada produk skincare. Dokter kulit dr. Rahma Evasari. Sp. DV., mengatakan, bahan acid bermanfaat untuk mengeksfoliasi agar sel kulit mati terangkat. Menurutnya, kebanyakan dari golongan acid masih aman digunakan bumil.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Membantu Memperkuat Skin Barrier

Namun ia mengingatkan, bumil harus lebih memperhatikan persentase kandungan acid yang terdapat pada produk skincare.

“Misalnya AHA, hydroxy acid yang lebih beken belakangan ini, mungkin tipenya yang sering digunakan sehari-hari glycolic acid. Kalau harian dosisnya maksimal 10 persen,” kata Rahma dalam siaran langsung Instagram ‘SIKAT Skincare Aman Pada Bumil dan Busui’, Minggu (14/2/2021).

Skincare untuk chemical peeling yang mengandung glycoli acid hingga 70 persen bahkan masih aman digunakan bumil, lanjut dokter Rahma.

Sedangkan golongan acid lain seperti, Beta Hidroxy Acid (BHA) dan salicylic acid, menurut dokter Rahma masih diperdebatkan oleh sejumlah ahli. Karena beberapa pendapat menyampaikan bahwa perawatan wajah lewat skincare yang mengandung turunan acid itu berbahaya bagi bumil.

Tetapi skincare yang dioleskan masih lebih aman karena penyerapan dikulit tidak terlalu besar.

Dokter Rahma juga menjelaskan bahwa dalam penggunaan skincare wajah ada tiga faktor yang akan menentukan hasilnya terhadap kesehatan kulit maupun keseluruhan.

“Obat topikal di kulit tergantung dari jenis bahan, konsentrasi, dan frekuensi penggunaan. Tiga itu kita harus tahu. Juga kondisi kulit yang dioleskan. Kalau dioleskan pada kulit terbuka atau iritasi, tentu penyerapan akan lebih tinggi dibandingkan kulit normal,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave your vote

554 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *