9 Manfaat Teripang untuk Tubuh, Meningkatkan Imunitas hingga Menjaga Kesehatan Jantung

by -10 views
9-manfaat-teripang-untuk-tubuh,-meningkatkan-imunitas-hingga-menjaga-kesehatan-jantung

Siapa di antara Parents yang suka makan teripang atau timun laut? Memiliki tekstur kenyal, ternyata teripang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi.

Meski istilah lainnya adalah timun laut atau sea cucumber, tetapi teripang ini bukan termasuk ke dalam jenis sayuran. Teripang merupakan salah satu binatang laut yang bentuknya lonjong menyerupai timun, maka itu hewan yang satu ini dijuluki sebagai timun laut.

Bagi Anda yang kurang familier, teripang kerap dijumpai dalam hidangan seafood khas Tiongkok. Bagi sebagian orang, rasa teripang cenderung hambar, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh.

Melansir laman WebMD, dalam 100 gram teripang, kita dapat menemukan berbagai kandungan nutrisi dengan jumlah sebagai berikut:

Kalori: 56 Kkal
Protein: 13 gram
Lemak: Kurang dari 1 gram
Serat: Kurang dari 1 gram
Karbohidrat: Kurang dari 1 gram
Gula: Kurang dari 1 gram

Dari informasi jumlah nutrisi tersebut, dapat diketahui bahwa teripang merupakan salah satu makanan kaya akan protein yang baik dikonsumsi. 

Lantas, apa saja manfaat teripang untuk kesehatan tubuh? Melansir berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya!

Artikel terkait: 5 Manfaat Buah Kaktus yang Jarang Diketahui, Bisa Tunda Penuaan!

Beragam Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh
1. Bagus untuk Membantu Menjaga Berat Badan

Teripang memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah, tetapi tinggi protein. Hal ini menjadikan teripang sebagai hidangan yang sangat pas untuk Anda yang tengah menjalani program diet.

Ini merupakan makanan sehat yang juga dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal. 

2. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Ada banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam teripang yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Teripang juga mengandung riboflavin, vitamin esensial yang baik untuk tubuh dalam memperoleh energi. Vitamin ini juga dapat membantu melancarkan metabolisme dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

3. Manfaat Teripang Bagus untuk Kesehatan Tulang 

Protein banyak ditemukan di dalam teripang. Salah satu jenis nutrisi ini pun dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Makanan ini juga merupakan sumber magnesium yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang sekaligus berkontribusi pada pembentukan DNA yang sehat. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung Adalah Manfaat Lain dari Teripang

Mengonsumsi teripang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Mengutip sebuah penelitian yang dilakukan situs Marine Drugs, teripang dapat membantu menurunkan tekanan darah yang berkaitan dengan kesehatan jantung. 

5. Bantu Memelihara Kesehatan Gusi

Masih menurut penelitian Marine Drugs, ekstrak teripang dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Para ahli menjelaskan, teripang berpotensi efektif dalam mencegah sariawan. Sementara, sariawan sendiri merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering terjadi akibat infeksi jamur yang kerap membuat tidak nyaman. 

Artikel terkait: Bumil, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun yang Tak Terduga

6. Mencegah Penyakit yang Disebabkan Bakteri Termasuk Manfaat Teripang

Foto: Eatwhattonight

Teripang memiliki sifat antimikroba, hewan ini mengandung zat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan berbagai pernyakit bagi tubuh manusia. Contoh bakteri yang sering mengakibatkan penyakit dan masalah kesehatan adalah E. coli. 

7. Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Health Institute menjelaskan, kandungan protein dalam teripang dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Sehingga, hal ini juga dapat berperan dalam membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner

8. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teripang juga mengandung triterpenoid yang berfungsi menghambat sel kanker. Tak hanya itu, hewan yang dijuluki timun laut ini juga mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor. Meski begitu, manfaat teripang yang satu ini perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan lagi. 

9. Menjaga atau Memelihara Daya Tahan Tubuh, Salah Satu Manfaat Teripang

Teripang merupakan makanan tinggi protein yang apabila dikonsumsi dapat membantu memelihara daya tahan tubuh seseorang. 

Perlu diketahui, kekurangan protein juga dapat menghambat pertumbuhan massa otot yang kemudian akan berisiko membuat kekebalan tubuh melemah dan rentan terhadap penyakit. 

Tidak hanya itu, teripang juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berisiko menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Teripang

Teripang memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya.

Jenis teripang yang berasal dari spesies berbeda mungkin memiliki efek yang berbeda juga bagi tubuh saat dikonsumsi. Beberapa spesies teripang memiliki sifat pengencer darah, sehingga bagi mereka yang juga sedang menggunakan obat pengencer darah perlu membatasi konsumsi jenis makanan ini. 

Sementara itu, bagi sebagian orang, teripang mungkin saja menimbulkan reaksi alergi sehingga perlu diwaspadai saat mengonsumsinya.

Apakah Teripang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Ibu hamil dan menyusui boleh mengonsumsi teripang. Jenis makanan ini mengandung beragam vitamin yang juga dibuthkan untuk ibu hamil dan menyusui seperti asam folat, kalsium, vitamin E, dan sebagainya. Ini juga bagus untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, serta asam folat dalam teripang juga bisa membantu mencegah risiko cacat lahir pada bayi baru lahir. 

Teripang hidup di dasar laut, sehingga kandungan merkurinya cenderung lebih rendah dari hewan laut lainnya. Meski begitu, mengonsumsi teripang juga dianjurkan tidak berlebihan. Setiap makanan yang dikonsumsi berlebihan tentunya tidak akan baik bagi kesehatan. 

Cara Mengonsumsi dan Mengolah Teripang

Teripang bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat yang dapat Anda konsumsi seperti ditumis, digoreng, dibuat bubur, dibakar, atau dimasak dengan aneka bumbu seperti teripang asam manis. 

Parents bisa mendapatkan teripang segar di pasar atau supermarket dan mengolahnya di rumah. Mengolah teripang juga cukup sederhana. Berikut langkah mengolah teripang yang dapat dilakukan:

Bersihkan teripang dengan merendamnya selama 2 hari. Ganti airnya sekali dalam sehari agar kebersihan tetap terjaga.
Rebus teripang selama 30 menit.
Bersihkan lagi bagian teripang. Keluarkan organ dalam teripang hingga bersih.
Teripang siap diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat.

Artikel terkait: 13 Manfaat Daun Salam, Bantu Atasi Ketombe Hingga Redakan Stres

Nah, itulah beragam manfaat teripang bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan. Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi mengonsumsi teripang juga jangan berlebihan, ya, Parents. Apabila setelah mengonsumsi teripang muncul reaksi seperti ruam, gatal-gatal, muntah, hingga sesak napas, segera konsultasi ke dokter agar bisa ditangani secara cepat dan tepat.

***

5 Makanan untuk Menaikkan Kadar Hb dan Darah Rendah Jelang Persalinan Normal

6 Manfaat Sawi Hijau dan Porsi yang Disarankan Setiap Minggu

Marak Beredar, Begini 11 Cara Membedakan Madu Asli dan Oplosan

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.