Alergi Setelah Terkena Udara Dingin

by -3 views
alergi-setelah-terkena-udara-dingin

Selamat Malam, Dok. Izin bertanya, 4 hari yang lalu saya demam tinggi, betis dan lutut terasa nyeri, berat banget dok buat jalan. Lalu saya konsumsi obat gabungan paracetamol dan ibuprofen. Sudah turun panasnya dan udah mendingan, itu selama 3 hari dok. Sehabis itu, muncul gatal ruam merah di bagian kulit tangan, kaki, dan punggung. Setiap terkena udara dingin, saya selalu begitu setelah suhu badan saya turun. Apakah itu termasuk alergi ? soalnya, saya belum pernah merasakan gatal apabila terkena udara dingin dok. Terimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Alergi adalah suatu reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi memang biasanya terjadi pada anak dari orang tua yang juga memiliki alergi (genetik). Namun, pada beberapa kasus dapat juga ditemukan anak yang menderita alergi meskipun orang tuanya tidak memiliki alergi apapun karena disamping faktor genetik alergi juga dapat muncul karena faktor-faktor lain seperti faktor lingkungan, faktor infeksi dan polutan.

Pada kasus Anda, bentuk alergi yang terjadi adalah berupa bentol-bentol yang terasa gatal hanya terjadi ketika udara dingin saja. Bentuk alergi bervariasi pada tiap orang;mulai dari bentol yang gatal pada kulit tubuh, bersin-bersin hingga mengeluarkan ingus cair dan bening, mata merah dan gatal, hingga asma. Sedangkan faktor pencetus pun berbeda-beda pada tiap orang; diantaranya, udara yang ekstrim ( dingin atau panas), debu, makanan seperti udang dan makanan laut lainnya. 

Penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari faktor pencetus alergi, dalam kasus Anda adalah udara dingin. Anda dapat menggunakan jaket atau baju yang lebih menghangatkan ataupun membuat udara kamar lebih hangat dari sebelumnya. Sedangkan obat anti alergi hanya dapat Anda konsumsi jika bentol-bentol tersebut timbul. Selain itu, tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Dengan cara-cara tersebut, diharapkan alergi menjadi lebih jarang terjadi dan kualitas hidup Anda menjadi meningkat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

  • dr. Dyah Novita Anggraini

    Author

    dr. Dyah Novita Anggraini

Leave your vote

607 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *