ACL

by -2 views
acl

Malam dok Saya ingin menanyakan tentang cidera lutut ACL Sudah hampir 2 tahun saya cidera Namun saat hawa dingin kaki saya terasa mati rasa Apakah ada obat pereda nyeri acl tersebut🙏

Terimakasih telah bertanya tentang Terapi ACL menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Terdapat 4 jenis ligamen yang berada di sekeliling lutut, antara lain:

– Medial collateral ligament (MCL) – Lateral collateral ligament (LCL) – Anterior cruciate ligament (ACL)- Posterior cruciate ligament (PCL)

Cedera ligamen lutut paling sering mengenai ACL(ligamen yang berada di tengah depan). Penyebab tersering adalah terkena hantaman keras di sisi lutut seperti saat bermain sepak bola, hiperekstensi lutut, akibat stop tiba-tiba dan berubah arah saat lari, posisi turun saat loncat yang salah. Olahraga basket, sepakbola, dan ski merupakan jenis olahraga yang dihubungkan dengan cedera ligamen lutut.

Untuk permeriksaan ligamen yang robek misalnya MCL atau ACL tear, dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat dilakukan pemeriksaan seperti MRI ataupun arthroscopy (pemeriksaan invasif dengan dilakukan tindakan pembedahan untuk diagnostik)

Operasi pada ligamen bergantung dari besarnya robekan yang terjadi. Pada cedera ligamen lutut yang mengganggu kualitas hidup dan pada pasien yang aktif bergerak dibutuhkan operasi pada ligamen.

Sekitar 80% orang yang menjalani operasi ligamen mendapatkan hasil yang baik, meskipun terkadang masih dapat mengeluhkan nyeri. Pada pasien yang tidak dioperasi sekitar 50% mengeluhkan ketidakstabilan lutut. Konsultasikan kondisi Anda ke Dokter Spesialis Orthopedi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Demikian informasi tentang Terapi ACL yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *