Ada 1,13 Juta Masyarakat Indonesia jadi Orang Miskin Baru

by -4 views
ada-1,13-juta-masyarakat-indonesia-jadi-orang-miskin-baru

INDOZONE.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin baru di Indonesia mencapai 1,13 juta orang. Adapun penambahan tingkat kemiskinan ini diakibatkan karena adanya dampak dari Covid-19.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan bahwa jumlah penduduk miskin pada September 2020 sebesar 27,55 juta orang atau naik 1,13 juta orang jika dibandingkan dengan Maret 2020 yang sebanyak 26,42 juta orang.

Sedangkan, kalau dibandingkan September 2019 jumlah penduduk miskin naik 2,76 juta orang.

“Jadi kalau dibandingkan September 2019 ke September 2020 persentase penduduk miskin meningkat dari 9,22% jadi 10,19%, atau naik 0,97% setara dengan 2,76 juta orang,” ujar Suhariyanto dalam video virtual, Senin (15/2/2021).

Dia melanjutkan, kenaikan jumlah penduduk miskin di Indonesia tersebut salah satunya memang dipengaruhi oleh pandemi corona.  

Garis kemiskinan adalah suatu nilai pengeluaran minimum kebutuhan makanan dan nonmakanan yang harus dipenuhi agar tidak dikategorikan miskin. Penduduk miskin adalah yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan.

“Garis kemiskinan per kapita per bulan pada September 2020 adalah Rp 458.947. Dari komposisi ini, 73,87 persennya untuk komoditas makanan,” bebernya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa komponen garis kemiskinan terdiri dari garis kemiskinan makanan dan bukan makanan. Adapun sumbangan terbesar pada garis kemiskinan adalah komoditas makanan.

Namun menurut Suhariyanto, kenaikan orang miskin tersebut tak setinggi yang diperkirakan Bank Dunia. Hal ini menurutnya karena bantuan sosial (bansos) yang dilakukan pemerintah ternyata efektif menahan kenaikan jumlah kemiskinan.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave your vote

712 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *