26.1 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

9 Cara Aman Mengusir Ular yang Masuk ke Rumah, Mudah Dilakukan!

9 Cara Aman Mengusir Ular yang Masuk ke Rumah, Mudah Dilakukan!

Ular merupakan salah satu jenis hewan reptil dengan bisa sangat beracun dan mengancam keamanan manusia. Karena itu, cara mengusir ular dari dalam rumah atau ketika berada di dalam hutan akan sangat membantu karena keberadaannya tidak bisa diprediksi.

Seperti diketahui, sebagai hewan melata, ular bisa merayap ke berbagai tempat, seperti padang rumput, hutan, rawa, atau tempat-tempat alam bebas lainnya karena hewan satu ini mudah untuk beradaptasi. Bahkan, bukan tak mungkin bila hewan satu ini juga akan masuk ke dalam rumah, terutama hunian yang berlokasi dekat dengan alam bebas, sungai, atau kebun.

Nah, jika Parents menemukan ular di dalam rumah, maka hal paling pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan mengenali jenis hewan reptil yang bisa merayap ini. Jika kita tidak tahu jelas jenis ular yang masuk ke rumah, jangan memegang atau membawa ular tersebut dengan tangan kosong.

Tapi, Parents bisa menggunakan beberapa metode yang dilansir dari berbagai sumber, untuk mengusir hewan reptil berbisa ini dari dalam rumah.

Cara Mengusir Ular di Rumah yang Aman, Apa Saja?

Cara mengusir ular di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami di dalam hunian Anda sendiri. Berhati-hati juga harus menjadi modal utama ketika mengusir ular.

1. Potong Rumput Halaman Rumah

Ilustrasi hewan Ular

Sebelum mengetahui bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk mengusir ular, Parents bisa lakukan antisipasi agar hewan melata satu ini tidak akan masuk ke dalam rumah.

Caranya adalah, dengan memotong rumput halaman rumah, ular tidak akan tertarik masuk ke dalam rumah karena ular menyukai rerumputan yang tinggi agar tidak terlihat oleh para predator lainnya. Sekadar diketahui, ular yang berdarah dingin biasanya akan menggunakan rumput sebagai tempat tinggal agar tetap merasa hangat.

Artikel terkait: 10 Tanaman yang Dapat Mengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah

2. Cara Mengusir Ular Menggunakan Sapu Ijuk

Mengusir Ular Menggunakan Sapu Ijuk

Parents bisa menggunakan sapu ijuk untuk mendorong ular agar bisa bergerak keluar rumah. Dengan langkah tersebut, hewan melata satu ini tidak akan merasa nyaman dan memutuskan pergi.

Artikel terkait: Sudah Masuk Musim Hujan, Begini 6 Tanda Ular Masuk ke dalam Rumah

3. Menanam Bawang-bawangan di Rumah

Bawang-bawangan

Bahan-bahan yang memiliki wangi yang cukup menyengat akan membuat ular pergi jauh dan menghindari tempat tersebut. Dengan menanam bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay, ular akan pergi dari lingkungan rumah karena asam sulfonat yang dihasilkan oleh bawang.

Artikel terkait: Jenis-Jenis Hewan Bertulang Belakang, Yuk, Ajarkan pada Si Kecil

4. Menyemprot Ular dengan Air

Menyemprot dengan Air

Cara alami lainnya yang bisa Parents lakukan adalah menyemprotkan permukaan tubuh ular menggunakan air hingga hewan itu pergi. 

5. Pakai Pembersih Lantai

Pembersih lantai

Sebagian besar, bahan-bahan yang bisa mengusir ular adalah suatu cairan yang cukup menyengat dan tidak disukai oleh ular. Salah satunya, pembersih lantai.

Saat melihat ular, Parents bisa menyiramkan pembersih lantai atau karbol ke badan ular agar memberikan efek panas dan membuat sensor geraknya menjadi tidak nyaman. Namun, Parents perlu berhati-hati melakukannya karena langkah ini bisa membuat ular sedikit berontak.

6. Semprotkan Wewangian

Pakai wewangian (Shutterstock)

Wewangian seperti parfum atau pewangi ruangan juga bisa menjadi bahan lainnya untuk mengusir ular. Parents cukup menyemprotkan pewangi tersebut ke badan ular dan ular akan menjauh dari wewangian.

Sebagai hewan yang sensitif dengan wangi-wangian. Karena itu, ketika ruangan di dalam rumah wangi, maka ular tidak akan berani untuk mendekat.

7. Pakai Kapur Barus

Kapur barus

Bahan lainnya yang sering digunakan sebagai produk pengusir ular adalah kapur barus atau kamper. Parents bisa menggunakan kapur barus di area-area yang mungkin dilewati oleh ular, seperti lubang, pintu, atau area lain yang memiliki celah di rumah.

8. Gunakan Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Minyak kayu putih

Aroma minyak kayu manis dan minyak cengkeh juga bisa mengusir ular di rumah. Parents bisa menyemprotkannya ke badan ular hingga hewan tersebut tidak nyaman dan pergi.

Parents bisa menyemprot bagian belakang tubuh ular atau membelakangi tubuh ular agar hewan tersebut tidak menyerang balik.

9. Menggunakan Cuka Putih

Cuka

Cuka di dapur juga bisa menjadi bahan alami lainnya untuk mengusir ular. Cairan cuka putih akan menyerap melalui kulit ular dan membuat ular tidak nyaman karena wangi yang menempel pada permukaan kulitnya.

Caranya, Parents bisa menyiram cuka putih ke badan ular tersebut hingga ular pergi dari rumah atau tempat lainnya saat menemukannya.

Itulah 9 cara alami yang bisa Parents lakukan untuk mengusir ular di rumah ataupun ketika menemukannya di dalam hutan. Semoga informasi tadi bermanfaat!

****

Ngeri! Roy Marten temukan 7 ular di rumahnya setelah banjir surut

Geger telur dan ular kobra di pemukiman warga, cegah dengan cara ini!

8 Artis Pelihara Hewan Anti Mainstream, Harimau hingga Ular, Siapa Saja?

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles