31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Air Terjun Lembah Kahung, Tawarkan Pemandangan Indah Tak Ternilai di Banjar

Air Terjun Lembah Kahung, Tawarkan Pemandangan Indah Tak Ternilai di Banjar

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “Sesuatu yang berharga memang sulit untuk didapatkan”. Sepertinya istilah tersebut cocok diberikan untuk Air Terjun Lembah Kahung karena keindahannya yang luar biasa, tetapi dibutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk sampai ke sana.

Air terjun yang berada di wilayah hutan tropis Gunung Kahung, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini, sudah cukup terkenal di kalangan pecinta alam sebagai salah satu air terjun dengan pemandangan indah. Yuk, mengenal lebih jauh dengan air terjun setinggi 25 meter ini.

Artikel terkait: https://id.theasianparent.com/air-terjun-temburun

Menuju Air Terjun Lembang Kahung penuh perjuangan

Sumber: Instagram @tika_oktaviani97

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk menuju ke air terjun ini memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Jika ingin berkunjung ke sana, Anda harus menyusuri hutan rimba dan jalan yang cukup terjal.

Meski begitu, Anda juga akan disajikan oleh pemandangan yang menakjubkan di sepanjang perjalanan. Mulai dari berbagai jenis flora yang ada di hutan hingga salah satu yang paling menjadi favorit banyak orang, yaitu padang ilalang yang berlatarkan pegunungan hijau.

Awal perjalanan menuju air terjun yang berada shelter ke-4 atau pos pendakian ke Gunung Kahung ini, dimulai dari pusat kota menuju ke Waduk Riam Kanan dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Selanjutnya, perjalanan diteruskan menggunakan perahu klotok untuk menyeberangi waduk.

Setelah sampai di desa Belangin yang berada di kaki Gunung Kahung, perjalanan akan ditempuh dengan berjalan kaki. Siapkan stamina dan mental Anda sebelum memulai perjalanan, Untuk  menuju shelter pertama, memakan waktu sekitar 40 menit, sedangkan untuk menuju shelter ke-4 lokasi Air Terjun Lembang Karun, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Artikel terkait: https://id.theasianparent.com/curug-di-bogor

Keindahan air terjun akan membayar rasa lelah yang dirasakan

Sumber: Instagram @tampuhdaeh_adventure

Meskipun perjalanannya tidak mudah, tetapi begitu sampai di lokasi air terjun, rasanya semua rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan akan terbayarkan.

Sesampainya di sana, Anda akan langsung bisa menikmati pemandangan air yang mengalir dari ketinggian 25 meter. Karena debit airnya cukup deras dan jernih, maka butiran-butiran air akan membasahi tubuh jika Anda berdiri cukup dekat ke air terjun. Pastinya sangat menyegarkan, ya.

Batuan berwarna hitam yang terdapat di sekeliling air terjun semakin menambah keindahan. Anda bisa duduk-duduk di batu-batu ini sambil main air atau merendamkan kaki di aliran air terjun.

Jika Anda merasa terlalu lelah untuk kembali lagi ke kota hari itu juga, jangan khawatir. Di sekitar air terjun terdapat lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda. Anda bisa bermalam dan beristirahat di tenda, sambil mendengarkan suara air terjun yang tidak pernah berhenti.

Sumber: instagram @ceritabanjar

Namun, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik jika ingin menginap di sekitar lokasi Air Terjun Lembah Kahung, ya. Selain karena lokasi air terjun belum banyak dikunjungi sehingga masih terbilang sepi, juga terdapat banyak hewan pacet di sana.

Jika memutuskan ingin langsung pulang, kalkulasikan waktu istirahat selama berada di air terjun dengan baik. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik agar memiliki stamina yang cukup untuk perjalanan pulang. Hindari juga memulai perjalanan pulang terlalu sore sehingga saat malam tiba masih berada di tengah hutan, yang bisa sangat berbahaya.

Artikel terkait: https://id.theasianparent.com/wisata-tawangmangu

Air Terjun Lembah Kahung bisa dikunjungi secara gratis

Sumber: Instagram @petualangcantik_id

Hal lain yang menjadi daya tarik air terjun ini karena ditiadakannya tiket masuk untuk menuju ke Air Terjun Lembah Kahung. Karena lokasinya yang berada di hutan tropis dan satu lokasi dengan Gunung Kahung, maka semua orang bisa mengunjunginya secara gratis.

Hanya saja, jika Anda membawa kendaraan pribadi untuk menjelajah di lokasi ini, seperti sepeda motor, maka akan dikenakan biaya parkir yang masih cukup murah.

Meskipun gratis, tetapi pemandangan alam yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan menuju air terjun sangat mahal. Bahkan mungkin Anda tidak akan mendapatkannya di tempat lain.

Jika Anda pecinta alam atau air terjun yang indah atau saat ini sedang berada di Kalimatan Selatan, tidak ada salahnya mengunjungi Air Terjun Lembah Kahung dan saksikan sendiri keindahan hutan dan air terjun di sana.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles