Aktuaris Salah Satu Profesi Menjanjikan di Masa Depan

by -2 views
aktuaris-salah-satu-profesi-menjanjikan-di-masa-depan
ilustrasi anak belajar matematika Foto: Shutterstock

Akhir-akhir ini aktuaris banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahui apa itu aktuaris. Aktuaris adalah seseorang yang ahli dalam mengaplikasikan teori matematika, probabilitas, statistika, ilmu ekonomi, dan keuangan serta manajemen bisnis. Pada umumnya seorang aktuaris bekerja di industri keuangan, seperti perusahaan-perusahaan asuransi, dana pensiun, pasar modal, dan menjadi konsultan aktuaria.

Banyak pula aktuaris yang bekerja di bidang-bidang lain yang berkaitan dengan pengelolaan risiko keuangan. Tentu saja pekerjaan-pekerjaan tersebut sangat memerlukan kemampuan analisa dan logika yang kuat.

Seorang aktuaris tak hanya memerlukan kemampuan analisa dan logika yang kuat saja tetapi ada kemampuan-kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh aktuaris. Kemampuan yang harus dimiliki aktuaris antara lain, kemampuan matematis yang baik seperti, kalkulus, statistika, dan probabilitas. Kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan memiliki kemampuan dalam manajemen projek.

Bukan hanya berkaitan dengan ilmu matematika aktuaria saja melainkan juga berkaitan dengan ilmu ekonomi. Aktuaris harus memiliki wawasan bisnis yang baik dan mampu menguasai ilmu keuangan, akuntansi dan ekonomi. Seorang aktuaris dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik melalui lisan ataupun tertulis dan memiliki kemampuan komputasi.

Selain dengan kemampuan matematis dan pengelolaan risiko keuangan, alasan yang menjadikan aktuaris sebagai salah satu profesi yang banyak diminati dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan asuransi adalah peluang kerja yang masih cukup besar di masa yang akan datang. Hal ini didukung dengan adanya keputusan dari pemerintah yang mewajibkan semua perusahaan asuransi memiliki paling sedikit satu orang aktuaris.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.426/KMK.06/2003 pada BAB III Pasal 16 berbunyi : “Perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.” Dengan adanya keputusan tersebut membuat banyak perusahaan asuransi yang bersaing untuk merekrut ahli aktuaria yang saat ini jumlahnya masih sangat terbatas khususnya di Indonesia. Lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja pun dapat segera memperoleh pekerjaan jika sudah memiliki kualifikasi sebagai seorang aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Untuk menjadi anggota dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), seorang calon aktuaris harus melakukan ujian profesionalisme aktuaris. Ujian tersebut terdiri dari sebelas mata ujian ataupun dapat melalui penyetaraan mata kuliah. Terdapat dua tingkatan untuk ujian profesi yaitu tingkat ASAI (Associate of Actuaries of Indonesia) dan tingkat FSAI (Fellowship of Actuaries of Indonesia). Penyetaraan mata kuliah hanya dapat dilakukan untuk mahasiswa dari universitas yang telah bekerja sama dengan PAI.

Saat ini, di Indonesia hanya terdapat delapan perguruan tinggi yang sudah melakukan kesepakatan dengan PAI yaitu, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Brawijaya (UNBRAW), dan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Aktuaris bukan sekadar pekerjaan tetapi aktuaris merupakan sebuah profesi. Aktuaris adalah sebuah karier yang berhubungan dengan bakat untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat untuk memegang teguh standar kinerja, profesionalisme dan etika.

Aktuaris dikatakan sebagai profesi yang sangat menjanjikan di masa yang akan datang karena menurut survei di beberapa negara menunjukkan bahwa profesi aktuaris memiliki penghasilan tertinggi. Bagi teman-teman SMA yang tertarik dan berminat untuk menjadi aktuaris sebaiknya mulai dari sekarang dapat memperkuat kemampuan matematis dengan cara menguasai pelajaran matematika dengan baik dan mengasah logika dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dapat mulai belajar bahasa pemrograman dan tidak lupa juga untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi.

Leave your vote

607 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *