9 Masjid Unik Karya Ridwan Kamil, Ada yang Disebut Mirip PS 5

by -1 views
9-masjid-unik-karya-ridwan-kamil,-ada-yang-disebut-mirip-ps-5

Jauh sebelum popular sebagai Walikota Bandung dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Kang Emil dikenal sebagai seorang ahli di bidang arsitektur. Ia diketahui punya rancangan bangungan yang anti mainstream. Lihat saja, sejumlah masjid karya Ridwan Kamil berikut ini.

Selain memiliki bentuk yang berbeda dan terkesan ‘nyeleneh’, rupanya setiap bangunan tersebut dirancang dengan nilai tersendiri, lho, Parents. Masing-masing bentuk merepresentasikan makna filosofis.

Lantas, seperti apa, ya, potret keunikan masjid karya Kang Emil tersebut? Yuk, kita simak bersama ulasannya berikut ini!

9 Masjid Unik Karya Ridwan Kamil

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 9 masjid unik karya Ridwan Kamil.

1. Masjid Al Safar

Foto: Instagram/@balingbalingbamboe

Di urutan pertama ada Masjid Al Safar yang terletak di rest area KM 88 Tol Cipularang. Coba deh lihat arsitekturnya, sangat unik dan megah.

Konon, rancangan Masjid Al Safar ini terinspirasi dari bentuk alam yang tak beraturan. Kang Emil pernah mengatakan bahwa masjid ini merupakan eksperimentasi teori lipat folding architecture. Maka tak heran, jika di dalamnya terdapat berbagai bentuk geometri seperti segitiga, segiempat, dan lain sebagainya.

2. Masjid Al Irsyad, Salah Satu Masjid Unik Karya Ridwan Kamil

Foto: Instagram/@bikinkerenindonesia

Berbeda dari desain bentuk masjid pada umumnya, masjid yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ini justru berbentuk kubus. Rupanya, arsitektur Masjid Al Irsyad terinspirasi dari Ka’bah di Mekkah.

Bagian tembok masjid tersusun atas bata berongga yang membentuk lafaz dua kalimat syahadat. Meski masjid ini tak memiliki jendela, bagian dalamnya terasa sangat sejuk lantaran lubang-lubang pada tembok yang mengatur sirkulasi udara.

3. Masjid Baiturrahman Merapi

Foto: Kompas

Masjid Baiturrahman di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta atau yang sering disebut Masjid Merapi adalah salah satu karya Kang Emil. Dari segi bentuk, masjid ini mengusung konsep tradisional dan modern.

Bagian atap bangunan, berbentuk atap susun khas tradisional Jawa. Sedangkan, material dominan masjid ini adalah batako yang disulap dari abu vulkanik letusan gunung. Hal ini mengajarkan nilai kreativitas dalam berkarya meski tengah dan telah dihantam bencana.

Artikel terkait: Mengajak balita shalat Tarawih di Masjid, ini tipsnya agar anak tak rewel

4. Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong 

Foto: Instagram/@kitareporters

Seperti rancangan bangunan khas Kang Emil lainnya, masjid ini juga mengusung konsep green mosque. Bagian atap bangunan didesain sedemikian rupa sehingga cahaya matahari dapat leluasa masuk ke dalam masjid.

Arsitekturnya yang unik terlihat dari bagian luar bangunan. Tembok masjid ini dihiasi kaligrafi Asmaul Husna yang sangat indah.

5. Masjid Raya Al Azhar Bekasi

Foto: Instagram/@summareconbekasi

Masjid yang terletak di Bekasi ini menghadirkan suasana unik tersendiri. Pasalnya, tembok bangunan yang berwarna coklat ditambah deretan pohon palem di bagian luar masjid akan membuat kita seolah sedang berada di Timur Tengah. Bangunan masjid yang sederhana ini rupanya terinspirasi dari bentuk Ka’bah di Mekkah. 

6. Masjid 99 Kubah

Foto: Instagram/@adekurniafs

Berikutnya ada Masjid 99 Kubah yang terletak di kota Makassar. Sesuai namanya, masjid yang didominasi warna oranye ini memiliki 99 kubah, terinspirasi dari 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah.

Disebut sebagai masjid dengan kubah terbanyak, masjid berukuran megah ini mampu menampung hingga 13 ribu jemaah.

7. Masjid Raya Sumatera Barat

Foto: Instagram/@pakindro

Bentuknya unik identik dengan model rumah adat Minang. Bagian atapnya terlihat seperti kain yang membentang ternyata terinspirasi kisah empat suku di Mekah yang dulu pernah berselisih untuk memindahkan Batu Hajar Aswad.

Masjid Raya Sumatera Barat mampu menampung hingga 15 ribu jemaah. Bangunan satu ini tidak dirancang langsung oleh Kang Emil, tetapi dibuat di bawah naungan biro arsitek yang didirikan olehnya.

Artikel terkait: Anak 3 Tahun diusir dari Masjid dengan kasar saat tarawih, Pantaskah?

8. Masjid Jami’e Darussalam, Masjid Segitiga Karya Ridwan Kamil

Foto: Instagram/@zainalmuttaqin.h

Terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat, bentuk masjid yang diresmikan pada Juni 2015 ini terbilang sangat tak biasa. Pasalnya, jika kebanyakan masjid berkubah bulat, Masjid Jami’e Darussalam justru berbentuk segitiga.

Kang Emil disebut sengaja menggunakan desain tersebut untuk mengubah pola pikir masyarakat yang selama ini selalu beranggapan bahwa bagian atas masjid harus berbentuk kubah.

9. Masjid Syaikh ‘Ajlin

Foto: Istimewa

Ini adalah rancangan terbaru Kang Emil untuk masjid di Gaza, Palestina. Bentuknya sangat unik, bahkan oleh warganet disebut mirip dengan PS 5 (PlayStation 5). Sebagian lain mengatakan bentuk bangunan seperti termos.

Masjid Syaikh ‘Ajlin didominasi warna putih. Terdiri atas tiga struktur bangunan yang berdampingan secara vertikal. Konon, bentuk bangunan terinspirasi bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat perjuangan.

****

Nah, itulah tadi 9 masjid unik karya Ridwan Kamil. Ngomong-ngomong, Parents sudah pernah berkunjung ke salah satunya? 

Jadi Lelaki ke-42, Ridwan Kamil Ungkap Kisah Cintanya dengan Atalia Praratya di Momen 24 Tahun Pernikahan

15 Potret Arkana Aidan Misbach, Putra Bungsu Ridwan Kamil yang Super Menggemaskan!

Tepat di Hari Anak Nasional, Ridwan Kamil Umumkan Adopsi Seorang Bayi

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.